401. Ciara (Perempuan – Sejarah): Kosakata baru Irlandia modern,dibuat sebagai bentuk feminim dari Ciaran.
402. Cicely (Perempuan – Sejarah): Bentuk lain dari Cecily. Ini adalah bentuk umum dari nama pada masa Pertengahan,dan pada abad ke 20 lebih dikenal sebagai nama dari artis dan penyanyi dari Inggris Cicely Courtneidge (1893-1980).
403. Cilla (Perempuan – Sejarah): Bentuk kesayangan dari Priscilla,dihubungkan dengan penyanyi dan tokoh Televisi Cilla Clack yang nama aslinya adalah Priscilla White
404. Cindy (Perempuan – Sejarah): Bentuk kesayangan dari Cynthia,terkadang diambil dari bentuk singkat tokoh cerita dongeng wanita Cinderella (Sindy)
405. Cinnamon (Perempuan – Sejarah): Nama modern,dari istilah untuk rempah-rempah. Dipakai sebagai nama pertama mungkin telah dipengaruhi oleh nama lain.
406. Cissie (Perempuan – Sejarah): Bentuk kesayangan dari Cecilia atau Cicely,yang kadang-kadang dipakai sebagai pemberian nama yang bebas pada dekade yang lalu
407. Claire (Perempuan – Sejarah): Bentuk Perancis dari Clara. Diperkenalkan ke Inggris oleh melalui Normandia. Ejaan ini muncul pada abad 19 sebagai bentuk lain dari Clare (Clair)
408. Clara (Perempuan – Sejarah): Nama latin klasik,bentuk feminim dari kata sifat Clarus “terang,terkenal”. Terkenal pada awal abad 20 oleh penyanyi Dame Clara Butt (1873-1936) dan artis film bisu Clara Bow (1905-65) dikenal sebagai “The it Girl” (karena apapun itu,dia memilikinya)
409. Clare (Perempuan – Sejarah): Bentuk logat asli Inggris dari Clara selama abad pertengahan dan sesudahnya.
410. Clarette (Perempuan – Sejarah): Bentuk ganjil dari Clare,dengan akhiran feminim -ette (latin pertengahan claravatum ” anggur yang jelas”
411. Clarice (Perempuan – Sejarah): Bentuk Perancis dan Inggris pada abad pertengahan. Ini mungkin memiliki arti “terkenal”. Dibawa oleh karakter yang tampil dalam beberapa versi dari kisah romansa dari Roland.
412. Clarinda (Perempuan – Sejarah): Perluasan yang jarang dari Clara,disusun dengan akhiran -inda (seperti Belinda dan Lucinda).Clarinda pertama muncul dalam Faerie Queene (1596).
413. Clarissa (Perempuan – Sejarah): Bentuk yang dilatinkan dari Clarice. Adakalanya ditemukan dalam dokumen pada abad pertengahan. Dimunculkan oleh Samuel Richardson sebagai nama karakter dalam novelnya Clarissa (1748).
414. Clarrie (Perempuan – Sejarah): Bentuk kesayangan dari Clara. Dalam kebudayaan populer oleh Clarrie Grundy dalam opera radio The Archers
415. Claudette (Perempuan – Sejarah): Pengecilan kata dari Claude. Menjadi terkemuka pada tahun 1930 sebagai nama bintang film Prancis Claudette Colbert (1903-96),favorit Hollywood dalam beberapa tahun.
416. Claudia (Perempuan – Sejarah): Dari nama wanita latin,bentuk feminim dari Claudius. Nama ini disebutkan dalam salah satu surat Santo Paul untuk Timothy (2,4:21 ‘Eubulus greeteth thee,dan Pudens dan Linus,dan Claudia,dan semua saudara’).
417. Claudine (Perempuan – Sejarah): Pengecilan kata dari Claude. Ini menjadi populer pada permulaan abad 20 sebagai nama pahlawan wanita dalam seri novel dari penulis asal Prancis,Collete (1873-1954).
