Nama Bayi Perempuan Yang Artinya Santa

Nama Bayi Artinya Santa

1. Audrey ( Perempuan – Sejarah ): Perubahan besar-besaran dari nama Inggris Kuno Æðelþryð, yang terbentuk dari Æðel ‘bangsawan’ + þryð ‘kekuatan’. Merupakan nama santo di abad 6, yang menjadi nama favorit di abad pertengahan. Menurut sejarah, dia meninggal karena penyakit tumor di lehernya ( Audrie, Audry )
2. Agatha ( Perempuan – Sejarah ): Versi latin dari nama Yunani Agathé, dan bentuk feminin dari agathos ‘baik, yang mulia’. Nama ini populer di abad pertengahan ketika masa santo Kristen; dia adalah seorang martir Sisilia di abad ke 3 yang ditakdirkan untuk memotong dadanya.
3. Agnes ( Perempuan – Sejarah ): Bentuk Latin dari nama Yunani Hagn?, merupakan bentuk feminin dari kata hagnos ‘murni, suci’. Agnes adalah nama seorang gadis muda Romawi yang didera penyiksaan yang dihasut oleh Kaisar Romawi Diocletian tahun 303 masehi. Dia menjadi santo yang sangat populer
4. Albina ( Perempuan – Sejarah ): Bentuk feminin Latin dari Albinus, terbentuk dari nama keluarga Romawi Albius, dari kata albus ‘putih’. Merupakan nama dari santo minor: St Albina, yang dimartir di Caesarea tahun 250.
5. Alexis ( Perempuan – Sejarah ): Bentuk lain (atau bentuk feminin) dari Alexius, pelafalan Latin dari nama Yahudi Alexios, berasal dari kata alexein ‘membela’. St Alexius adalah santo di Edessa pada abad ke-5, yang sangat di-istimewakan Gereja Ortodok sebagai ‘orang Tuhan’.
6. Amanda ( Perempuan – Sejarah ): Nama dari kesusastraan pada abad ke-17 dari bahasa Latin (feminin) amanda ‘manis, pantas dicintai’, dari amare ‘mencintai’. Bentuk maskulinnya adalah Amandus, dipopulerkan oleh berbagai santo di abad 4 sampai abad 7. nama femininnya populer di abad ke 20. ( Manda, Mandy )
7. Anastasia ( Perempuan – Sejarah ): Nama Rusia: bentuk feminin dari nama laki-laki Yunani Anastasios (yang berasal dari kata anastasis ‘kebangkitan’) Selalu menjadi nama yang populer di Eropa Timur, sebagai penghormatan untuk seorang santo yang mengorbankan diri di Sirmium, Dalmatia.
8. Aphra ( Perempuan – Sejarah ): Kemungkinan merupakan lafal yang diubah dari nama Latin Afra. Nama ini berasal dari nama etnik eanita di Afrika (di masa Romawi merupaka area sekitar Carthage). Dipopulerkan oleh seorang santo yang mengorbankan diri di Brescia dibawah kekuasaan Kaisar Roma
9. Aurelia ( Perempuan – Sejarah ): Bentuk feminin Latin dari Aurelius, sebuah nama keluarga yang berasal dari kata aureus ‘emas’. Nama ini dipopulerkan oleh beberapa santo minor terdahulu, tapi nama ini hidup kembali sebagai nama perseorangan di abad 17.
10. Beatrix ( Perempuan – Sejarah ): Dari nama pribadi Latin dahulu,yang dibawa oleh para santo di roma,bersama dengan pendeta Faustinus dan Simplicius pada awal abad ke 4. Bentuk awal lainnya dari Viator ” Orang yang mengadakan pelayaran” yang tak lain menjadi nama favorit pada awal masehi.
11. Bernadeth ( Perempuan – Perancis ): Berani seperti beruang, nama santa (Bentuk lain dari Bernadet, Bernadette)
12. Blaise ( Perempuan – Sejarah ): Dari nama latin Blasius,mungkin dari Blaesus “pelat”. Ini adalah nama para santo yang terkenal seluruh eropa pada zaman pertengahan namun sekarang hampir terlupakan,orang itu adalah uskup Sebaste di Armenia.
13. Chantal ( Perempuan – Sejarah ): Nama Perancis yang juga dipakai di negara berbahasa Inggris.Pada mulanya nama ini diberikan untuk menghormati Santo Jeanne Francoise Fremiot (1572-1641).
14. Chiara ( Perempuan – Sejarah ): Bentuk Italia dari Clara,pelafalan ‘kee-ah-ra’,sekarang juga dipakai di negara berbahasa Inggris,populer di Italia dan dipakai oleh beberapa santo,khususnya Clare of Asisi.
15. Chrysantari ( Perempuan – Latin ): Bunga Krisan (Bentuk lain dari Chrysanta)
16. Chryssant ( Perempuan – Spanyol ): Bunga emas (bentuk lain dari Crisanta)
17. Claudia ( Perempuan – Sejarah ): Dari nama wanita latin,bentuk feminim dari Claudius. Nama ini disebutkan dalam salah satu surat Santo Paul untuk Timothy (2,4:21 ‘Eubulus greeteth thee,dan Pudens dan Linus,dan Claudia,dan semua saudara’).
18. Cordula ( Perempuan – Sejarah ): Bentuk latin dari cor “hati”. Santo dari nama ini menurut legenda,salah satu dari sebelas ribu teman Ursula
19. Daria ( Perempuan – Sejarah ): Dari Yunani klasik, bentuk feminin dari Darius. Santo Daria adalah wanita Yunani yang menikah dengan orang Mesir yaitu Chrysanthus.
20. Delphina ( Perempuan – Sejarah ): Dari Latin Delphina ‘Wanita dari Delphi’. Delphina (1238-1358) adalah seorang suster Provencal, yang mungkin dinamai untuk menghormati Santo Delphinus dari Bordeaux pada abad ke 4.
21. Demelza ( Perempuan – Sejarah ): Nama Cornish modern, yang tidak memiliki sejarah sebagai nama personal Celtic tapi berasal dari nama tempat di wilayah Santo Columb.

Demikianlah nama nama anak yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga tulisan saya ini bisa memberikan masukan yang bermanfaat dan berharga bagi papa mama yang sedang menantikan kelahiran buah hati tercinta. Untuk kumpulan nama bayi yg lain, dipersilahkan untuk mengunjungi halaman Nama Bayi dan Artinya.

loading...