Banyak Manfaat Makan Kepiting Manfaat dan Khasiat Manfaat dan Khasiat Hewan

Banyak Manfaat Makan Kepiting

Banyak Manfaat Makan Kepiting – Kepiting atau ketam terdapat di semua samudra dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayah tropis. Rajungan adalah kepiting yang hidup di perairan laut dan jarang naik ke pantai, sedangkan yuyu adalah ketam penghuni perairan tawar (sungai dan danau). Kita juga tahu bahwa banyak orang yang gemar makan kepiting. Bahkan kala musim gugur tiba, orang Cina melukiskannya demikian, “menikmati Jihua (bunga krisan), dibarengi makan kepiting,..betapa nikmatnya”.

manfaat daging kepiting
Tahukah anda jika kepiting tidak hanya nikmat untuk disantap, namun juga memiliki khasiat pengobatan? Orang Cina meyakini bahwa memakan kepiting dapat menghancurkan gumpalan darah lalu melancarkan peredarannya, mampu menyambung tulang dan tendon, serta menghilangkan koreng. Tidak hanya itu, kepiting juga mujarab untuk menyembuhkan atau penawar sakit demam berdarah. Kenapa bisa demikian?

Kepiting memiliki sejenis protein tinggi, yang dapat membantu rekonstruksi platelet darah yang hilang akibat virus dengue. Hal ini karena pasien demam dengue akan mengalami sindrom penurunan platelet yang signifikan dalam beberapa hari setelah terinfeksi virus tersebut. Nah, kepiting yang dimasak menjadi sup tersebut akan menyebabkan panas badan pasien naik hingga memicu keluarnya banyak keringat sekaligus menyembuhkan mereka dengan cepat. Keberhasilan perawatan menggunakan kepiting sebagai terapi oral (dimasak sebagai sup semata-mata) sangat menakjubkan, pasien demam dengue yang memakan satu mangkuk besar sup kepiting (500 ml hingga 1 liter) akan mengalami peningkatan jumlah platelet yang mendadak dalam waktu relatif singkat, yaitu antara 5 hingga 8 jam saja. Dan kepiting terbaik untuk demam berdarah adalah kepiting nipah yaitu yang cangkangnya berwarna kehitaman serta wama oranye di bagian bawah perutnya.

Pemanfaatan kepiting memang tidak tanggung-tanggung, biasanya kala memakan kepiting dalam menu apa pun, cangkang kepiting selalu dibuang. Cangkang kepiting seolah menjadi limbah dan tidak berguna. Padahal cangkang kepiting juga berkhasiat ampuh. Cangkang memang tidak harus dimakan langung tetapi harus dihancurkan hingga menjadi ekstrak. Ekstrak inilah yang kemudian disebut dengan chitosan kepiting. Chitosan kepiting dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kepiting dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi obesitas (kegemukan), serta mengatasi penyakit maag lambung.

Bagi kita yang berminat menikmati kepiting sebaiknya sedikit memperhatikan petuah orang Cina. Ada beberapa pantangan mengonsumsi kepiting, yaitu: orang yang hamil pantang memakan kepiting, kepiting tidak boleh dimakan bersama buah kesemek dan melon, kepiting juga tidak boleh dimakan bersama dengan air es.

Topik yang serupa dengan artikel Banyak Manfaat Makan Kepiting ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging Keong Mas Dan Kandungan Gizinya. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.

To top