14 Nama Bayi Perempuan Jawa Dan Artinya

Nama Bayi Perempuan Jawa — namaperempuan.com. Indonesia terdiri dari berbagai suku dan wilayah. Salah satunya adalah Jawa baik itu Jawa Timur, Tengah atau Barat. Bicara soal Jawa, anda akan mudah mengingat bagaimana kesantunan orang Jawa, tradisi hingga nama-nama anak yang berasal dari bahasa Jawa dan memiliki makna indah. Misalnya saja seperti nama Sasi Kirana, Kinanti, Ajeng, Gelis dan masih banyak lagi. Nama Jawa juga lebih mewakili kesan lembut dan anggun dari seorang perempuan. Apabila anda ingin merangkai nama bayi perempuan Jawa, anda bisa menentukan dua hingga tiga kata.

Nama yang berasal dari bahasa Jawa diketahui menjadi salah satu yang paling banyak digunakan di Indonesia. Terutama untuk nama-nama anak perempuan yang diharapkan bisa tumbuh menjadi wanita lembut dan anggun. Berikut merupakan nama bayi perempuan dari bahasa Jawa yang bisa anda jadikan inspirasi.

 

Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Jawa 2 dan 3 Kata

1. Anindya Misha Arvita

Rekomendasi nama indah yang pertama adalah Anindya Misha Arvita. Arti dari nama lengkap ini adalah anak permepuan yang cantik dan memiliki kehidupan sempurna. Nama Anindya memiliki arti sempurna. Dari nama ini tentu mewakili harapan orang tua bahwa kelak si kecil bisa tumbuh sempurna menjadi wanita yang anggun. Rangkaian nama Anindya Misha Arvita memiliki arti anak perempuan cantik yang memiliki kehidupan sempurna. Sementara nama Anindya Nasywa Wulandhany berarti anak perempuan yang sempurna dan selalu bersemangat. Ia cantik seperti bulan.

2. Kanigara Larasati

Nama Larasati merupakan nama bayi perempuan Jawa yang merupakan nama tokoh pewayangnan. Dalam tokoh tersebut, Larasati memiliki sifat yang setia, berbakti dan juga patuh. Tidak hanya itu, Laras juga pandai dalam mengurus rumah tangga. Kanigara Larasati memiliki arti bunga matahar yang kokoh. Ia tak pernah menyerah dalam menjalani kehidupan. Ada juga nama Larasati Ardhiana yang berarti anak perempuan berjiwa besar. Ia memiliki pendirian teguh.

3. Gendhis Kalyani Nagendra

Nama Gendhis dalam bahasa Jawa berarti gula atau manis. Gendhis juga identik dengan anak perempuan yang bersikap lembut dan cantik. Jika anda memberinya nama Gendhis Kalyani Nagendra maka arti yang anda berikan adalah perempuan manis yang selalu beruntung dan juga kuat. Ada juga nama lain Gendhis Widuri Widyawati yang berarti anak perempuan manis yang cerdas dan memiliki banyak ilmu.

4. Adara Utari Gita

Utari menjadi nama perempuan bahasa Jawa yang memiliki arti cahaya, harapan dan besar. Semua sifat dan perilaku baik ini tentu ingin dimiliki oleh setiap orang. Nama Adara Utari Gita memiliki arti anugerah yang bercahaya dan berparas cantik. Ada juga nama Utari Ayu Hariani yang berarti anak perempuan yang selalu ceria. Ia seperti matahari dan bersikap adil kepada semua orang. Anda bisa memberinya nama Gita atau Utari.

5. Sekar Ayu Nismara

Apa yang anda pikirkan tentang nama Sekar? Tentu nuansa Jawa kental sekali pada nama ini. Sekar memiliki arti bunga. Nama ini juga bisa dirangkai menjadi Sekar Ayu Nismara yang berarti anak perempuan yang cantik seperti bunga dan juga penuh dengan ketenangan. Belum lagi anda bisa merangkai nama Hardianti Sekar Armina yang berarti anak cantik yang berhati mulia. Ia memiliki derajat yang tinggi.

