Kumpulan Fakta Tentang Donat

detiklife.com – Kumpulan Fakta Tentang Donat. Kue donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling sering kita jumpai umunya adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.

Donat sama sekali berbeda dengan bagel, mulai dari bahan adonan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan, walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama. Jika Anda masih membutuhkan informasi lainnya silahkan cek di artikel sebelumnya di Resep Donut Goreng Spesial. Selain itu Admin juga menyediakan contoh resep masakan yang berkaitan dengan artikel ini yaitu Resep Donat Kentang. Semoga informasi seputar kue donat ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Kumpulan Fakta Tentang Donat

Asal Usul Donat

Asal-usul donat sering menimbulkan perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga mempopulerkan makanan penutup lain, seperti: kue kering, pai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler).

Cerita versi lain menjelaskan donat berbentuk cincin diciptakan oleh kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Pada suatu perjalanan di laut, Kapten Gregory sedang mengendalikan kemudi di anjungan kapal, dan ketika ia baru mau memakan sepotong kue goreng, sebuah badai datang menerjang. Secara spontan, dia menancapkan kue yang sedang dipegangnya ke salah satu jari-jari roda kemudi.

Seusai badai reda, ia mengambil kembali kuenya yang masih tertancap, dan menyadari kini ada lubang di bagian tengahnya. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.

Asal Usul Kata Donat

Kue berbentuk bola-bola kecil bernama doughnuts atau olykoeks pertama kali disebut-sebut dalam buku History of New York oleh Washington Irving pada tahun 1809. Donat dalam ejaan tradisional bahasa Inggris disebut doughnut, sedangkan orang Amerika biasa menulis donat sebagai donut atau doughnut.

Istilah donut pertama kali digunakan di dalam artikel surat kabar Los Angeles Times 10 Agustus, 1929. Penulis bernama Bailey Millard dengan berkelakar menulis kalimat “can’t swallow the ‘wel-dun donut’ nor the ever so ‘gud bred’,” sebagai keluhan atas kemampuan mengeja di kalangan orang Amerika yang semakin menurun.

Penggunaan dua cara penulisan, donut atau doughnut ditemukan dalam serangkaian artikel surat kabar The New York Times tentang “National Donut Week” yang meliput World’s Fair tahun 1939. Dalam 4 artikel yang dimulai tanggal 9 Oktober 1939, ejaan “donut” muncul 2 kali.

Dunkin’ Donuts yang didirikan tahun 1940 dengan nama Open Kettle di Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat merupakan perusahaan tertua yang menulis donat sebagai “donut”, walaupun sebenarnya perusahaan Mayflower Donut Corporation yang didirikan setelah Perang Dunia II merupakan perusahaan pertama yang menulis donat sebagai “donut”.

Kandungan Gizi Donat

Dalam 100 gram Kue Donat mengandung:

– Energi sebesar 357 kilo kalori.

– Protein 9,4 gram.

– Karbohidrat 56,5 gram.

– Lemak 10,4 gram.

Riset atau penelitian kandungan gizi pada kue donat yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.

Advertisements

One response to “Kumpulan Fakta Tentang Donat

  1. Pingback: Resep Kue Nastar Lembut dan Empuk - detiklife.com·

Comments are closed.