Manfaat Alpokat Untuk Kesehatan: Mengobati Sakit Kepala Hingga Sariawan Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan: Mengobati Sakit Kepala Hingga Sariawan

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan: Mengobati Sakit Kepala Hingga Sariawan – Kamu pasti pernah makan buah alpokat? Buah yang terkenal dengan pohon yang mempunyai banyak ulat dan biasanya dimakan dengan cara dijus. Buah ini mempunyai nama ilmiah Persea gratissima dan nama lokal apuket, alpuket, jambu wolanda (Sunda), apokat, avokat, plokat (Jawa), apokat, alpokat, avokat, advokat (Sumatera), avocado (Inggris).

Manfaat Alpokat Untuk Kesehatan: Mengobati Sakit Kepala Hingga Sariawan
Asal tanaman ini berasal dari Amerika Tengah yang tumbuh liar di hutan-hutan, tetapi banyak juga ditanam di kebun dan di pekarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur serta tidak tergenang air. Walau dapat berbuah di dataran rendah, tapi hasil akan memuaskan bila ditanam pada ketinggian 200-1.000 m di atas permukaan laut (dpl).

Pada daerah yang banyak curah hujannya seperti di indonesia, alpukat mempunyai pohon yang tingginya 3-20 m, berakar tunggang, batang berkayu, bulat, warnanya coklat kotor, banyak bercabang, ranting berambut halus. Daun muda warnanya kemerahan dan berambut rapat, daun tua warnanya hijau dan gundul. Bunganya bunga majemuk, berkelamin dua artinya dalam satu pohon terdapat jantan dan betina. Buahnya buah buni, berbentuk bola atau bulat telur. Warna buah hijau, berbintik-bintik, daging buahnya jika sudah masak lunak, warnanya hijau, kekuningan serta biasanya dimakan sebagai es campur atau dibuat jus.

Khasiat dari buah alpukat ini, yaitu dapat mengobati penyakit sariawan, melembabkan kulit kering, kencing batu, sakit kepala, darah tinggi (Hipertensi), nyeri saraf (neuralgia), nyeri lambung, saluran napas membengkak (bronchial swellings), sakit gigi, kencing manis (diabetes melitus), menstruasi tidak teratur.

Bagaimana pemakaian alpukat sebagai obat?
Pemakaian buah alpukat bisa digunakan untuk obat dalam dan obat luar. Untuk obat dalam dengan cara meminum 3-6 lembar daun alpukat. Sedangkan untuk pengobatan luar dengan menggunakan daging buah secukupnya kemudian dilumatkan, dan dipakai untuk masker, adapun bijinya dapat digiling halus menjadi serbuk untuk menghilangkan sakit.

Contoh Manfaat Alpukat di masyarakat Indonesia :

1. Sariawan
Daging alpokat yang sudah masak diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

2. Kencing batu
4 lembar daun alpokat. 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 x 3/4 gelas.

3. Darah tinggi
3 lembar daun alpokat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus.

4. Kulit muka kering
4 Buah diambil isinya lalu dilumatkan sampai seperti bubur. Dipakai untuk masker, dengan cara memoles muka yang kering. Muka dibasuh dengan air setelah lapisan masker alpokat tersebut mengering.

5. Sakit gigi berlubang
Lubang pada gigi dimasukkan bubuk biji alpokat.

6. Bengkak karena Peradangan
4 Bubuk dari biji secukupnya ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur, balurkan ke bagian tubuh yang sakit.

7. Kencing manis
Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan pisau,golok, kemudian digodok dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Saring, minum setelah dingin. Teh dan alpokat baik untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri lambung, bengkak pada saluran napas, rasa nyeri syaraf (neuralgia) dan datang haid tidak teratur.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman alpukat?
Buah dan daun alpokat mengandung saponin, alkaloida dan flavonoida. Buah juga mengandung tanin dan daun mengandung polifenol, quersetin, gula alkohol persiit.

Jika Anda ingin membaca judul artikel sebelumnya, silahkan klik Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan: Penyembuh Luka Hingga Raja Singa.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan: Mengobati Sakit Kepala Hingga Sariawan ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top