6. Indira Anarawati Anindya

Anarawati dalam bahasa Jawa memiliki arti berpendirian kuat. Anda bisa menggunakannya sebagai nama panggilan indah yakni Nara. Sementara rangkaian nama Indira Anarawati Anindya memiliki arti anak perempuan yang pantang menyerah. Ia selalu adil dan juga sempurna. Ada juga naam Anarawati Daniswara yang berarti anak perempuan yang gigih dan berpendirian kuat. Ia selalu berperilaku mulia.

7. Isyana Jayanti

Nama Isyana akan mengingatkan kita pada nama penyanyi Indonesia yang bersuara merdu yakni Isyana Sarasvati. Nama Isyana memiliki arti sosok perempuan yang tangguh. Nama yang juga merupakan diansti yang berkuasa di Jawa Timur. Isyana Jayanti memiliki arti pemimpin perempuan tangguh dan indah seperti sekuntum bunga. Ada juga nama Isyana Tyas Indraswari yang berarti anak perempuan tangguh yang selalu gembira. Ia memiliki hati suci dan baik.

8. Kana Maharani Gayatri

Gayatri memiliki arti arti cerdas dan sejahtera. Sementara nama Kana Maharani Gayatri sendiri memiliki arti anak yang cantik seperti bunga dan juga sosok pemimpin yang cerdas. Anda bisa menggunakan rangkaian Gayatri lainnya yakni Ananta Gayatri Rumi. Arti dari nama tersebut adalah seorang pemimpin yang cerdas dan memiliki wajah yang cantik.

9. Kirana Diajeng Ardani

Rangkaian nama bayi perempuan Jawa ini paling indah yang bisa anda gunakan. Kirana Diajeng Ardani yang berarti putri bangsawan yang suci dan hidupnya bersinar seperti cahaya yang begitu benderang. Diajeng sendiri memiliki arti putri bangsawan. Anda bisa menggunakan rangkaian nama lainnya yakni Diajeng Sekar Ayu yang artinya anak cantik seperti putri bangsawan.

10. Rahayu Ranti Anjani

Dari nama ini anda bisa memanggilnya Anjani. Nama yang memiliki makna selalu bersikap tekun. Nama yang kelak bisa anda berikan kepada si buah hati. Nama ini juga muncul dalam tokoh pewayangan yang bernama Dewi Anjani. Sementara nama Rahayu Ranti Anjani sendiri berarti anak perempuan yang selalu berperilaku baik. Ia tekun dan cantik seperti bunga.

11. Danastri Kenes Sartika

Kenes memiliki arti lincah dan menawan. Nama ini khas Jawa yang bisa dirangkai menjadi Danastri Kenes Sartika dengan arti anak cantik seperti bidadari. Ia lincah dan juga selalu mendamaikan sekitar. Sementara nama Kenes Ayu Kirana, artinya adalah anak perempuan lincah tetapi tetap berparas cantik dan juga berhati lembut. Anda bisa memberinya nama panggilan Astri atau Tika.

12. Basagita Estu Primaningtyas

Nama Basagita Estu Primaningtyas ini memiliki arti anak yang bertutur kata indah. Ia bersungguh-sungguh dan merupakan pribadi unggul. Masing-masing kata dari nama tersebut memiliki nuansa Jawa yang khas. Anda bisa memberinya nama panggilan Estu atau Gita yang berarti suara atau nyanyian.

13. Cantya Lova Nastiti

Rangkaian nama ini terdengar unik dan modern. Nama Cantya Lova Nastiti memiliki arti anak yang kelak bahagia, tenang dan juga teliti. Dari nama ini anda bisa memberinya nama panggilan khas Jawa yakni Nastiti. Bisa juga menggunakan nama Cantya atau Lova jika ingin terkesan lebih kekinian.

14. Kana Maharani Anantavirya

Nama Kana dan juga Maharani merupakan gambaran nama bunga dan juga seorang permaisuri. Kelak, dengan nama ini ia bisa tumbuh menjadi seorang wanita yang anggun dan layaknya permaisuri. Anda juga bisa menggunakan nama Kana atau Rani sebagai nama panggilan untuknya.

Menemukan nama bayi perempuan Jawa tidaklah sulit. Apalagi di Indonesia sendiri mayoritas masyarakatnya adalah dari Jawa yang memiliki nama-nama khas. Temukan arti nama terbaik versi anda.