Blogging Mengelola VPS

Apa itu VPS? Ini Pengertian Dan Penjelasannya

detiklife.com – Apa itu VPS? Pengertian Virtual Private Server atau VPS adalah sebuah layanan mesin virtual (virtual machine) yang bertindak sebagai server sebuah situs yang dijual oleh perusahaan hosting internet/web hosting. Mesin virtual itu sendiri adalah sistem yang mempunyai karakter dan fungsi yang sama seperti sebuah komputer fisik. Secara sederhana, pengertian VPS adalah sekumpulan komputer mandiri yang berada didalam sebuah komputer fisik, dimana kumpulan komputer (virtual machine) tersebut bersama-sama menggunakan/membagi sumber daya yang sama.

Munculnya layanan VPS sebagai sebuah pilihan dalam mengelola situs atau website, didorong atas kebutuhan dari pemilik atau pengelola website yang ingin memiliki sistem yang independent/mandiri dengan biaya yang lebih terjangkau.

perbandingan harga dan fitur vps

VPS adalah sebuah pilihan terbaik dan efisien bagi pemilik situs ketika disatu sisi biaya shared hosting sudah terlalu mahal (berkaitan dengan daya tampung visitor) dan di sisi lain menyewa sebuah fisik server (dedicated server) adalah pilihan yang tidak terjangkau atau over specification untuk situs yang belum terlalu ramai pengunjung.

Sebagai perbandingan, harga sewa VPS biasanya dimulai dari kisaran 5 dollar AS per bulan. Untuk dedicated server harga dikisaran $ 99/bln. Sedangkan shared hosting dijual mulai dari harga Rp 10.000/bulan dan bahkan banyak yang menyediakan paket sewa dibawah harga tersebut.

Mana layanan yang sesuai (kencang dan hemat) bagi situs Anda? Sebuah prinsip sederhana dalam memilih antara layanan shared hosting dan VPS: jika situs Anda masih berjalan baik (tidak sering down) menggunakan shared hosting dengan biaya dibawah 60.000/bulan, maka Anda belum perlu menggunakan VPS.

Jika membandingkan value/nilai manfaat antara shared hosting dan VPS, dari pengalaman, VPS akan meningkatkan efisiensi uang Anda antara 2-3 kali lipat bahkan lebih. Pastinya memilih virtual privat server adalah solusi hemat biaya dalam pengelolaan server.

vps infographic

Tiap-tiap layanan punya keunggulannya masing-masing. Semua kembali kepada kebutuhan dan anggaran si pengelola website.

VPS itu sendiri terdiri dari 2 kelas layanan yaitu managed VPS dan unmanaged VPS. Managed VPS mirip dengan shared hosting dalam arti ada yang mengelola server dan unmanaged VPS punya kecenderungan ke arah dedicated server dimana pengelolaan, setting, konfigurasi dilakukan sendiri oleh pemilik website.

Karena unmanaged VPS menuntut pengelola website untuk belajar lebih lanjut tentang mensetting server, maka secara jangka panjang hal tersebut akan membantu ketika hendak melangkah pada step berikutnya yaitu dedicated server.

gambar siklus penggunaan hosting blogger

Jika Anda tidak tahu bagaimana mengelola dan membuat VPS, jangan khawatir, ada banyak tutorial di internet tentang instalasi dan settingannya. Ada baiknya sebelum serius terjun menggunakan VPS Anda belajar terlebih dahulu tentang bagaimana cara kerja VPS menggunakan fasilitas VPS gratis supaya tidak ada biaya yang keluar percuma.

Jangan segan dan ragu untuk memakai VPS. Apalagi jika situs Anda adalah situs yang mempunyai pertumbuhan jumlah traffic pengunjung yang tinggi. Suatu saat Anda pasti akan membutuhkan VPS atau bahkan dedicated server untuk menampung dan melayani banyaknya visitor yang datang tiap detiknya.

To top