Persiapan Menulis Surat: Jenis Kertas

8 Kumpulan Cerita Lucu Tentang Lemari Yang Lulus SNI

Persiapan Menulis Surat: Jenis Kertas – Menulis surat ternyata tidak sesederhana yang kita bayangkan. Terbukti, setelah seseorang mulai mencoba menulis surat, ia baru sadar bahwa membuat surat cukup menyulitkan. Hal itu terjadi karena penulis sebenarnya belum siap atau tak memiliki dasar pengetahuan tentang bagaimana cara menulis surat yang benar.

Apabila Anda hendak menulis surat, maka salah satu yang harus dipersiapkan adalah Kertas Surat. Jenis kertas yang dipergunakan hendaknya yang sesuai dengan isi atau maksud surat:

1. Kertas folio bergaris. Kertas ini hanya namanya saja folio bergaris. Tetapi ukurannya adalah dobel folio dilipat dua. Kertas surat ini umum dipakai untuk surat-surat yang tidak diketik alias tulisan tangan. Seperti untuk surat lamaran kerja, surat pribadi, atau surat untuk anggota keluarga, teman, kenalan dan sebagainya.

Persiapan Menulis Surat: Jenis Kertas
2. Kertas HVS. Kertas surat yang tergolong sederhana dan murah ialah kertas HVS. Kertas ini sering dicetak dan diberi orang kepala surat (kop surat) dengan membubuhi nama perusahaan, alamat telepon, dan bidang usahanya. jenis kertas ini terdapat dua ukuran yaitu, ukuran folio 33 x 21 cm dan ukuran quarto 28 x 21 cm. Dengan ketebalan bervariasi mulai dari 55 gram, 60 gram, dan 70 gram. Tapi yang paling umum di antara ini banyak dipakai orang adalah yang 70 gram.

3. Kertas folio atau quarto. Perusahaan yang tergolong sudah mapan dan bonafid, mereka lebih condong memakai kertas surat ukuran folio atau quarto yang lebih baik kualitasnya. Beberapa jenis kertas surat yang berkualitas baik banyak terdapat di pasaran bebas dengan standar berat mulai dari 16 pond, 20 pond sampai dengan 24 pond. Banyak perusahaan-perusahaan yang bonafid atau kelompok eksekutif menggunakan kertas surat yang lebih baik, dan kadangkala memesan sendiri dengan ciri khas tersendiri yang dicetak khusus dan diserasikan dengan amplopnya.

4. Kertas surat yang umum dipakai untuk surat adalah kertas yang berwarna putih. Memang ada beberapa perusahaan yang memiliki pelanggan atau konsumen khusus yang menggunakan kertas surat warna dengan tujuan dan maksud tertentu. Tidak sedikit kita temui di kalangan muda-mudi biasanya menggunakan kertas warna karena mempunyai maksud dan tujuan tertentu, misalnya:
– Kertas warna putih jika beritanya biasa saja.
– Kertas warna biru muda jika maksudnya menyatakan cinta.
– Kertas warna kuning jika menyatakan penuh perhatian.
– Kertas warna biru muda jika menyatakan kedamaian.
– Dan masih banyak lagi pilihan lainnya dengan maksud tertentu sesuai yang dikehendaki.

Demikianlah artikel Persiapan Menulis Surat: Jenis Kertas. Untuk mendapatkan contoh lain bentuk surat resmi dan juga pembahasan yang lebih mendalam, silahkan kunjungi kumpulan artikel surat resmi kami yang lain dalam kategori Surat Resmi. Untuk membaca artikel contoh surat resmi kami sebelumnya, silahkan klik Pengertian Surat Dan Fungsi Surat.