Mindset

Strategi Memenangkan Permainan Monopoli

detiklife.com – Setelah menjelaskan tentang asal usul permainan Monopoli, kali ini kami akan membahas strategi jitu bermain Monopoli. Artikel ini berisi tips yang akan membimbing anda untuk memilih lokasi properti yang strategis, menentukan dimana dan kapan waktu yang tepat untuk membangun rumah atau hotel. Selain itu juga kami sertakan beberapa cara cepat yang bisa Anda pertimbangkan agar menang dalam permainan Monopoli. Sebisa mungkin pada setiap penjelasan kami lengkapi gambar untuk memudahkan pemahaman Anda mengenai permainan monopoli ini.

Data, Statistik dan Peraturan Monopoli

  • Monopoli adalah kondisi dimana seorang pemain memiliki 1 set warna/kompleks.

gambar kemungkinan jumlah angka dadu

sumber: Dan Brown Youtube Channel

  • Kemungkinan jumlah dadu 7 (tujuh) lebih banyak keluar daripada kemungkinan jumlah angka lainnya (dari jumlah dadu 2 sampai 12).

Prosentase kemungkinan jumlah dadu 7 = 16.7%
Prosentase kemungkinan jumlah dadu 6 dan 8 = 13.9%
Total kemungkinan jumlah dadu 6, 7, 8 adalah 44.5%. Pemahaman ini sangat baik digunakan untuk membeli lokasi properti yang strategis yang berkemungkinan besar akan dikunjungi oleh para pemain lain.

  • 3 kali melempar dadu angka sama, masuk penjara.

gambar kemungkinan besar masuk penjara

sumber: Dan Brown Youtube Channel

  • Penjara adalah lokasi yang paling sering dikunjungi, apakah itu disebabkan oleh kartu Kesempatan dan Dana Umum, tepat berhenti di lokasi “masuk penjara” atau disebabkan 3 kali lemparan menghasilkan angka yang sama.
  • Anda baru bisa membangun rumah kemudian menggantinya dengan hotel jika telah memiliki 1 set warna/kompleks.
  • Ada 32 rumah and 12 hotel. Jumlah rumah dan hotel yang dibangun disetiap lokasi properti harus sama.

gambar papan permainan monopoli

sumber: Business Insider Youtube Channel

  • Ada 22 lokasi properti yang terbagi dalam 8 kelompok warna/kompeks. Setiap kompleks terdiri dari 2-3 lokasi.
  • Dari tumpukan 16 kartu “KESEMPATAN” (dalam edisi bahasa inggris dinamai “Chance”) berisi:
    10 berisi perpindahan posisi
    2 kartu yang menghadiahi Anda uang
    2 penalty/denda yang harus Anda bayar
    1 kartu mengambil uang dari pemilik rumah atau hotel
    1 kartu bebas penjara
  • Dari tumpukan 16 kartu “DANA UMUM” (dalam edisi bahasa inggris dinamai “Community Chest”) berisi:
    9 kartu menghadiahi Anda uang
    3 kartu mengambil uang Anda
    2 kartu perpindahan posisi (Penjara dan Go/Start)
    1 kartu mengambil uang dari pemilik rumah atau hotel
    1 kartu bebas penjara
  • Ada 4 stasiun dimana semakin banyak jumlah stasiun yang dimiliki maka semakin tinggi biaya sewa sehingga semakin tinggi kemungkinan pendapatan sewa perputaran. Berikut perhitungan biaya sewa dalam Monopoli versi Amerika:
    1 stasiun @ $25 = $25
    2 stasiun @ $50 = $100
    3 stasiun @ $100 = $300
    4 stasiun @ $200 = $800
    Artinya jika pemain lawan yang sial dan dalam satu putaran mampir di 4 stasiun yang Anda miliki maka pihak lawan akan mengeluarkan uang $ 800.
  • Untuk kelompok utility yaitu air dan listrik, jika hanya memiliki salah satu dikenakan biaya sewa sebesar “4 x jumlah dadu x harga sewa”. Jika memiliki keduanya dikenakan biaya sewa sebesar “10 x jumlah dadu x harga sewa”. Dalam edisi Monopoli Italia, biaya sewa dibuat tetap yaitu $20 jika memiliki satu dan $ 100 jika memiliki keduanya.
  • Ketika selesai satu putaran, setiap pemain dihadiahi uang gaji oleh bank yang tentunya menambah suplai uang (inflasi) dalam permainan. Secara rata-rata 2% per putaran. Setelah 15 putaran turun menjadi 1,5%. Pada putaran ke 50 turun menjadi 1%. Pemahaman ini sangat baik untuk digunakan ketika akan menjual atau membeli properti.

