Mindset

Hai Pembeli Jangan Tertipu Dengan Status Gold Merchant Tokopedia, Ini Faktanya!

detiklife.com – Bagi Anda yang hobi belanja kemungkinan besar pasti tahu yang namanya tokopedia. Sebagai salah satu situs belanja online, tokopedia mulai mengibarkan benderanya secara resmi ke publik sejak Agustus tahun 2009.

Disana Anda bisa mencari ribuan kategori produk yang dijual oleh penjual di seluruh Indonesia. Saat berada di halaman pencarian barang, tentunya Anda sebagai pengguna atau pencari barang di tokopedia akan mengenali gambar dibawah ini.

gambar halaman pencarian tokopedia

sumber: tokopedia

Pada gambar diatas Anda bisa melihat logo bulat warna emas yang menambah cantik tampilan toko dimata pengunjung. Jika diperbesar gambarnya tampak seperti ini.

logo gold merchant tokopedia

sumber: tokopedia

Itulah logo Gold Merchant. Gold Merchant jika diterjemahkan di google translate artinya penjual emas. Tapi maksudnya bukan secara harfiah tokonya menjual emas. Mungkin itu bisa diartikan sebagai toko prioritas, toko premium, atau toko berkualitas.

Saat melihat logo tersebut, dari pengalaman pribadi, muncullah persepsi positif atas kualitas atau kredibilitas toko. Persepsi positif ini mendorong saya untuk hanya membeli di toko yang memiliki logo bulatan emas tersebut.

Pertanyaannya apakah status Gold Merchant berkorelasi dengan kredibilitas/kualitas toko?

Jawabannya: TIDAK

Apa itu gold merchant tokopedia? Gold Merchant Tokopedia adalah layanan atau fitur berbayar yang memberikan kelebihan atau keunggulan utamanya bagi penjual atau pemilik toko. Jadi gold merchant bukan diberikan karena prestasi toko melainkan dibeli oleh toko. Keterangan lengkapnya bisa dibaca disini.

Apakah ada pengaruh status toko atau penjual dengan kategori gold merchant bagi keuntungan pembeli? Pertanyaan ini tentunya akan lebih jelas terjawab dengan menyebutkan apa saja keuntungan gold merchant tokopedia.

Tabel dibawah ini menjelaskan keuntungan menjadi gold merchant tokopedia dari sisi penjual dan pembeli.

Fitur Gold Merchant TokopediaBenefit/Value
PenjualPembeli
1.Statistik Tokox
2.Pemberian Cashback✓*
3.Cover Tampilan Tokox
4.Gratis 1 slot Admin Tokox
5.TopAds (iklan)x
6.Gold Ticket (penyelesaian masalah)
7.Laporan Penjualx
8.Pengaturan kurs otomatisx
9.Gold Badgex

Poin no 2 diatas (bertanda bintang) walaupun memberikan keuntungan bagi pembeli namun perlu dipelajari lebih lanjut. Hal ini disebabkan Pemberian Cashback terkait dengan fitur saldo tokopedia. Untuk syarat dan ketentuan mengenai saldo tokopedia bisa dibaca disini. Silahkan diklik juga sebagai informasi pembanding tentang pengalaman pembeli top up saldo tokopedia.

Pembeli cerdas tentunya tidak membuat asumsi tanpa terlebih dahulu menyelidiki lebih jauh tentang fakta. Apakah Anda pembeli yang cerdas? Bantulah teman, rekan dan keluarga Anda untuk menjadi pembeli yang cerdas dengan men-share artikel ini.

To top