418. Clelia (Perempuan – Sejarah): Dari Latin Cloelia,nama ini dibawa oleh pahlawan wanita pada awal sejarah Romawi. Ia diberikan sebagai tawanan untuk penyerbu Etruscan Lars Porsenna,tapi berhasil kabur dan kembali ke Roma dengan cara berenang di sungai Tiber.
419. Clematis (Perempuan – Sejarah): Dari nama sebuah tanaman (dari Yunani klematis ” memanjat tanaman”)
420. Clemence (Perempuan – Sejarah): Bentuk Perancis dan Inggris pada abad pertengahan dari kosakata Latin Clementia, kata jadian dari Clemens “kemurahan hati”.
421. Clemency (Perempuan – Sejarah): Bentuk yang jarang dari Clemence.
422. Clementine (Perempuan – Sejarah): Bentuk feminin dari Clement,dibuat dari akhiran feminim -ine. Nama ini pertama dipakai pada abad 19,dan sampai sekarang masih sangat populer.
423. Cleo (Perempuan – Sejarah): Bentuk singkat dari Cleopatra. Dibawa terkenal oleh penyanyi Jazz Cleo Laine
424. Cleopatra (Perempuan – Sejarah): Dari nama Yunani Kleopatra,berasal dari kleos “kemenangan” + pater “ayah”. Ini dibawa oleh sejumlah besar wanita dalam keluarga Ptolemaic Mesir. Yang paling terkenal adalah kekasih dari Mark Antony,dan selalu diumpamakan sebagai wanita penuh gairah dan ta
425. Clio (Perempuan – Sejarah): Dari Yunani Kleio,nama ini dibawa dalam mitologi klasik oleh salah satu bidadari. (dihubungkan dengan kata kleos “kemenangan”).
426. Clodagh (Perempuan – Sejarah): Dari Irlandia baru-baru ini. Ini adalah nama sungai di Tipperary.Dibawa oleh nyonya dari penyair Romawi Catullus dan juga oleh penyanyi pop dari Irlandia Utara Clodagh Rogers.
427. Clove (Perempuan – Sejarah): Diambil dari nama rempah-rempah (melalui Prancis kuno dari Latin clavus “paku”,menunjukkan bentuk dari kuncup bunga kering). Juga menunjukkan bentuk singkat dari Clover
428. Clover (Perempuan – Sejarah): Kosakata modern diambil dari kata yang menunjukkan nama tumbuhan.
429. Cody (Perempuan – Sejarah): Diambil dari nama keluarga Irlandia, penginggrisan bentuk dari bahasa Gaelic O Cuidighthigh “keturunan dari Cuidightheach”.
430. Coleen (Perempuan – Sejarah): Ejaan lain dari Colleen
431. Colette (Perempuan – Sejarah): Bentuk feminin Perancis dari nama Col(le) pada abad pertengahan,bentuk singkat dari Nicholas. Dipopulerkan tahun 1920an oleh novelis Perancis Colete (1872-1954)
432. Colleen (Perempuan – Sejarah): Dari bahasa Anglo-Irlandia kosakata dari coleen “perempuan, gadis”.Dihubungkan dengan bintang bintang film bisu Coleen Moore (1901-88),yang nama aslinya adalah Kathleen Morison.
433. Collette (Perempuan – Sejarah): Ejaan lain dari Colette
434. Columbine (Perempuan – Sejarah): Dari bahasa Italia Colombina,berasal dari colomba “menyelam”. Dalam tradisi commedia dell’arte ini adalah nama dari kekasih Harlequin.
435. Connie (Perempuan – Sejarah): Bentuk kesayangan dari Constance,sekarang juga dipakai secara bebas.
436. Constance (Perempuan – Sejarah): Bentuk Latin kuno dari abad pertengahan yaitu Constantia,bentuk feminin dari Constants yang berarti ketetapan.
437. Cora (Perempuan – Sejarah): Nama ini muncul oleh James Fenimore Cooper untuk salah satu karakter dalam The Last Mohicans (1826). Ini menunjukkan bentuk yang dilatinkan dari Yunani Kore “gadis,perawan”.
