Kelebihan Dan Kekurangan Makanan Tambahan (food supplement) Vitamin Dan Mineral

Kelebihan Dan Kekurangan Makanan Tambahan (food supplement)

Kelebihan Dan Kekurangan Makanan Tambahan (food supplement) – Food suplemen bukan pengganti makanan. Sebelum mengkonsumsi sebaiknya kumpulkan dulu berbagai informasi tentang manfaat dan cara penggunaan makanan suplemen yang Anda inginkan. Anda tidak bisa mempercayai dan menggunakan makanan tambahan (food supplement) hanya berdasar kepada kata-kata penjual (iklan), “katanya”, atau pada keterangan label/kemasan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan makanan tambahan yang bisa menjadi pertimbangan anda untuk mengonsumsi makanan tambahan.

Kelebihan Dan Kekurangan Makanan Tambahan (food supplement)

Vitamin e

manfaat vitamin e

fungsi vitamin e sebagai antioksidan yang melindungi sel sel dari kerusakan vitamin e banyak ditemukan dalam kacang kacangan dan biji bijian menyesali penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan mengandung vitamin e mampu menekan resiko penyakit jantung dan kanker.

Kekurangan dan kelemahan vitamin e

sejauh ini belum ada bukti yang signifikan akan manfaat suplemen vitamin e faktanya riset yang dilakukan peneliti di john hopkins university usa mengindikasikan bahwa vitamin e berpotensi meningkatkan resiko penyakit jantung hingga 10 persen dan sebuah riset juga mengindikasikan peningkatan risiko kanker paru paru hingga 28 persen.

Vitamin b6

manfaat vitamin b6

british medical journal melaporkan bahwa dosis 100 mg vitamin b6 mampu meringankan gejala gejala sindrom premenstrual sejumlah riset juga mengaitkan asupan folat dan vitamin b6 yang banyak ditemukan dalam daging telur dan ikan dengan penurunan resiko penyakit jantung dan kanker perut.

Kekurangan dan kelemahan vitamin b6

meskipun konsumsi makanan berkadar vitamin b6 tinggi dikaitkan dengan rendahnya resiko penyakit jantung, belum ada bukti bahwa meminum pil vitamin b6 memiliki efek yang sama. studi berskala besar di norwegia menunjukkan bahwa meminum vitamin b6 dan folat justru meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke hingga 20 persen. dosis tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Royal jelly

manfaat royal jelly

cairan kental yang dihasilkan lebah muda sebagai bahan makanan larva lebah dan makanan khusus ratu lebah ini telah terbukti mampu membunuh bakteri dalam tes laboratorium. zat ini juga mengandung protein dan vitamin c dan diklaim mampu meningkatkan kekebalan tubuh meski belum ada bukti yang solid.

Kekurangan dan kelemahan royal jelly

ada sejarah tentang masalah yang ditimbulkan dari residu obat obatan yang dibuat dari royal jelly. pemberian obat obatan dengan dosis berlebihan pada hewan yang produknya akan dikonsumsi manusia berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. zat ini juga diduga berpotensi menimbulkan reaksi mematikan. di australia kemasan suplemen royal jelly wajib disertai lebel peringatan menyusul adanya kasus anak berusia 11 tahun yang mengkonsumsinya kemudian meninggal akibat asma.

Glukosamin

manfaat glukosamin

2 penelitian besar menunjukkan glukosamin mampu meringankan rasa sakit dan memperbaiki mobilitas pada pasien penderita osteoarthritis. Bukti ini begitu meyakinkan sehingga us national institute of health berencana menggelar riset lanjutan.

Kelemahan dan kekurangan glukosamin

kualitas dan kekuatan produk glukosamin bervariasi tampaknya glukosamin hanya efektif jika dikombinasikan dengan jenis senyawa disebut kondroitin.

Gingko biloba

manfaat ginkgo biloba

walaupun beberapa riset menunjukkan efek negatif, prof Ernst percaya bahwa gingko biloba tetap berkhasiat. ia menekankan bahwa ketika peneliti mencoret partisipan yang tidak mengkonsumsinya secara teratur, ada sekitar 68 persen penurunan risiko gangguan ingatan akibat konsumsi ginkgo biloba.

Kelemahan dan kekurangan gingko biloba

prof Ernst mengatakan bahwa studi lanjutan perlu dilakukan sebab stroke yang disebabkan pembekuan, bukan pendarahan – yang mungkin anda harap gingko biloba adalah pengencer darah. untuk alasan tersebut suplemen ginkgo biloba seharusnya tidak diminum bersama aspirin, warfarin atau obat anti pembekuan darah lainnya. hindari pula sebelum menjalani operasi.

Kava-kava

Manfaat kava-kava

Minuman yang dibuat dari sari akar Kava-kava telah dikenal sejak berabad-abad lampau sebagai obat penenang alami. Sejumlah riset, termasuk yang dilakukan Prof Ernst, terbukti efektif mengatasi kecemasan.

Kelemahan dan kekurangan kava-kava

Menyusul adanya kasus kematian akibat kerusakan liver di antara pasien peminum suplemen kava, herbal ini dilarang di wilayah inggris, namun suplemen dalam bentuk pil masih bisa diperoleh lewat internet.

Black Cohosh (Cimicifuga racemosa)

Manfaat Black Cohosh

Black Cohosh adalah sejenis tanaman liar mirip semak yang selalu hijau sepanjang tahun. Bagian tanaman yang digunakan sebagai tanaman obat adalah akar dan rimpangnya yang dikeringkan. Walaupun penelitian yang mendukung manfaat herba ini masih sedikit, secara historis, orang-orang Indian Amerika sudah sejak dulu menggunakannya untuk berbagai kondisi, mulai dari masalah-masalah kewanitaan sampai gigitan ular berbisa. Peneliti dari AS yang melakukan tinjauan sejumlah riset menyatakan ada bukti yang cukup bahwa ekstrak herbal ini mampu meringankan gejala-gejala menopause. Sebuah riset terbaru di Prancis juga menemukan bahwa ekstrak black cohosh mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Kelemahan dan kekurangan Black Cohosh

Menyusul adanya laporan kerusakan liver, Badan Pengawas Obat dan Produk Perawatan Kesehatan Inggris (MHRA) telah meminta produsen untuk mencantumkan label peringatan akan adanya ancaman risiko penggunaan suplemen jenis ini.

Topik yang serupa dengan artikel Kelebihan Dan Kekurangan Makanan Tambahan (food supplement) ini, dapat Anda temukan dalam kategori Vitamin dan Mineral.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Dampak Negatif Food Supplement. Silahkan kunjungi artikel Vitamin dan Mineral kami yang lain. Semoga bermanfaat.

To top