Obat Herbal Tradisional Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Amandel Penyakit

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Amandel

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Amandel – Mandel, amandel (bahasa Inggris: tonsils, palatine tonsil, faucial tonsils, nasopharyngeal tonsil) adalah bagian dan sistem kelenjar getah bening yang berada pada sisi kiri dan kanan bagian belakang rongga mulut. Seperti kelenjar getah bening lainnya, amandel adalah bagian dari sistem kekebalan yang menjaga tubuh manusia dari infeksi, khususnya infeksi saluran nafas atas dan faring.

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Amandel
Peradangan pada amandel disebut sebagai tonsilitis. Infeksi parah pada amandel dapat mengakibatkan amandel membengkak hingga harus dioperasi untuk diambil, namun diambilnya amandel dapat mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Tetapi penelitian yang terbaru di British Medical Journal mengatakan pada anak dengan infeksi tenggorokan sedang atau masalah gangguan nafas ringan yang disebabkan pembesaran amandel atau kelenjar adenoid, operasi pengangkatan amandel tidak lebih baik daripada hanya melakukan pengawasan saja.

Pada beberapa keadaan, diperlukan operasi juga. Pada kasus anak dengan henti nafas sejenak pada saat tidur. Kelenjar tonsil dan adenoid yang begitu membesar, sehingga akan mengganggu anak saat tidur. Gejalanya, anak tidur dengan mendengkur yang keras dan sering terbangun pada saat tidurnya.

Walau tidak menjalankan operasi, sebaiknya orangtua tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat obat. Biasanya anak akan diberikan obat penghilang nyeri (analgesik) atau Obat anti peradangan bila anak mengalami nyeri dan demam. Orang tua juga harus mengawasi anak untuk mencegah terjadinya infeksi yang lebih berat dan gejala penyumbatan saluran nafas.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Penyakit Amandel :

  1. Benalu (Loranthus, Spec. Div)
    Cara membuat : 1 batang benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dan adas palawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 3 gelus air sampai mendidih. kemudian disaring. Minum 1 kali sehari 1/2 gelas.
  2. Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia, Swingle.)
    Cara membuat : 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang kunyit sebesar ibu jari diparut dan 2 sendok makan madu. Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya. Campurkan semuanya dengan madu. Tambahkan 1/2 gelas air. Aduk merata, saring. Minum airnya 2 hari sekali secara teratur.
  3. Pegagan (Centella Asialica, (Linn), Urb.)
    Cara membuat : 15-30 gram pegagan segar direbus. Minum airnya.
  4. Kunyit (Curcuma Longa Linn.)
    Cara membuat : 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu, Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil aimya. Campurkan madu dan 1/2 gelas air hangat, aduuk sampai merata. Saring, minum 2 hari sekali.
  5. Saga (Abrus Precarorius, Linn.)
    Cara membuat : Akar saga dan gula batu secukupnya, 1 potong kayu manis. Semua direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal separuhnya. Saring, minum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore hari.

Jika Anda ingin membaca artikel kesehatan sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Alergi. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Amandel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel kesehatan tentang Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

To top