438. Coral (Perempuan – Sejarah): Kosakata baru akhir abad 19. Ini adalah nama-nama perempuan yang diambil dari jenis-jenis batu-permata.Coral adalah material berwarna pink yang berada di laut hangat.
439. Coralie (Perempuan – Sejarah): Rupanya perluasan dari Cora atau Coral
440. Cordelia (Perempuan – Sejarah): Nama ini dipakai oelh Shakespeare untuk salah satu anak perempuan dari Raja Lear. Ini mungkin perluasan dari kata Latin cor “hati”.
441. Cordula (Perempuan – Sejarah): Bentuk latin dari cor “hati”. Santo dari nama ini menurut legenda,salah satu dari sebelas ribu teman Ursula
442. Coretta (Perempuan – Sejarah): Perluasan bentuk dari Cora,dengan tambahan akhiran -etta. Ini adalah nama janda dari Pejuang kemanusiaan Amerika Martin Luther King.
443. Corinna (Perempuan – Sejarah): Dari nama Yunani Korinna. Nama ini juga dipakai oleh penyair Romawi yaitu Ovid untuk wanita yang ada di puisi cintanya. (Cor(r)ina)
444. Corinne (Perempuan – Sejarah): Bentuk Perancis dari Corinna,sekarang lebih populer di negara berbahasa Inggris.
445. Cornelia (Perempuan – Sejarah): Dari bentuk feminin latin dari nama keluarga Romawi kuno yaitu Cornelius.
446. Cosima (Perempuan – Sejarah): Bentuk feminin dari Cosmo. Nama ini dibawa oleh Cosima Wagner (1837-1930),anak perempuan dari Franz Lizst dan Richard Wagner
447. Cressa (Perempuan – Sejarah): Nama modern,rupanya berawal sebagai bentuk singkat dari Cressida
448. Cressida (Perempuan – Sejarah): Dari legenda abad pertengahan,Cressida adalah putri Trojan,anak dari Calchas. Ketika ia dikembalikan ke Ayahnya,ia memutuskan hubungan percintaannya dengan Troilus.
449. Cristina (Perempuan – Sejarah): Bentuk Italia,Portugal dan Spanyol dari Christina
450. Crystal (Perempuan – Sejarah): Kosakata baru abad 19,Ini adalah nama-nama perempuan yang diambil dari jenis-jenis batu-permata. Crystal adalah kaca yang berkualitas tinggi,diambil dari bahasa Yunani krystallos “es”. (Krystal,Kristel,Krystle)
451. Cushla (Perempuan – Sejarah): Dari istilah Irlandia dari cushla marcee,bahasa Gaelic cuisle mo croidhe “denyut jantungku”
452. Cynthia (Perempuan – Sejarah): Dari bahasa Yunani,julukan kepada dewa Artemis. Nama Cynthia digunakan oleh seorang penyair Romawi, Propertius, sebagai tokoh wanita di mana dia mengutarakan puisi cintanya. (Cindy)
453. Cyrille (Perempuan – Sejarah): Bentuk Perancis dari Cyril, kadangkala merupakan ejaan lain dan bentuk feminin
454. Daffodil (Perempuan – Sejarah): Diambil dari nama bunga yang langka. Bunga ini dinamai di abad 14 dari bahasa Belanda de affodil ‘sang asphodel’
455. Dahlia (Perempuan – Sejarah): Diambil dari nama bunga, yang dinamai di abad 19 untuk menghormati botanis Swedia, Anders Hahl (1751-89)
456. Daisy (Perempuan – Sejarah): Diambil dari nama bunga, dari bahasa Inggris Kuno dæges?age ‘mata siang’, karena hanya mekar di siang hari dan pada saat mekar memperlihatkan lingkaran kuning di tengahnya seperti sebuah mata.
457. Dale (Perempuan – Sejarah): Diambil dari nama keluarga, pada mulanya adalah nama setempat untuk seseorang yang tinggal didalam lembah.
