Nama Bayi Sejarah Pilihan Terbaik

Nama Bayi Sejarah Pilihan Terbaik – Dalam artikel ini saya memiliki beberapa nama bayi dan artinya yang berasal dari bahasa Sejarah. Anak adalah sebuah anugrah yang tak ternilai harganya oleh sebab itu papa mama harus memberikan nama anak dengan arti yang baik bagi si jabang bayi karena sebuah nama bisa menjadi sebuah doa bagi calon anak kita.

Nama nama bayi ini terdiri dari 1592 Nama Bayi Laki Laki Sejarah Pilihan dan 1976 Nama Bayi Perempuan Sejarah Pilihan. Nama anak Sejarah ini bisa anda gunakan untuk nama depan, nama tengah, dan nama belakang sehingga membentuk arti nama bayi yang memiliki makna yang indah.

Semoga nama asal bahasa ini bisa menjadi solusi bagi bunda yang sedang mencoba mencari rangkaian nama anak terbaik. Memang mencari nama bayi tidaklah mudah, karena melakukan hal tersebut membutuhkan pemikiran yang matang. Untuk memudahkan navigasi pencarian, nama anak bayi di artikel ini saya awali dengan nama lelaki dan untuk nama wanita dimulai pada halaman 11.

1592 Nama Bayi Laki Laki Sejarah Pilihan

Nama Bayi Sejarah Pilihan Terbaik
1. Aaron (Laki Laki – Sejarah): Nama Kristiani (nama dalam Injil), merupakan nama saudara laki-laki Moses, yang ditunjuk Tuhan untuk menjadi juru bicara Moses dan menjadi Pendeta tertinggi Israel. Asal mulanya yaitu dari bahasa Yahudi haron ‘gunung kekuatan’ yang tidak lebih daripada se (Aron, Arron, Arun)
2. Abdul (Laki Laki – Sejarah): Nama Arab: bentuk pendek dari Abdullah
3. Abdullah (Laki Laki – Sejarah): Nama Arab yang berarti ‘pelayan Allah’
4. Abe (Laki Laki – Sejarah): Nama Yahudi, yaitu bentuk pendek dari Abraham atau nama bahasa Yiddi yang merupakan gabungan dua silabel dari bahasa Aramean abba ‘ayah’, yang digunakan sebagai nama perorangan pada masa Talmud
5. Abel (Laki Laki – Sejarah): Nama Kristiani (nama dalam Injil), merupakan nama anak terakhir Adam dan Hawa, yang terbunuh oleh kakaknya sendiri, Cain karena cemburu. Bentuk Yahudinya yaitu hevel ‘nafas, uap’
6. Abner (Laki Laki – Sejarah): Nama Kristiani (nama dalam Injil), yang berarti ‘ayah dari cahaya’ dalam bahasa Yahudi. Merupakan sanak famili dari Raja Saul, yang memimpin pasukan Saul.
7. Abraham (Laki Laki – Sejarah): Nama Kristiani (nama dalam Injil), merupakan nama kepala keluraga pertama para Yahudi, yang telah membuat perjanjian dengan Tuhan bahwa keturunannya akan memiliki negeri Canaan. Dalam Kejadian 17;5 dijelaskan sebagai ‘ayah dari banyak orang (negara)’ (Bentuk Yahudi: Avraham, Avrom)
8. Abram (Laki Laki – Sejarah): Nama Kristiani (nama dalam Injil), bentuk lain dari Abraham. Kemungkinan merupakan nama khusus (yang berarti ‘ayah tertinggi’ dalam bahasa Yahudi)
9. Absalom (Laki Laki – Sejarah): Nama Kristiani (nama dalam Injil), kemungkinan berarti ‘ayah kedamaian’ dalam bahasa Yahudi. Merupakan putra ketiga dari Raja David, yang membuat ayahnya sangat sedih karena memberontak dan akhirnya dibunuh ketika dia tertangkap oleh “rambut” di sebuah po
10. Ace (Laki Laki – Sejarah): Merupakan sebuah nama panggilan, yang saat ini sering digunakan sebagai nama perseorangan, khususnya di Amerika. Artinya adalah ‘nomor satu’.
11. Achilles (Laki Laki – Sejarah): Nama dari mitologi Yunani. Achilles adalah putra dari seorang peri laut, Thetis dan Peleus yang abadi. Dia adalah manusia yang kebal terhadap apapun kecuali di bagian tumitnya, dan dia adalah pemimpin pasukan Yunani dalam penyerangan terhadap Troy.
