Pengertian Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan Pengertian Kesehatan

Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. 3 (Adenilil Siklase-Adiposit)

Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. 3 (Adenilil Siklase-Adiposit)

Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. 3 (Adenilil Siklase-Adiposit)

  • Pengertian Adenilil Siklase

Adenilil siklase adalah sebuah enzim dan protein membran integral yang mengubah ATP menjadi AMP siklik.

  • Pengertian Adenin

Dalam genetika, A singkatan adenin, salah satu anggota dari AT (adenin-timin) pasangan basa dalam DNA. Pasangan basa DNA lainnya di GC (guanin-sitosin). Setiap pasangan basa membentuk “anak tangga dari tangga DNA.” Sebuah nukleotida DNA terbuat dari molekul gula, molekul asam fosfat, dan molekul basa. Basa-nya adalah “huruf” yang menguraikan kode genetik. Dalam DNA, kode huruf adalah A, T, G, dan C (adenin, timin, guanin, dan sitosin).

Dalam pasangan basa DNA, adenin selalu berpasangan dengan timin, dan guanin selalu berpasangan dengan sitosin. Adenin juga merupakan salah satu basa pada RNA, yang berpasangan dengan urasil (U). Pasangan basa dalam RNA karenanya adalah A-U dan G-C.

  • Pengertian Adeno

Adeno-(awalan) berarti kelenjar. Misalnya adenitis = peradangan kelenjar.

  • Pengertian Adenohipofisis

Adenohipofisis adalah kelenjar hipofisis anterior.

  • Pengertian Adenokarsinoma

Adenokarsinoma adalah kanker yang dimulai di sel yang melapisi organ-organ internal tertentu dan yang memiliki properti mirip kelenjar.

  • Pengertian Adenoma

Adenoma adalah tumor jinak yang dimulai dalam sel-sel mirip kelenjar dari jaringan epitel (lapisan tipis dari jaringan yang meliputi organ-organ, kelenjar, dan struktur lainnya dalam tubuh).

  • Pengertian Adenoma Basofilik

Adenoma basofilik adalah tumor jinak kelenjar hipofisis (pituitari) yang terdiri dari sel-sel basofilik.

  • Pengertian Adenoma Kolorektal

Adenoma kolorektal adalah polip atau pertumbuhan pada lapisan usus besar atau rektum. Meskipun tidak bersifat kanker, adenoma kolorektal dapat berkembang menjadi kanker kolorektal dari waktu ke waktu.

  • Pengertian Adenoma Kromofob

Adenoma Kromofob adalah adenoma kelenjar pituitari, yang terdiri dari sel-sel yang tidak asidofilik atau basofilik.

  • Pengertian Adenoma Sebaseum

Adenoma Sebaseum adalah tumor kecil dengan penampilan transparan yang berasal dari kelenjar sebasea.

  • Pengertian Adenomyoma

Adenomyoma adalah adenomiosis yang terenkapsulasi oleh jaringan miometrium. Karena adanya adenomyosis, kompleks jaringan ini berbeda dengan mioma (tumor fibroid).

  • Pengertian Adenomyosis

Adenomyosis Juga dikenal sebagai “endometriosis rahim”, adenomyosis adalah pertumbuhan sel-sel endometrium yang menembus jauh ke dalam otot rahim (miometrium) di dinding belakang (sisi posterior). Rahim menjadi lebih besar hingga lebih dari dua kali ukuran normal dan sangat keras.

Penyakit ini dapat dilokalisasi dengan definisi perbatasan yang jelas atau tidak jelas (difus). Adenomyosis bersifat jinak dan tidak menyebabkan kanker. Bila masih bersifat lokal, kondisinya disebut adenomyoma. Adenomyoma dapat terletak pada kedalaman yang berbeda dari otot rahim dan dapat menembus hingga ke dalam rongga rahim, menjadi tumor submukosa. Adenomyosis hanya dapat didiagnosis dengan kepastian 100% melalui biopsi otot rahim. Sekitar 12% dari wanita penderita adenomyosis juga memiliki endometriosis pada tempat lain seperti dinding panggul, indung telur, tuba fallopi dll.

Insiden tertinggi adenomyosis adalah pada wanita di pertengahan empat puluhan ke atas. Meskipun dapat menyebabkan infertilitas, penyakit ini umumnya muncul pada wanita yang telah memiliki anak.

  • Pengertian Adenopati

Adenopati adalah setiap penyakit yang melibatkan atau menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening.

  • Pengertian Adenosin

Adenosin (adenosine) atau adenoscan adalah salah satu dari beberapa obat yang digunakan dalam pemindaian stres jantung ketika seseorang tidak dapat berolahraga (testing stres farmakologis / kimia). Adenosin adalah bahan kimia alami tubuh.