458. Dalia (Perempuan – Sejarah): Bentuk sederhana dari nama Dahlia, dan ada juga yang menganggap sebagai nama Yahudi dari kata dalia ‘ranting berbunga’
459. Dallas (Perempuan – Sejarah): Sebagian besar di Amerika Serikat, Diambil dari nama keluarga, diambil untuk menghormati George Muffin Dallas, Wakil Presiden 1845-49. Nama berasal dari kosakata Gaelic sebagai Dalfhas ‘ padang rumput ‘.
460. Dalya (Perempuan – Sejarah): Bentuk lain dari nama Dalia, yang dipengaruhi oleh nama Rusia seperti Katya dan Tanya
461. Damaris (Perempuan – Sejarah): Terutama di Amerika: nama wanita yang disebutkan dalam Perjanjian Baru
462. Damask (Perempuan – Sejarah): Dari nama sebuah kain, yang didekorasi dengan pola dari tekstur yang kontras tapi dengan warna yang sama.
463. Dana (Perempuan – Sejarah): Sebagian besar di Amerika Utara: tidak jelas asalnya. Mungkin dari Irlandia, walaupun nama keluarga ini tidak dikenal di Irlandia. Dana atau Ana adalah nama dari dewa kesuburan di Irlandia.
464. Danae (Perempuan – Sejarah): Dibawa dari mitologi Yunani oleh anak laki-laki dari Acrisius. Namanya tidak bisa dijelaskan asal-usulnya. Dia adalah cucu perempuan dari Danaus, penemu dari suku Yunani dari Danai atau Argives.
465. Daniella (Perempuan – Sejarah): Bentuk feminin dari Daniel
466. Danielle (Perempuan – Sejarah): Bentuk feminin dari Daniel
467. Danika (Perempuan – Sejarah): Nama Eropa Timur, sekarang dipakai di negara berbahasa Inggris. Berasal dari kosakata Slavic yang menunjukkan bintang pagi (Denica)
468. Danya (Perempuan – Sejarah): Kosakata modern: bentuk feminin dari Dan
469. Daphne (Perempuan – Sejarah): Nama ini dibawa oleh mitologi Yunani oleh seorang bidadari yang berubah menjadi pohon salam oleh ayahnya, dewa sungai, untuk membolehkan kabur dari perhatian Apollo.
470. Darcy (Perempuan – Sejarah): Diambil dari nama keluarga Irlandia dan Inggris,asal mulanya dari Normandia (d’arcy). Ini adalah nama pahlawan di novel Pride and Prejudice karya Jane Austen (1813).
471. Daria (Perempuan – Sejarah): Dari Yunani klasik, bentuk feminin dari Darius. Santo Daria adalah wanita Yunani yang menikah dengan orang Mesir yaitu Chrysanthus.
472. Darlene (Perempuan – Sejarah): Sebagian besar Australia dan Amerika Utara,kosakata modern, perubahan dari istilah darling dengan penambahan akhiran -(l)ene (Darleen)
473. Darrene (Perempuan – Sejarah): Bentuk feminin dari Darren, dibentuk oleh penyatuan dengan akhiran -ene (Dareen)
474. Dassah (Perempuan – Sejarah): Bentuk yang diperpendek dari Hadassah.
475. Davina (Perempuan – Sejarah): Bentuk feminin Latin dari David. Nama ini sepertinya berasal dari Skotlandia. (Davena)
476. Dawn (Perempuan – Sejarah): Dari kosakata untuk dinihari, digunakan sebagai nama pada tahun 1920an. Nama ini dihubungkan dengan artis Inggris Dawn Addams,komedian Inggris Dawn French, dan penyanyi Amerika Dawn Upshaw. (Dawne)
477. Deanna (Perempuan – Sejarah): Bentuk lain dari Diana, diciptakan pada tahun 1936 oleh bintang film asal Kanada dan penyanyi Deanna Durbin, yang nama aslinya adalah Edna Mae. (Deana)
478. Deanne (Perempuan – Sejarah): Bentuk lain dari Diane, dan juga kadangkala digunakan sebagai bentuk feminin dari Dean
479. Deborah (Perempuan – Sejarah): Nama kitab (berarti “lebah” dalam bahasa Yahudi), dibawa oleh suster dari Rebecca (Genesis 35:8) dan oleh hakim wanita dan nabi (Judges 4-5) yang memimpin kaum Israel meraih kemenangan atas Canaanites.
