P3K Gigitan dan Sengatan Binatang P3K: Gigitan Binatang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

P3K: Gigitan Binatang

P3K: Gigitan Binatang – Tidak jarang kita mengalami atau menemukan orang yang mendapat gigitan dari binatang berbahaya seperti anjing gila. Akibat dari gigitan ini bisa berakibat pada terjangkitnya penyakit rabies. Jika Anda menemukan orang mendapatkan gigitan dari anjing gila atau hewan-hewan lain yang pada mulutnya berpotensi membawa kuman penyakit, ada beberapa langkah yang harus segera dilakukan sebagai bentuk tindakan pertolongan pertama pada korban, yaitu:

P3K: Gigitan Binatang
1. Bersegeralah mencuci luka bekas gigitan itu dengan air yang bersih. Tujuannya adalah untuk membuang ludah atau lendir binatang yang tertinggal pada luka itu. Adapun waktu yang diperlukan untuk mencuci luka sekitar 5 menit dan sertakan busa sabun pada air yang digunakan untuk mencuci.

2. Selama pencucian, Anda membasuh luka dengan cermat, menyeluruh dan hati-hati. Setelah pencucian selesai dan dipastikan telah bersih, selanjutnya balut luka bekas gigitan dengan kain bersih. Akan sangat baik jika bahan yang di gunakan sebagai pembalut itu menggunakan kain kasa.

Setelah itu pergilah ke dokter atau ke rumah sakit terdekat. Dokter akan memberikan penanganan lanjutan secara lebih baik. Dan dokter juga akan memberikan beberapa saran yang harus dilaksanakan terkait dengan usahan penanganan luka itu selanjutnya.

Jika luka itu berasal dan gigitan anjing atau kucing yang tidak dikenal, usahakan agar dapat menangkap binatang tersebut. Usaha penangkapan ini perlu dilakukan untuk mencegahnya jatuhnya korban susulan dimana hewan itu mungkin akan melakukan gigitan serupa pada orang lain.

Jika berhasil ditangkap, selanjutnya diserahkan ke dinas kesehatan guna kelanjutan pemeriksaan. Jika kemudian ditemukan bahwa binatang tersebut mengandung atau menderita rabies, korban gigitan akan segera mendapatkan penanganan berupa perawatan anti rabies.

Demikianlah artikel P3K: Gigitan Binatang. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik P3K: Gigitan Ular Berbisa. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.

To top