Obat Herbal Tradisional Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Asma Penyakit

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Asma

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Asma – Asma adalah suatu keadaan dimana saluran nafas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan dan penyempitan yang bersifat sementara.

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Asma
Pada penderita asma, penyempitan saluran pernafasan merupakan respon terhadap rangsangan yang pada paru-paru normal tidak akan mempengaruhi saluran pernapasan.  Penyempitan ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga.

Pada suatu serangan asma, otot polos dan bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan dan pelepasán lendir ke dalam saluran udara. Hal ¡ni akan memperkecil diameter dan saluran udara dan penyempitan ini menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga supaya dapat bernafas.

Sel-sel tertentu di dalam saluran udara (terutama sel mast) diduga bertanggungjawab terhadap awal mula terjadinya penyempitan ini. Mastosit di sepanjang bronki melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya kontraksi otot polos, peningkatan pembentukan lendir, perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki. Mastosit mengeluarkan bahan tersebut sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka kenal sebagai benda asing (alergen ), seperti serbuk sari, debu halus yang terdapat di dalam rumah atau bulu binatang.

Tetapi asma juga bisa terjadi pada beberapa orang tanpa alergi tertentu. Reaksi yang sama terjadi jika orang tersebut melakukan olah raga atau berada dalam cuaca dingin. Stres dan kecemasan juga bisa memicu dilepaskannya histamin dan leukotrien.

Suatu serangan asma dapat terjadi secara tiba-tiba ditandai dengan nafas yang berbunyi (mengi, bengek), batuk dan sesak nafas. Bunyi mengi terutama terdengar ketika penderita menghembuskan nafasnya. Di lain waktu, suatu serangan asma terjadi secara perlahan dengan gejala yang secara bertahap semakin memburuk. Pada kedua keadaan tersebut, yang pertama kali dirasakan oleh seorang penderita asma adalah sesak nafas, batuk atau rasa sesak di dada.

Serangan bisa berlangsung dalam beberapa menit atau bisa berlangsung sampai beberapa jam, bahkan selama beberapa hari. Serangan asma dapat dicegah jika faktor pemicunya diketahui dan bisa dihindari. Serangan yang dipicu oleh olahraga bisa dihindari dengan meminum obat sebelum melakukan olahraga.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Penyakit Asma:

  1. Asam Jawa (Tamarindus Indica, L inn.)
    Cara membuat : 2 potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Kemudian disaring. Minum airnya 2 kali sehari.
  2. Bawang Putih (Allium Sativum. Linn)
    Cara membuat : 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan gulai batu secukupnya. Bawang putih ditumbuk halus. Campur dengan bahan lainnya. Peras lalu disaring. Minum airnya setiap pagi sampai sembuh.
  3. Ceremai (Phyllanthus Acidus (L) Skeels.)
    Cara membuat : Siapkan 6 biji ceremai, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam akar kara (Dolichos Lalab), 8 butir buah lengkeng. Semua dicuci lalu ditumbuk. Rebus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin kemudian disaring. Minum dengan air gula secukupnya 2x @ 3/4 gelas/hari.

 
Jika Anda ingin membaca artikel kesehatan sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Anemia. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Asma ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel kesehatan tentang Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

To top