Wisdom

Pelajaran Berharga Permainan Monopoli

detiklife.com – Ada pelajaran berharga dari permainan Monopoli yang bisa kita petik. Sebuah ajaran bijak yang sederhana namun jarang dan bahkan tidak pernah kita pedulikan. Kesenangan, keseruan, strategi dan suasana kompetisi dalam memainkan permainan tersebut terlalu mendominasi sehingga sebuah mutiara dari pemahaman yang universal dalam kehidupan menjadi hal yang biasa dan tidak terpikir untuk direnungkan.

Bagi mereka yang sudah pernah memainkan games Monopoli paham bahwa prinsip untuk menang dalam permainan Monopoli adalah prinsip yang sama untuk survive dan menang dalam perjalanan kehidupan. Inti dari bermain Monopoli adalah untuk menguasai dan memiliki. Sebisa mungkin kita memiliki semua yang ada di atas papan permainan dan menjadi penguasa dari permainan tersebut.

gambar jalan tanpa ujung

sumber: publicdomainpictures.net

Tidak semua orang bisa menjadi juara dalam permainan ini. Dibutuhkan pengertian dan pemahaman tentang bagaimana aturan dan cara memainkan permainan ini. Kehidupan pun menuntut kita untuk mengikuti aturan dan cara bermain. Oleh karenanya, banyak orang yang ingin menjadi juara berusaha untuk menemukan cara, tips, strategi untuk meloloskan diri dan memuluskan langkah mereka ke puncak kemenangan. Semua itu dilakukan karena mereka merasa perlu untuk memahami bagaimana sistem kerja permainan ini.

Hal tersebut serupa dengan apa yang terjadi di dunia. Setiap hari kita terus bergerak agar seirama dengan langkah kehidupan. Tidak ada seorangpun yang mau tertinggal dan kalah dalam perlombaan hidup. Kita sebagai mahluk pembelajar terus memperbaiki dan menyempurnakan diri. Mereka yang berada di posisi kalah, akan terus mencoba dan berusaha untuk keluar dari kekalahan tersebut. Dan bagi mereka yang di posisi teratas terus berusaha untuk mempertahankan superioritas, dimana terkadang merasa perlu untuk menciptakan rintangan agar menyulitkan langkah para pemain lain.

Pada akhirnya semua pemain paham bahwa inti permainan adalah komitmen total terhadap sikap memiliki dan menguasai. Semua pemain paham bahwa uang dan benda yang kita miliki adalah ukuran yang harus dijaga. Bagi mereka yang benar-benar berkomitmen siap untuk membengkokkan aturan. Pemain yang berkomitmen inilah yang akan keluar sebagai pemenang. Mengusai semua uang dan kepemilikan pemain lain sampai tidak ada yang tersisa.

Tapi ada satu pelajaran penting yang selalu terlupakan..

Semuanya akan kembali ke dalam kotak.

Stasiun, perusahaan air, perusahaan listrik, rumah, hotel, semua kumpulan properti dan semua tumpukan uang tersebut akan kembali kedalam kotak. Semua itu bukan miliki Anda. Anda terikat dengan mereka hanya untuk sementara. Pemain datang, pemain pergi. Semua itu ada sebelum Anda bermain dan akan terus ada setelah Anda pergi.

Rumah, kendaraan, jabatan, ataupun tubuh Anda, apa yang Anda miliki, konsumsi dan sayangi akan diambil kembali kedalam kotak. Semua orang pasti akan kehilangan hal tersebut.

Tanyakan pertanyaan ini pada diri Anda sendiri, ketika Anda sudah menjabat diposisi tertinggi, ketika Anda sudah mendapatkan hal yang paling Anda inginkan, ketika Anda sudah membeli rumah impian, ketika posisi finansial Anda sudah aman, ketika Anda sudah berada dipuncak tertinggi gunung kesuksesan dan sudah tidak ada hal yang dapat memuaskan Anda lagi, lalu bagaimana …

Berapa jauh jalan yang perlu Anda tempuh hanya untuk melihat kemana ujung jalan ini berakhir? Pada akhirnya Anda akan mengerti, tidak akan pernah ada kata cukup.

Sudah saatnya Anda bertanya pada diri Anda sendiri, apa yang benar-benar bernilai, apa yang benar-benar penting bagi hidup Anda.

To top