12. Adam (Laki Laki – Sejarah): Dalam alkitab, merupakan manusia pertama di bumi. Kemungkinan berasal dari bahasa Yahudi adama ‘bumi’ (Adhamh, Adan, adao, Adamo, Aatami)
13. Addison (Laki Laki – Sejarah): Pengalihan dari nama keluarga, yang sebenarnya nama turunan dari nama sang ayah yaitu Addie atau Adie,nama populer abad pertengahan (dan kadang dipakai di abad modern) merupakan bentuk kesayangan dari Adam.
14. Adibawa (Laki Laki – Sejarah): Nama kota di Nigeria
15. Adil (Laki Laki – Sejarah): Nama Arab yang berarti ‘adil’
16. Adina (Laki Laki – Sejarah): Banyak dipakai kaum Yahudi: dalam alkitab merupakan nama laki-laki, berasal dari bahasa Yahudi adin ‘ramping’. Populer oleh seorang prajurit, laskar dari Raja David. Sekarang umumnya digunakan sebagai nama wanita, dengan tambahan akhiran -a.
17. Adlai (Laki Laki – Sejarah): Nama Kristiani (nama dalam Injil), merupakan nama seorang tokoh minor, ayah dari salah satu Raja David. Nama dari bentuk Aramaic, yang berasal dari nama Yahudi Adaliah ‘Tuhan itu adil’, dan salah satu dari sekian banyak nama minoritas dalam Alkitab.
18. Adolph (Laki Laki – Sejarah): Pelafalan umum dari nama Jerman, Adolf, yang pertama kali dibawa oleh orang Normandia ke Britania, menggantikan nama Inggris kuno yang hampir sama bunyinya Æthelwulf (‘bangsawan’+’serigala’). (Adolphus)
19. Adrian (Laki Laki – Sejarah): Bentuk umum Inggris dari nama Latin Hadrianus ‘laki-laki dari Hadria’. Hadria adalah sebuah kota di bagian utara Italia, dan nama tersebut diberikan untuk Lautan Adriatic.
20. Aeneas (Laki Laki – Sejarah): Nama Latin, nama seorang pahlawan Virgil, Aeneid, pangeran Trojan yang berlayar dari Troy setelah dihancurkan oleh Yunani, dan setelah melalui beberapa petualangan, menetap di Latium (Italia), menjadi nenek moyang dari orang Romania. Nama ini muncul dalam
21. Aharon (Laki Laki – Sejarah): Nama Yahudi: bentuk modern nama Yahudi dari Aaron
22. Ahmed (Laki Laki – Sejarah): Nama Arab yang berarti ‘sangat pantas dipuji’
23. Aidan (Laki Laki – Sejarah): Bentuk Inggris dari nama Gael, Aedan. Merupakan nama para santo di Irlandia, diantaranya seorang Irlandia,murid Santo David dari Wales, yang nantinya menjadi uskup di Ferns, dan terkenal karena kebaikan dan kedermawanannya, sebagai pembawa agama Kristen d
24. Aitor (Laki Laki – Sejarah): Ayah yang baik
25. Aizik (Laki Laki – Sejarah): Nama Yahudi; bentuk lain dari bahasa Yiddi Yitzhak (Isaac)
26. Al (Laki Laki – Sejarah): Bentuk pendek dari nama-nama yang berawalan Al-
27. Alan (Laki Laki – Sejarah): Nama Celtic yang kemungkinan pemendekan sebuah kaya yang berarti ‘batu’. Diperkenalkan di Inggris oleh Breton, pengikut dari William Sang Penakluk. Yang paling terkenal adalah Alan, Bangsawan Britania, yang diberi penghargaan untuk pelayanannya dengan mem
28. Alaric (Laki Laki – Sejarah): Nama Jerman yang merupakan gabungan dari ala ‘semua’ atau ali ‘orang asing’ + ric ‘kekuatan, penguasa’. Sekarang jarang digunakan, dan pertama kali diperkenalkan di Inggris dalam bentuk yang sama oleh orang Normandia.
29. Alban (Laki Laki – Sejarah): Berasal dari nama Latin Albanus. Kemungkinan merupakan sebuah nama etnik dari salah satu tempat di Kerajaan Romawi yang disebut Alba ‘putih’, atau merupakan bentuk Latin dari nama Inggris yang berasal dari Celtic alp ‘batu, tebing’. (Albie, Alby)
30. Alberic (Laki Laki – Sejarah): Nama yang hampir menyerupai nama Aubrey, berasal dari Latin Albericus pada abad ke-14.
