Blogging Cara Cepat Mengatasi Penalti Google

Cara Cepat Mengatasi Penalty Google

detiklife.com – Jika hosting atau server Anda tidak ada masalah tapi traffic atau jumlah pengunjung Anda turun secara drastis mungkin hal ini disebabkan oleh penalti google. Salah satu cara untuk mengatasi dampak negatif dari google penalty tersebut adalah dengan mengganti IP address. Ini berarti Anda harus pindah provider jika menggunakan shared hosting atau menggunakan instalasi server baru jika menggunakan VPS dengan catatan Anda harus menggunakan settingan atau data sebelum terjadinya penalti dari google.

Bagi Anda ingin to the point dan tidak ada waktu membaca keseluruhan artikel ini, diatas adalah penjelasan singkat mengenai cara cepat untuk keluar dan melepaskan diri dari penalti google. Tapi jika Anda ingin memahami lebih jauh tentang sanksi google tersebut, teruslah membaca penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Penalty Google

Wikipedia mendefinisikan penalti google adalah dampak negatif atau menurunnya posisi rangking sebuah website dalam search engine yang berakibat pada penurunan jumlah pengunjung. Penalty ini disebabkan oleh adanya update algoritma google (Panda, Penguin, Hummbingbird, dll) dan atau manual review/manual action.

Apa Penyebab Diberikannya Sanksi Google

Blog Kissmetrics mengungkapkan ada 50 penyebab terjadinya penalti oleh google. Yang ingin saya tambahkan adalah penalty yang sempat saya alami beberapa tempo yang lalu akibat penggunaan google CSE.

Sanksi tersebut diakibatkan oleh penggunaan google custom search engine yang settingan hasil pencariannya diatur selain menampilkan website tersebut tapi juga menampilkan website lain dengan niche yang sama yang juga milik sendiri. Jika mengetahui dari awal ini adalah salah satu hal yang dapat terkena penalti oleh google, maka tentunya strategi ini tidak akan pernah digunakan.

Solusi Penalti Google

Cara yang digunakan untuk lepas dari hukuman penalti google adalah dengan mengganti IP address situs tersebut. Awalnya trik ini saya gunakan untuk menormalkan kembali statistik situs yang menurun drastis akibat penggantian themes, pengaturan ulang menu navigasi atau widget, atau karena sering bolak balik ganti ads network.

Oleh sebab itu sebelum Anda melakukan hal-hal diatas, ada baiknya untuk mem-backup semua data sebagai parasut penyelamat untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Dibawah ini adalah gambar statistik dari situs yang terkena penalti google.

gambar statistik terkena penalti google

Biasanya saya tidak menunggu untuk melakukan perbaikan. Tapi untuk memahami bagaimana dampak penalti google terhadap statistik jumlah kunjungan, akhirnya solusi tersebut baru saya terapkan dihari ke 4 tepat pukul 00.00 WIB.

Saya tidak menjamin semua penalti google bisa diselesaikan dengan mudah dengan menggunakan cara ini. Tapi setidaknya cara ini sudah teruji dan sudah terbukti oleh saya sendiri untuk menormalkan traffic akibat dari apa yang sudah saya jelaskan diatas.

Suka atau tidak suka, google mempunyai quality guidelines yang harus kita ikuti jika ingin selamat dari google penalty. Tapi kadang hal-hal tertentu adalah kasus unik, dibutuhkan pemahaman dan praktek untuk dapat memahami Google’s quality guidelines. Itulah kenapa disebut guidlines, ini adalah kebijakan/panduan bukan rules atau aturan mendetail mengenai apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan oleh pemilik website.

Kalau takut kotor, tidak akan belajar. Semoga cara mengatasi penalti google diatas bisa menjadi solusi ampuh bagi Anda yang sedang mengalami hal tersebut. Cara keluar google penalty diatas tidak bisa digunakan untuk situs yang mengalami deindex. Untuk mengecek atau mengetahui apakah terkena deindex atau tidak dengan cara mengetikkan site:namasitusanda.com pada kolom search google.

To top