Strategi Menang Tahap Awal

– Beli semua properti yang mampu Anda beli, termasuk utility (air dan listrik) dan stasiun. Jangan menunda membeli dan menabung sampai uang Anda cukup.
– Jika Anda kekurangan uang untuk membeli properti, gadaikan properti yang belum monopoli. Karena lokasi yang sedang digadai tidak akan memberikan income dan jika Anda menggadaikan properti yang sudah monopoli maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan uang yang lebih banyak dari sewa yang lebih tinggi.
– Cadangkan uang untuk membayar sewa, pajak dengan jumlah yang terbatas.
– Jika masuk penjara, segera bayar denda. Putaran awal sangat menentukan dalam penguasaan properti.
– Jika terjadi pelelangan properti, beli dengan harga yang wajar (bila perlu sedikit diatas) dan jangan terpancing penawaran lawan untuk membeli dengan harga jauh diatas normal.
– Kesempatan dan Dana Umum adalah lokasi favorit untuk menambah dana dan kesempatan membeli properti yang dikarenakan harus menuju lokasi tertentu.
– Beli properti dilokasi setelah penjara karena berkemungkinan besar untuk dikunjungi pemain lawan.

prosentase kemungkinan kunjungan di tiap lokasi properti

sumber: Business Insider Youtube Channel

Tujuan yang ingin dicapai pada tahap awal adalah memiliki sebanyak mungkin properti dengan alokasi dana yang seefektif mungkin dilokasi yang strategis. Ini yang nantinya akan meyelamatkan Anda pada putaran berikutnya. Sikap berhati-hati dan menunggu hanya memberi sedikit keuntungan.

Strategi Menang Babak Pertengahan

Pada tahap ini sebagian besar properti sudah dibeli.

– Gunakan strategi tukar guling kepada lawan yang membutuhkan agar bisa monopoli. Dengan demikian, Anda berdua mempunyai posisi yang kuat untuk membangkrutkan peserta lainnya.
– Jika Anda sudah bisa membangun rumah, alokasikan maksimal 3 rumah dan jangan dulu diupgrade menjadi hotel terutama jika dana terbatas.
– Sebisa mungkin Anda memonopoli rumah karena jumlahnya hanya 32 buah dan cara ini juga akan mematikan pembangunan hotel karena hotel baru bisa dibangun jika sudah memiliki 4 rumah.
– Bangunlah rumah pada lokasi yang berkemungkinan tinggi untuk dikunjungi.
– Hati-hati terhadap “biaya besar” dari Kesempatan dan Dana Umum. Karena ini bisa langsung membangkrutkan Anda. Jika memungkinkan tunggu kartu pajak properti dan perbaikan rumah keluar terlebih dahulu baru kemudian maksimalkan membeli rumah.
– Jika Anda tidak beruntung mendapatkan lokasi yang premium seperti gambar diatas, maksimalkan penempatan 3 atau 4 rumah dilokasi yang Anda miliki. Hal ini bisa mencegah biaya sewa tinggi dilokasi-lokasi lawan yang premium. Jangan upgrade ke hotel karena Anda harus melepaskan rumah sehingga rumah tersebut bisa dibeli oleh pemain lain.

Strategi Jitu Dibabak Akhir

persentase balik modal

sumber: Business Insider Youtube Channel

– Seorang blogger, Truman Collins, membuat perhitungan pengembalian modal paling cepat dalam permainan Monopoli. Baris merah diatas adalah pilihan yang sebaiknya diambil jika ingin balik modal dengan cepat.
– Jangan buru-buru keluar penjara. Penjara adalah tempat yang paling aman jika sebagian besar wilayah sudah terisi dengan rumah atau hotel. Anda masih bisa tetap mendapatkan uang sewa walaupun posisi masih dipenjara

Dead Lock

Jika para pemain saling mencegah monopoli dan saling tidak ingin menjual/tukar guling lokasi propertinya, pertimbangkan untuk menyudahi permainan tersebut dengan hasil seri dan memulai permainan yang baru.

Kesimpulan

lokasi paling strategi

sumber: Dan Brown Youtube Channel

1. Memiliki monopoli properti dilokasi oranye dan merah akan meningkatkan kemungkinan Anda untuk memenangkan permainan dibandingkan lawan. Khususnya lokasi properti oranye yang berjarak 6 – 9 langkah dari penjara.

2. Kita menjadi pemenang ketika pemain lain bangkrut, tujuan permainan Monopoli bukan untuk menjadi pemain paling kaya.

3. Semakin lama capital akan terakumulasi ke pemain lain yang memiliki kekuatan asset yang lebih kuat.

4. Memiliki monopoli dengan isi 3 rumah jauh lebih menguntungkan daripada memiliki banyak properti singel (dari tiap blok warna hanya memiliki satu atau dua lokasi) yang biaya sewanya murah.

5. Uang dihasilkan saat Anda telah memiliki properti, bukan sebelumnya. Jangan khawatir menghabiskan uang untuk membeli properti.

6. Beli properti yang diincar oleh lawan, selain ini adalah cara untuk mencegah monopoli lawan, hal ini akan menaikkan posisi tawar Anda dibabak berikutnya karena bisa jadi Anda butuh lokasi tertentu dari lawan agar bisa monopoli.

7. Sebelum Anda membuat kesepakatan jual/beli atau tukar guling, pertimbangkan apakah persetujuan itu akan menguntungkan Anda dan bisa membangkrutkan lawan diputaran berikutnya.

8. Belilah properti yang strategis dan harus disinggahi dalam kartu Kesempatan seperti gambar dibawah ini.

gambar lokasi kesempatan strategis

sumber: Dan Brown Youtube Channel

To top