31. Albert (Laki Laki – Sejarah): Nama dari Perancis kuno Albert yang berasal dari Jerman (Frankish), terbentuk dari kata adal ‘bangsawan’ + berht ‘cemerlang, terkenal’. Nama ini populer di Inggris pada abad ke-19 dan dipakai sebagai penghormatan kepada suami Ratu Victoria, Pangeran Alber
32. Albie (Laki Laki – Sejarah): Bentuk pelafalan lain dari Alby
33. Albion (Laki Laki – Sejarah): berasal dari nama syair di Inggris. Diduga berasal dari Latin albus ‘putih’ untuk menunjukkan putihnya tebing yang mencuat dari lautan, tapi faktanya mungkin berasal dari elemen bahasa Celtic alp ‘batu, tebing’
34. Alby (Laki Laki – Sejarah): Bentuk kesayangan dari Albert dan Alban; di-Inggriskan dari bentuk Irlandia Ailbhe
35. Aldebaran (Laki Laki – Sejarah): Bintang Ke-13 Yang Paling Terang Dalam Astronomi
36. Aldous (Laki Laki – Sejarah): Kemungkinan bentuk pendek dari berbagai nama Normandia seperti Aldebrand, Aldemund, dan Alderan, mengandung sebuah kata Jerman ald ‘old’.
37. Alec (Laki Laki – Sejarah): Bentuk pendek dari nama Inggris dan Skotlandia, Alexander
38. Alex (Laki Laki – Sejarah): Bentuk pendek dari Alexander, Alexandra atau Alexis, juga digunakan sebagai nama perseorangan (Alix)
39. Alexander (Laki Laki – Sejarah): Bentuk Latin yang berasal dari Yunani Alxandros, dari kata alexein ‘membela’ + aner ‘laki-laki, prajurit’. Digunakan sebagai nama yang umum di seluruh eropa, namun, sebagian besar dipakai karena kepopuleran Alexander Agung, Raja Macedonia (356-323 SM) (Alastar, Alasdair, Alexandre, Alejandro, Aleixandre, Alessandro, Aleksandr, Aleksanteri, Sandor)
40. Alexis (Laki Laki – Sejarah): Bentuk lain (atau bentuk feminin) dari Alexius, pelafalan Latin dari nama Yahudi Alexios, berasal dari kata alexein ‘membela’. St Alexius adalah santo di Edessa pada abad ke-5, yang sangat di-istimewakan Gereja Ortodok sebagai ‘orang Tuhan’.
41. Alf (Laki Laki – Sejarah): Bentuk pendek dari Alfred (Alfie)
42. Alfa (Laki Laki – Sejarah): Bentuk lain dari Alpha
43. Alfie (Laki Laki – Sejarah): Bentuk kesayagan dari Alfred, sekarang populer sebagai sebuah nama
44. Alfred (Laki Laki – Sejarah): Nama dari Inggris Kuno yang berasal dari kata ælf ‘peri, mahluk supernatural’ + ræd ‘penasehat’. Banyak digunakan karena terkenalnya Alfred yang Agung (849-899), Raja Wessex
45. Alger (Laki Laki – Sejarah): Nama yang berasal dari nama keluarga, yang merupakan nama Inggris Kuno dari kata ælf ‘peri, mahluk supernatural’ + gár ‘tombak’. Nama pribadi ini tidak biasa digunakan sebelum ataupun sesudah Penaklukan Normandia, tetapi nama ini digunakan kembali pada ab
46. Algernon (Laki Laki – Sejarah): Nama yang berasal dari Normandia-Perancis, yang seharusnya dipakai untuk nama tengah, artinya ‘berkumis’ (dari kata Perancis Kuno grenon, gernon ‘kumis’). Dahulu dipakai oleh orang Normandia yang mempunyai aturan untuk tidak berkumis dan berjenggot, untuk (Algy, Algie)
47. Ali (Laki Laki – Sejarah): Seandainya dipakai untuk nama perempuan, merupakan bentuk kesayangan dari Alison, Alice, atau nama lain yang berawalan nama ini. Dan kalau dipakai untuk nama laki-laki merupakan bentuk kesayangan dari nama Alistair, juga merupakan nama perseorangan dari b
48. Alick (Laki Laki – Sejarah): Bentuk lain dari Alec, yang telah berkembang menjadi sebuah nama tersendiri.
49. Alistair (Laki Laki – Sejarah): Perubahan lafal dari Alasdair, bentuk dari Alexander dalam bahasa Gael-Skotlandia. Alistair, sekarang secara luas digunakan di negara-negara berbahasa Inggris, sering digunakan tanpa adanya hubungan dengan Skotlandia (Alisdair, Alastair, Alister, Allaster, Alistar)
50. Allan (Laki Laki – Sejarah): Bentuk lain dari Alan, banyak dgunakan di Skotlandia dan Amerika Utara
51. Allaster (Laki Laki – Sejarah): Nama Skotlandia: bentuk lain dari Alistair. Merupakan salah seorang pengembara dalam karya Sir Walter Scott, Rob Roy (1818), yang dipastikan mencapai kepopuleran pada abad 19.
