3 Kebiasaan Ini Merupakan Ciri-ciri Orang Kreatif Mindset

3 Kebiasaan Ini Merupakan Ciri-ciri Orang Kreatif

detiklife.com – Adam Grant seorang penulis buku yang berjudul Originals yang juga berprofesi sebagai profesor di Wharton Business School, universitas yang beberapa alumninya menjadi orang yang berpengaruh seperti Donald Trump, Warren Buffett dan mantan wapres Boediono, mengemukakan bahwa orang-orang kreatif mempunyai karakter yang sulit dipercaya sebagai tanda yang dimiliki oleh ciri orang kreatif. Pada umumnya orang mengidentifikasi orang kreatif dari ciri-ciri: cara bepikir mereka yang berbeda, mereka adalah orang-orang yang percaya diri dan mereka konsisten terhadap pemikirannya.

Menurut Adam Grant ada 3 ciri yang tidak disangka dimiliki juga oleh pribadi yang kreatif.

Menunda-nunda

kurva ciri orang kreatif

sumber: Adam Grant

Ketika dihadapkan pada suatu tugas, orang kreatif cenderung untuk menunda pekerjaan. Mereka menunggu untuk mengerjakan sampai mendekati batas akhir / deadline pekerjaan tersebut. Pribadi yang kreatif berada diantara pribadi “panikan” dan pemalas.

Hasil survei kreatifitas

sumber: Adam Grant

Hal ini didasarkan pada hasil survei, dimana dalam survei tersebut para partisipan dibagi menjadi tiga kelompok dan diminta untuk menghasilkan sebuah ide bisnis baru. Ide bisnis tersebut nantinya dinilai oleh pihak independen dari sisi kegunaan dan kreatifitasnya. Dari hasil survei diketahui bahwa orang yang menunda pekerjaan selama 5 menit dengan bermain game terlebih dahulu, 16% lebih kreatif daripada kelompok yang langsung mengerjakan dan kelompok yang bermain game 10 menit lebih lama sebelum mulai mengerjakan.

gambar mona lisa

Taukah Anda bahwa lukisan Mona Lisa selesai dikerjakan oleh Leonardo da Vinci selama 16 tahun?
sumber: everyvowel.com

Takut dan Ragu
Walaupun terlihat percaya diri, orang kreatif juga dipenuhi dengan keraguan dan ketakutan. Berkaitan dengan kreatifitas, ada dua jenis keragu-raguan yaitu: ragu terhadap diri sendiri dan ragu terhadap ide. Ragu terhadap diri sendiri melemahkan, membuat kita berhenti dan menyerah. Ragu terhadap ide memberikan semangat, memotivasi untuk bereksperimen dan memperbaiki.

gambar proses kreatif

sumber: ted.com

Orang kreatif takut gagal tapi lebih takut jika tidak mencoba. Orang-orang kreatif tahu bahwa penyesalan bukan disebabkan karena tindakan mereka, melainkan timbul karena tidak adanya tindakan. Sebagai contoh, bisnis yang gagal adalah bisnis yang bangkrut atau bisnis yang tidak pernah direalisasikan.

Banyak Menghasilkan Ide Buruk

grafik maha karya komposer klasik

sumber: Aaron Kozbelt

Orang kreatif tidak takut penilaian negatif akibat ide buruk yang mereka ciptakan. Orang kreatif adalah orang yang paling banyak mencoba, dan oleh karenanya sudah pasti sebanding dengan banyaknya jumlah kegagalan. Hal ini sejalan dengan masterpiece yang dihasilkan oleh para komposer musik kalsik. Bach, Beethoven dan Mozart menghasilkan ratusan komposisi musik dimana beberapa diantaranya menjadi maha karya yang dikenang sepanjang masa.

boneka edison

sumber: washingtonpost.com

Contoh yang lain adalah Thomas Alfa Edison. Semua orang mengenalnya sebagai penemu bola lampu. Jarang orang tahu tentang karyanya (yang gagal) yaitu boneka bicara. Dengan wajah yang menakutkan, jangankan bagi anak-anak, orang dewasa pun takut.

KESIMPULAN

tingkat keberhasilan orang kreatif

sumber: ted.com

Kreatifitas merupakan lawan dari produktifitas. Orang kreatif tidak menerima begitu saja apa yang disodorkan, mereka berinisiatif untuk mencari pilihan yang lebih baik. Orang kreatif cenderung lambat untuk memulai.

Ide kreatif adalah ide yang berbeda dan lebih baik dari ide sebelumnya. Ide kreatif yang berhasil tidak selalu milik para pioner (First Movers). Itulah mengapa, walaupun bukan menjadi orang yang pertama, tingkat keberhasilan para penyempurna ide (Improvers) lebih tinggi daripada para pencipta ide/pioner. Lalu pertanyaannya adalah apakah Anda memiliki ciri-ciri orang kreatif seperti yang sudah disebutkan diatas?

To top