Kumpulan Fakta Tentang Pancake

detiklife.com – Kumpulan Fakta Tentang Pancake. Pancake atau kue panekuk dikenal sebagai makanan ringan untuk sarapan para keluarga modern, sebenarnya kue pancake ini sudah terkenal eksistensinya dalam waktu yang cukup lama. Pancake adalah adonan cair yang bisa dibuat tipis seperti bentuk dadar atau agak tebal seperti waffle atau dorayaki. Cairannya terdiri dari tepung, susu dan telur atau bisa juga ditambah dengan mentega cair.

Kumpulan Fakta Tentang Pancake

Sejarah Pancake

Sejarah pancake bahkan bermula dari kehidupan masyarakat Romawi kuno. Kue yang mempunyai ciri bulat dan gepeng ini awalnya bernama “Alita Dolcia” (makanan manis) yang terbuat dari bahan tepung, susu, dan bumbu. Bahan ini lalu dipanggang dengan wajan ceper. Oleh masyarakat Romawi, pancake disajikan dengan menambahkan madu atau sirup buah.

Dalam perkembangannya, pancake makin populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Pancake menjadi makanan khas warga Eropa Timur seperti di Mardi Gras. Di sana pancake dijadikan menu khas hari Shrove Tuesday atau Pancake Tuesday yang disajikan sehari sebelum hari Paskah tiba.

Makanan Universal

Pancake atau kue dadar yang dipanggang di atas pan (wajan ceper) memang umum dikenal di beberapa negara. Namun beda negara, berbeda pula cara penyajian kue dadar. Di Inggris, adonan pancake yang lebih cair dipanggang di atas pan yang sedikit miring. Pancake ala Inggris ini tipis seperti crepes dan tidak mengembang karena hanya pakai tepung terigu biasa. Berwarna pucat dan punya beberapa spot akibat gelembung yang muncul saat dipanggang.

Pancake Inggris yang dibuat dari bahan utama susu, telur, dan tepung terigu ini biasa dinikmati dengan siraman sirup lemon dan gula tepung, atau siraman golden syrup (sirup dari gula tebu) dan butter. Bisa pula dinikmati dengan isi bacon.

Pancake ala Perancis, baik galettes maupun crepes yang tipis dan garing, lebih banyak dinikmati dengan isian yang relatif banyak. Baik asin atau manis. Isian ini bisa berupa es krim, buah-buahan manis, bacon, hingga seafood.

Di Belanda, pancake atau panekoeken disantap dengan bahan isian seperti potongan apel, keju, bacon, manisan jahe, dan lainnya. Dapat pula ditambahkan sirup gula kental atau yang dikenal dengan nama stroop. Salah satu menu tradisional Belanda mengombinasikan pancake dengan bacon dan stroop.

Pancake Amerika sedikit berbeda dengan pancake Inggris karena menggunakan pengembang (baking powder) pada adonan pancake-nya sehingga penampilannya lebih tebal. Terkadang juga ditambahkan perasa, seperti gula, kayu manis, atau pala. Pancake ini biasanya dinikmati dengan topping sirup maple, butter, selai kacang, jeli, selai buah, atau madu. Di Amerika Selatan, pancake disajikan dengan sirup gula (cane syrup) dan molasses.

Tak terkecuali di Asia, masyarakat tradisional India mengenal makanan sejenis pancake yang disebut poori. Di China juga ada pancake yang dikenal dengan nama bao bing. Di Indonesia sendiri ada semacam pancake gurih yang diberi nama dadar gulung.

Penyajian Pancake Di Berbagai Negara

Keberagaman penyajian pancake ini juga termasuk pada saat penyajian dan pemanfaatannya dalam menu makanan. Pancake yang dikenal sebagai kudapan berbobot ini tak bisa dipukul rata sebagai makanan ringan atau selingan. Ada sejumlah masyarakat yang justru menjadikan pancake sebagai makanan berat atau utama.

Misalnya di Jerman, pancake lebih identik sebagai makanan pencuci mulut. Di Inggris, pancake biasa dijadikan makanan utama, mengingat pancake bukan hanya disajikan dengan rasa manis dan topping sirup, melainkan juga bisa diisi dengan bahan isian yang gurih.

Bila dikaitkan dengan kebiasaan, pancake juga memiliki perbedaan cara penyajiannya di masing-masing negara. Ada yang secara leluasa mengonsumsinya sebagai makanan selingan kapan saja. Ada pula yang menjadikannya menu sarapan pagi, seperti di Amerika. Pancake juga berlaku sebagai selingan sore, sekitar pukul 16.00, seperti di Skotlandia. Kemudian, ada pula yang menjadikan pancake menu makan malam, seperti di Belanda.

Kandungan Gizi Pancake

Informasi Gizi Pancake Tawar per 1 sedang

– Energi 360 kj, 86 kkal
– Lemak 3,69 g
– Lemak Jenuh 0,806 g
– Lemak tak Jenuh Ganda 1,69 g
– Lemak tak Jenuh Tunggal 0,94 g
– Kolesterol 22 mg
– Protein 2,43 g
– Karbohidrat 10,75 g
– Sodium 167 mg
– Kalium 50 mg

Ringkasan Gizi

Terdapat 86 kalori dalam (1) Pancake Tawar.

Rincian Kalori: 38% lemak, 50% karb, 12% protein.

Jika Anda masih membutuhkan informasi lainnya silahkan cek di artikel sebelumnya di Resep Pancake Enak Dan Praktis. Selain itu Kami juga menyediakan contoh resep makanan yang berkaitan dengan artikel ini yaitu Resep Pancake Durian Sedap Dan Nikmat. Semoga informasi seputar makanan puding ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

loading...

Satu pendapat pada “Kumpulan Fakta Tentang Pancake

*****