Bisnis Kunci Utama Sukses Bisnis Startup

Kunci Utama Sukses Bisnis Startup

Dari semua faktor yang menentukan kesuksesan bisnis startup, ada satu faktor utama yang menurut Bill Gross adalah faktor penentu suksesnya sebuah startup bisnis.

Bill Gross adalah pendiri Idealab, sebuah perusahaan yang memfokuskan pada membantu dan mengembangkan bisnis ide-ide baru. Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang didirikan berkat bantuan Idealab.

daftar perusahaan Idealab

sumber: Bill Gross

Pengertian Bisnis Startup

Bisnis startup menurut CEO Warby Parker, adalah perusahaan yang berdiri untuk memecahkan masalah, dimana solusinya tidak jelas dan kesuksesannya tidak terjamin.

Menurut forbes.com, startup adalah perusahaan berpendapatan kurang dari 20 juta dollar pertahun, memiliki kurang dari 80 karyawan, dan Anda masih sebagai pemegang kontrol di perusahaan tersebut.

Lain lagi menurut Paul Graham. Menurutnya bisnis startup adalah sebuah perusahaan yang berkembang dengan sangat cepat yang tidak dibatasi oleh batas geografi. Geografi inilah yang membedakan startup business dan small business.

Faktor Penentu Suksesnya Sebuah Startup

Dengan pengalamannya selama 20 tahun menjalankan Idealab, Bill Gross mengalami banyak kegagalan dan kesuksesan. Dari pengalaman tersebut dia mencoba untuk merumuskan kunci kesuksesan bisnis startup. Ada 5 faktor yang Ia simpulkan yang merupakan faktor utama dari sekian banyak faktor penentu keberhasilan bisnis startup.

#1 Ide (Idea)
#2 Kerjasama Tim (Team Excecution)
#3 Model Bisnis (Business Model)
#4 Permodalan (Funding)
#5 Waktu Pelaksanaan (Timming)

Berdasarkan faktor diatas, Dia secara hati-hati mencoba untuk melihat pengaruh faktor tersebut terhadap 100 perusahaan yang didirikan oleh Idealab dan 100 perusahaan diluar Idealab.

Untuk memudahkan ilustrasi mengenai fakta mengejutkan tentang kunci utama sukses bisnis startup, Dia mengambil 5 perusahaan sukses dan 5 perusahaan gagal dari Idealab dan dari luar.

perusahaan yang gagal dan sukses Idealab

Sukses: Citysearch, CarsDirect, GoTo, NetZero, Tickets.com
Gagal: Z.com, Insider Pages, MyLife, Desktop Factory, Peoplelink
sumber: Bill Gross

perusahaan yang gagal dan sukses

Sukses: Airbnb, Instagram, Uber, Youtube, LinkedIn
Gagal: Webvan, Kozmo, Pets.com Flooz, Friendster
sumber: Bill Gross

Secara mengejutkan ternyata faktor waktu pelaksanaan atau timming mempunyai angka dominan sebesar 42%. Ide bukannya tidak penting, tapi bukan merupakan kunci utama sukses. Terkadang ide bernilai lebih penting ketika dilaksanakan diwaktu yang tepat.

waktu pelaksanaan adalah kunci sukses bisnis

sumber: Bill Gross

Tambahnya, model bisnis mempunyai peranan yang lebih rendah karena sebuah bisnis bisa berjalan tanpa model dan bisa dibuat dikemudian hari. Sama halnya dengan modal.

Airbnb pada awalnya banyak diremehkan oleh para investor karena banyak orang berpikir “mana mungkin orang akan menyewa ruangan di rumah orang yang tidak dikenal.” Pada pelaksanaannya ternyata Airbnb menuai kesuksesan, selain karena model bisnis, ide brilian, kerjasama tim yang baik, waktu eksekusi yang tepat menjadi penentu kesuksesan.

Perusahaan tersebut diluncurkan ketika resesi dimana semua orang sangat membutuhkan pendapatan tambahan dan mungkin karena resesi tersebut permasalahan keengganan untuk menyewakan kepada orang asing bisa dikesampingkan.

Sama halnya dengan Uber. Perusahaan dengan model bisnis yang bagus, eksekusi yang mantap, dengan waktu pelaksanaan yang sempurna. Para supir dan pemilik kendaraan sangat membutuhkan tambahan income.

Timing yang buruk adalah faktor utama kegagalan Z.com, sebuah perusahaan entertainment online. Dengan modal yang cukup, model bisnis yang bagus, bahkan beberapa artis besar hollywood turut bergabung didalamnya. Permasalahannya adalah tahun 1999 – 2000 penetrasi internet belum meluas. Pada saat itu sangat sulit untuk bisa mempertunjukkan konten video secara online. Anda harus menginstall “codex” pada browser dan teknis lainnya sehingga akhirnya pada tahun 2003 Z.com mengalami kebangkrutan.

Dua tahun kemudian, ketika permasalahan “codex” dipecahkan oleh Adobe Flash dan penetrasi internet di Amerika sudah diatas 50%, Youtube dilahirkan pada waktu yang sangat tepat. Ide yang diusung Youtube bagus, tapi waktu peluncurannya luar biasa bagus. Faktanya pada saat diluncurkan, Youtube bahkan tidak mempunyai model bisnis.

kesimpulan sukses bisnis startup

sumber: Bill Gross

Ide memang sangat penting, tim pelaksananya juga sangat penting, tapi penentuan kapan waktu peluncurannya sangat sangat penting. Cara terbaik untuk melihat waktu terbaik dalam me-launching bisnis adalah dengan melihat kesiapan konsumen mengenai apa yang Anda tawarkan. Jika terlalu cepat diluncurkan, kita harus mengedukasi konsumen (termasuk menyediakan tools jika diperlukan) dan jika terlambat dieksekusi maka persaingan akan memberatkan langkah perusahaan.

To top