52. Allen (Laki Laki – Sejarah): Bentuk lain dari Alan, di Inggris biasanya ditemukan sebagai nama keluarga, tetapi di Amerika Utara seringkali digunakan sebagai nama perseorangan
53. Aloysius (Laki Laki – Sejarah): Kemungkinan bentuk Latin dari versi bahasa Provencal, Louis. Banyak digunakan di Italia pada abad pertengahan, dan populer ketika masa Katolik Roma sebagai nama penghormatan untuk St Aloysius Gonzaga (1568-91), yang lahir di Lombardy
54. Alpha (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama huruf pertama alfabet Yunani. Tamoaknya dipilih sebagai nama mulai abad ke 19 dan 20, sebagai simbol mutu dan keunggulan.
55. Alphonse (Laki Laki – Sejarah): Bentuk Perancis dari nama Spanyol Alfonso, yang aslinya berasal dari Jerman (Visigorhic). Kemungkinan gabungan dari adal ‘bangsawan’ + funs ‘siap, cepat’. Kemungkinan lainnya, elemen pertama adalah ala ‘semua’, hadu ‘perjuangan’, atau hild ‘pertempuran. S
56. Altman (Laki Laki – Sejarah): Nama Yahudi: gabungan kata dari Bahasa Yiddi alt ‘old’ + man ‘laki-laki’. Secara tradisional, nama ini adalah nama yang diberikan kepada anak untuk melindungi mereka dari malaikat kematian, karena akan dibingungkan dengan konflik antara si nama bayi dan s
57. Alton (Laki Laki – Sejarah): Banyak dipakai di Amerika: pengalihan penggunaan dari nama keluarga di Inggris, yang berasal dari banyak tempat yang bernama Alton di Inggris. Nama ini berasal dari berbagai sumber; yang paling umum adalah dari Inggris Kuno ?wiell ‘mata air’ + tún ‘perkam
58. Alun (Laki Laki – Sejarah): Nama Wales kuno, secara tidak langsung berhubungan dengan nama Alan, dan sekarang menjadi bermakna sama dengan Wales. Merupakan salah satu tokoh dalam cerita Mabinogi, Alun dari Dyfed, sebuah karakter yang disebutkan beberapa kali dalam cerita itu. Nama i
59. Alvar (Laki Laki – Sejarah): Nama di abad pertengahan yang berasal dari nama perseorangan Inggris kuno Ælfhere, terbentuk dari kata ælf ‘mahluk supernatural’ + here ‘prajurit’.
60. Alvin (Laki Laki – Sejarah): Berasal dari nama perseorangan Inggris kuno, gabungan dari ælf ‘mahluk supernatural’ + wine ‘teman’. Dulunya tidak terlalu umum dipakai di Inggris baik sebelum atau setelah Penaklukan Normandia, tetapi nama ini populer di Amerika. (Alwyn, Aylwin)
61. Amadeus (Laki Laki – Sejarah): Nama Latin di abad pertengahan yang bermakna ‘kasih Tuhan’, kemungkinan merupakan kata serapan dari Yunani Theophilos. Nama ini adalah nama tradisional di rumah kerajaan Savoy; pembawa nama ini adalah Amadeus IX yang Diberkati, Bangsawan Savoy (1435-72).
