Obat Herbal Tradisional Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Ambeien Penyakit

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Ambeien

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Ambeien – Ambeien (dalam bahasa Inggris atau Latin disebut Hemorrhoid dan dalam bahasa kedokteran disebut Piles) adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan.

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Ambeien
Dalam beberapa kasus, ambeien atau wasir disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi), dan dapat terjadi juga pada wanita hamil. Tetapi umumnya, penyebab Ambeien adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri juga lebih rawan teradi pada wanita daripada pria. Itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil) dibandingkan pria.

Ambeyen bisa mengeluarkan darah, terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk/tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Tetapi jumlah darah biasanya sedikit dan wasir jarang menyebabkan kehilangan darah yang berat atau anemia.

Diagnosis ambeien yang membengkak dan terasa nyeri berdasarkan hasil pemeriksaan di daerah anus dan rektum. Untuk keadaan yang lebih serius, misalnya tumor atau kanker, bisa dibantu dengan pemeriksaan anoskopi dan sigmoidoskopi. Biasanya, wasir tidak membutuhkan pengobatan kecuali menyebabkan gejala. Obat pelunak tinja atau psilium bisa mengurangi konstipasi dan peregangan yang menyertainya.

Suntikan skleroterapi diberikan kepada penderita ambeien yang mengalami perdarahan. Dengan suntikan ini, pembuluh vena digantikan oleh jaringan perut. Ambeien dalam yang besar dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi, diikat dengan pita karet. Cara ini, disebut ligasi pita karet, menyebabkan ambeien menjadi layu dan putus tanpa rasa sakit. Pengobatan ini dilakukan dengan selang waktu 2 minggu atau lebih. Mungkin diperlukan 3-6 kali pengobatan. Ambeyen juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser, sinar infra merah atau dengan arus listrik. Pembedahan mungkin digunakan bila pengobatan lain gagal.

Bila ambeien atau wasir dengan bekuan darah menyebabkan nyeri, maka bisa diobati dengan cara:

  • Duduk berendam dalam air hangat
  • Mengoleskan salep obat bius lokal
  • Pengompresan dengan kemiri

Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang beberapa saat kemudian, dan bekuan menghilang setelah 4-6 minggu. Pilihan lainnya adalah memotong vena dan mengeluarkan bekuan, yang dengan segera akan mengurangi nyeri.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Penyakit Ambeien atau Wasir :

  1. Bawang Putih (Allium Sativum, Linn.)
    Cara membuat : Umbi bawang putih ditumbuk halus. Peras. ambil airnya. Oleskan di sekitar dubur setiap hari.
  2. Greges Otot (Equisetum Debile Roxb.)
    Cara membuat : 30 gram herba greges otot direbus. Diminum sebagai teh. Atau : 30 gram herba greges otot dicuci bersih lalu digiling halus. Tempelkan pada wasir. Catatan : Pemakaian lama dapat mengganggu fungsi ginjal.
  3. Keji Beling (Stachytarpheta Mutabiiuls, Vahl)
    Cara membuat : 3 lembar daun keji beling mentah dan segar, dimakan sebagai lalapan setia hari. Lakukan secara teratur. Pantangan : Daging kambing dan makanan/masakan yang pedas.

Jika Anda ingin membaca artikel kesehatan sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Amandel. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Ambeien ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel kesehatan tentang Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

To top