Adenosin diberikan secara intravena (melalui infus) dan bekerja sangat cepat. Efeknya menghilang dalam detik setelah infus dihentikan. Pasien kadang-kadang merasakan nyeri dada selama penggunaannya tetapi gejala ini biasanya cukup ringan dan berjangka pendek.

  • Pengertian Adenovir

Adenovir adalah sebuah analog nukleosida yang diproduksi oleh Gilead Sciences yang digunakan untuk mengobati hepatitis B kronis. Adefovir tidak direkomendasikan sebagai lini pertama pengobatan HBV karena tingginya tingkat resistensi obat.

  • Pengertian Adenovirus

Adenovirus adalah sekelompok virus yang bertanggung jawab untuk berbagai penyakit pernapasan serta infeksi lambung dan usus (gastroenteritis), mata (konjungtivitis), dan kandung kemih (sistitis) dan ruam. Penyakit pernapasan oleh adenovirus termasuk pilek, pneumonia, croup, dan bronkitis. Pasien dengan sistem kekebalan tubuh sangat rentan terhadap komplikasi berat dari infeksi adenovirus. Adenovirus ditularkan melalui kontak langsung, transmisi fekal-oral, dan melalui air. Beberapa jenis adenovirus mampu membangun infeksi asimtomatik persisten di amandel, kelenjar gondok, dan usus.

Pengenyahan virus dapat terjadi selama berbulan-bulan atau tahun setelah infeksi awal. Adenovirus ditularkan melalui kontak langsung, transmisi fekal-oral, dan melalui air. Beberapa jenis adenovirus mampu membangun infeksi asimtomatik persisten di amandel, kelenjar gondok, dan usus. Pengenyahan virus dapat terjadi selama berbulan-bulan atau tahun setelah infeksi awal.

  • Pengertian ADHD

Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah sindrom (sekelompok gejala atau tanda-tanda) yang biasanya ditandai dengan kesulitan yang serius dan terus-menerus, yang menyebabkan kurangnya fokus perhatian, impulsivitas, dan hiperaktivitas. Gejala-gejala ADHD berbasis neurologis, pertama kali muncul pada usia dini, dan bersifat kronis dalam banyak kasus. Gejala tidak disebabkan oleh kerusakan saraf, penurunan daya sensorik atau motorik, keterbelakangan mental, atau gangguan emosional.

  • Pengertian Adhesi

Adhesi adalah perlengketan abnormal serat kolagen dengan struktur sekitarnya selama imobilisasi pasca trauma atau sebagai komplikasi dari operasi yang membatasi elastisitas normal dari struktur yang terlibat.

  • Pengertian Adiksi

Adiksi atau kecanduan adalah sebuah pola maladaptif dari penggunaan narkoba yang mengarah ke gangguan klinis signifikan atau gangguan seperti yang dinyatakan oleh tiga (atau lebih) dari berikut ini, yang terjadi pada setiap saat dalam periode 12-bulan yang sama:

  • Zat ini sering diambil dalam jumlah yang lebih besar atau selama periode lama daripada yang dimaksudkan

  • Keinginan persisten atau upaya yang gagal untuk mengurangi atau mengontrol penggunaan zat

  • Banyak waktu dihabiskan dalam kegiatan yang diperlukan untuk memperoleh substansi (misalnya, mengunjungi beberapa dokter atau mengemudi jarak jauh), menggunakan zat (misalnya, merokok berat), atau pulih dari efeknya

  • Kegiatan sosial, pekerjaan atau rekreasi penting dikalahkan atau berkurang karena penyalahgunaan zat

  • Penggunaan zat lanjutan meskipun diketahui memiliki masalah psikologis, atau fisik persisten atau berulang yang disebabkan atau diperburuk oleh penggunaan zat

  • Toleransi, seperti yang didefinisikan baik berupa: (a) kebutuhan untuk peningkatan jumlah zat untuk mencapai intoksikasi atau efek yang diinginkan; atau (b) efek nyata berkurang dengan terus menggunakan jumlah yang sama.

  • Penarikan, seperti yang dinyatakan oleh salah satu dari: (a) sindrom penarikan karakteristik untuk substansi; atau (b) substansi yang sama (atau terkait erat) diambil untuk menghilangkan atau menghindari gejala penarikan”

  • Pengertian Adiposit

Adiposit adalah sebuah sel lemak. Jaringan adiposa terdiri terutama dari adiposit.

Demikianlah artikel Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. 3 (Adenilil Siklase-Adiposit). Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pengertian Kesehatan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. 2. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang Pengertian Kesehatan kami yang lain.

To top