62. Ambrose (Laki Laki – Sejarah): Bentuk Inggris dari nama Latin Akhir Ambrosius ‘abadi’. Nama ini dipopulerkan oleh baragam santo terdahulu, yang paling terkenal adalah seorang uskup pada abad ke-4 di Milan (Ambros, Emrys, Ambroise, Ambrosio, Ambrogio, Ambrozy, Ambroz)
63. Amias (Laki Laki – Sejarah): Nama yang jarang dipakai, kemungkinan berasal dari nama keluarga Amias, yang merupakan nama lokal untuk seseorang dari Amiens di Perancis. Akhiran -ias sering ditemukan dalam alkitab yang artinya ‘Tuhan’. Amias mungkin dipilih karena kepercayaan bahwa nam
64. Amiaz (Laki Laki – Sejarah): Nama Yahudi; dari bahasa Yahudi modern yang artinya ‘rakyatu kuat’
65. Amittai (Laki Laki – Sejarah): Nama Yahudi: terdapat dalam alkitab, artinya ‘benar’ atau ‘jujur’ dalam bahasa Yahudi, dipopulerkan oleh ayah dari Jonah (2 Kings 14:25)
66. Amnon (Laki Laki – Sejarah): Sebagian besar nama orang Yahudi; terdapat dalam alkitab (artinya ‘setia’ dalam bahasa Yahudi), dipopulerkan oleh putra dari Raja David, yang memperkosa dan membuang saudara tirinya Tamar dan dibunuh oleh kakak laki-lakinya sendiri, Absolom.
67. Amos (Laki Laki – Sejarah): Nama Kristiani (nama dalam Injil), dipopulerkan oleh seorang peramal Yahudi pada abad ke-8 sebelum masehi. Nama ini kemungkinan berhubungan dengan bahasa Yahudi amos ‘membawa’. Dalam beberapa tradisi, ditetapkan bahwa artinya adalah ‘dilahirkan Tuhan’.
68. Amshel (Laki Laki – Sejarah): Nama Yahudi (bahasa Yiddi); bentuk lain dari Antshel
69. Amyas (Laki Laki – Sejarah): Kemungkinan bentuk lain dari Amias. Pertama kali terdapat dalam karya Spenser Faerie Queene, yang merupakan nama dari seorang ‘pengawal kalangan bawah’
70. André (Laki Laki – Sejarah): Bentuk Perancis dari Andrew, sekarang digunakan di negara-negara berbahasa Inggris
71. Andreas (Laki Laki – Sejarah): Bentuk asli dari Perjanjian Baru Yunani dari Andrew, digunakan di negara-negara berbahasa Inggris dalam berbagai bentuk.
72. Andrew (Laki Laki – Sejarah): Bentuk Inggris dari nama Yunani Andreas, bentuk pendek dari berbagai nama yang berawalan andr- ‘laki-laki, prajurit’. Dalam Perjanjian Baru dia adalah murid pertama yang dipanggil oleh Jesus. Setelah Kebangkitan, St Andrew menyebarkan ajaran Jesus di Asia (Aindrias, Aindreas, Aindriu, Aindrea, Anndra, Andras, Andries, Anders, Andreu)
73. Andy (Laki Laki – Sejarah): Bentuk kesayangan dari Andrew, sekarang terkadang digunakan sebagai nama perseorangan
74. Aneurin (Laki Laki – Sejarah): Bentuk modern dari nama Wales Aneirin, terkadang digunakan di negara yang tidak berbahasa Wales, sebagai penghormatan kepada Aneurin Bevan (1897-1960). Nama ini merupakan nama yang terdapat dalam syair Wales pertama.
75. Angel (Laki Laki – Sejarah): Nama laki-laki Spanyol yang sangat umum, berasal dari Bahasa Yunani angelos ‘pengabar’. Nama ini umum digunakan di Amerika, sekarang di Inggris merupakan nama perempuan, tetapi terkadang digunakan sebagai nama laki-laki sejak tahun 1400-an
76. Anselm (Laki Laki – Sejarah): Berasal dari Jerman, gabungan dari kata ans ‘dewa, tuhan’ + helm ‘helm/topi’. Dibawa dari Italia ke Inggris oleh St Anselm, yang merupakan uskup besar Canterbury di akhir abad 11 dan awal abad 12, dan diberi penghormatan sebagai Doctor di gereja.
77. Anshel (Laki Laki – Sejarah): Nama Yahudi (bahasa Yiddi); bentuk lain dari Antshel
78. Anthony (Laki Laki – Sejarah): Bentuk Inggris umum yang diambil dari nama keluarga Romawi kuno Antonius, yang kemungkinan berasal dari Etruscan (bahasa Etruria). Lafal -th- menggambarkan perubahan yang keliru yang dihubungkan dengan kata Yunani Anthos ‘bunga’. Pada masa setelah periode (Anton, Antonio, Antoni, Antonin, Ante, Antun, Anton, Antal, Antanas)
79. Antoine (Laki Laki – Sejarah): Bentuk Perancis dari nama Anthony, sekarang sudah digunakan di negara-negara berbahasa Inggris (Antwan)
80. Anton (Laki Laki – Sejarah): Bentuk umum di Eropa dari nama Anthony, sekarang sudah digunakan di negara-negara berbahasa Inggris

loading...