Blogging Cara Mengatasi Situs Yang Tidak Bisa Klik Kanan

Cara Mengatasi Situs Tidak Bisa Klik Kanan Tanpa JavaScript

detiklife.com – Mematikan fungsi klik kanan mouse atau touch pad laptop adalah salah satu cara yang digunakan pemilik website untuk melindungi konten supaya tidak disalin. Karena tidak bisa di klik kanan, maka fungsi yang terdapat didalamnya seperti copas, view page source dan inspect element tidak dapat dilakukan/disable.

Namun terkadang proteksi klik kanan ini menyulitkan pembaca yang membutuhkan untuk mencatat/copy-paste informasi yang diberikan dengan tepat dan akurat. Informasi tersebut dapat berupa: nama, alamat, tutorial, perintah pemrograman, dan lain sebagainya dimana kesalahan penulisan, kesalahan penggunaan huruf besar/kecil (case-sensitive) menjadi penentu benar atau salahnya sebuah input/data.

Untuk mengatasi dan mengaktifkan klik kanan pada website, hal yang umumnya dilakukan adalah men-disable javascript pada browser. Dibawah ini adalah panduan langkah cara menonaktifkan javascript di berbagai browser yang umumnya dipakai:

Mozilla Firefox: about:config > cari javascript.enabled > klik kanan Toggle (value: false)
Google Chrome: Settings > Show advanced settings > Privacy > Content Settings > Do Not Allow JavaScript > Done
Internet Explorer: Internet Options > Privacy > Active Scripting
SafariSetting > Preferences > Security > Uncheck Allow Java > Close window
Opera: > klik menu Opera (atas-kiri) > Settings > Websites > JavaScript > Do not allow run JavaScript

Kekurangan cara diatas adalah mengharuskan Anda untuk mengaktifkan kembali fungsi java script jika Anda telah selesai mengambil data dari sebuah situs. Alternatif solusi tanpa javascript yang ingin saya bagikan untuk bisa mengkopi data dari situs yang tidak bisa klik kanan adalah dengan menggunakan layanan dari www.browseo.net.

Anda tinggal menyalin alamat url situs yang ingin dicopas dan mempastekan pada kolom yang disediakan kemudian klik Browse. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar penjelasan dibawah ini.

solusi website tidak bisa klik kanan

Setelah halaman yang ingin dikopi paste tampil, Anda tinggal menyorot dan memindahkan data yang diperlukan. Selain bisa membuka proteksi klik kanan, Browseo.net memberikan layanan tentang bagaimana isi sebuah situs dari kacamata sudut pandang mesin pencari.

Disana Anda dapat mengetahui informasi tambahan mengenai deskripsi artikel, jenis link dan jenis heading yang digunakan. Heading (H1, H2, H3, dst) selain berfungsi untuk membesarkan huruf, juga berfungsi untuk memberikan informasi kepada mesin pencari tentang struktur suatu situs dari yang paling penting sampai ke yang kurang penting prioritasnya. Untuk link, kita bisa mengetahui dengan mudah mana saja jenis link yang bersifat link dofollow atau link nofollow suatu website.

Alternatif yang lain, ada cara yang sedikit repot dalam menyalin artikel (dan juga inspect element) di situs yang tidak bisa di klik kanan tanpa harus mengotak atik settingan javascript browser. Cara ini hanya bisa dilakukan jika situs tersebut terdapat lokasi yang menggunakan javascript. Wilayah javascript tersebut biasanya terdapat di area iklan atau ikon share sosial media.

cara inspect element jika tidak bisa di klik kanan

Caranya cukup mudah, Anda tinggal arahkan kursor mouse Anda ke area iklan kemudian klik kanan seperti gambar diatas. Lalu klik inspect element, kemudian arahkan mouse pada area yang ingin Anda salin.

Untuk mengcopy paste tulisan yang Anda butuhkan dapat dilakukan dengan mengklik kanan pada area tersebut. Area tersebut bisa berupa <p> (paragraf) atau <div> (division). Setelah itu tekan tombol Copy outerHTML atau Copy element seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini. Lalu pastekan di notepad.

cara inspect element website yang tidak bisa klik kanan

To top