480. Dee (Perempuan – Sejarah): Bentuk kesayangan dari semua nama yang diawali huruf D-
481. Deirdre (Perempuan – Sejarah): Dibawa dari legenda Celtic oleh seorang pahlawan wanita,kadangkala menunjuk kepada ‘ Sukacita dari Deirdre ‘. Cerita berawal ketika dia bertunangan dengan Conchobar, raja dari Ulster. Tapi ia lebih memilih untuk menikah dengan kekasihnya yaitu Naoise. Akh (Deidre)
482. Delfina (Perempuan – Sejarah): Bentuk Italia dan Spanyol dari Delphine
483. Delia (Perempuan – Sejarah): Dari julukan Yunani kuno untuk dewa Artemis, merujuk pada tempat kelahirannya di pulau Delos.
484. Delice (Perempuan – Sejarah): Penginggrisan bentuk dari Delicia (Delyse)
485. Delicia (Perempuan – Sejarah): Bentuk feminin dari nama Latin kuno Delicius, kata jadian dari Deliciae “bahagia”. (Delysia)
486. Delilah (Perempuan – Sejarah): Nama kitab, dibawa oleh istri dari Samson, yang membujuk dia untuk mengungkapkan rahasia dari kekuatannya berada dalam rambutnya, dan kemudian memotongnya ketika dia sedang tidur lalu menkhianatinya dan diserahkan kepada Philistines (Judges 16:4-20). (Delila)
487. Delite (Perempuan – Sejarah): Kosakata modern, rupanya berdasarkan kosakata dari delight.
488. Della (Perempuan – Sejarah): Pertama kali muncul pada tahun 1870an, mungkin pengubahan bentuk dari Delia atau Delilah atau bentuk singkat dari Adela.
489. Delmar (Perempuan – Sejarah): Sebagian besar Amerika Serikat,mungkin dari Spanyol delmar ‘dari lautan’. Juga merupakan pengurangan bentuk dari Delamar, nama setempat Normandia dari tempat di utara Perancis yang disebut ‘kolam’.
490. Delores (Perempuan – Sejarah): Bentuk lain dari Dolores
491. Delphina (Perempuan – Sejarah): Dari Latin Delphina ‘Wanita dari Delphi’. Delphina (1238-1358) adalah seorang suster Provencal, yang mungkin dinamai untuk menghormati Santo Delphinus dari Bordeaux pada abad ke 4.
492. Demelza (Perempuan – Sejarah): Nama Cornish modern, yang tidak memiliki sejarah sebagai nama personal Celtic tapi berasal dari nama tempat di wilayah Santo Columb.
493. Demi (Perempuan – Sejarah): Kosakata modern, bukan pertama kali dipakai oleh artis film Demi Moore (Demetria Gene Guynes).
494. Dena (Perempuan – Sejarah): Kosakata modern, menunjukkan pengulangan ejaan dari Dina, atau lainnya bentuk yang dibuat sebagai versi feminin dari Dean
495. Denese (Perempuan – Sejarah): Pengubahan ejaan dari Denise
496. Deneze (Perempuan – Sejarah): Pengubahan ejaan dari Denise
497. Denice (Perempuan – Sejarah): Pengubahan ejaan dari Denise
498. Denise (Perempuan – Sejarah): Bentuk feminin Prancis dari Denis, dipakai luas di negara berbahasa Inggris sejak tahun 1920an (Denyse)
499. Deonne (Perempuan – Sejarah): Bentuk feminin dari Deon
500. Deryn (Perempuan – Sejarah): Wales; dari (a)deryn ‘burung hitam’

loading...