Kumpulan Fakta Tentang Nasi Goreng

detiklife.com – Kumpulan Fakta Tentang Nasi Goreng. Nasi goreng adalah salah satu menu masakan yang paling populer di dunia. Di negara indonesia masakan yang satu ini sangat familiar. Resep masakan yang mudah dibuat dan lezat ini sudah menjadi menu makan kita sejak lama. Namun belum banyak yang tahu ternyata nasi goreng ini bukan berasal dari Indonesia. Jika masih belum puas anda bisa mengunjungi artikel lainnya di Resep Nasi Goreng Spesial atau diartikel sebelumnya yaitu Resep Nasi Goreng Seafood Spesial. Mari langsung saja kita simak fakta-fakta tentang nasi goreng berikut ini.

Kumpulan Fakta Tentang Nasi Goreng

Asal Usul Nasi Goreng

Nasi goreng ternyata berawal dari negeri Tiongkok atau Cina! Nasi goreng awalnya berasal dari daerah Yangzhou yang berada di provinsi Jiangsu, Cina Timur atau yang sekarang populer dengan sebutan nasi goreng Yang Chow. Nasi goreng awalnya bermula dari kebiasaan warga Tiongkok yang kurang suka memakan nasi putih sisa. Supaya nasi putih sisa bisa menjadi hidangan yang lezat, mereka mengolah kembali nasi putih sisa dengan cara menggorengnya dengan bawang, dan makanan-makanan sisa lainnya seperti daging ayam, babi, atau apapun yang bersisa dari hidangan mereka.

Nasi Goreng Adalah Makanan Bersejarah

Kepopuleran nasi goreng ternyata sudah berlangsung sejak lama. Nasi goreng ternyata sudah ada semenjak tahun 4000 sebelum masehi. Dan nasi goreng bisa tersebar ke seluruh duni berkat para pedagang Tiongkok yang memang tersebar keseluruh dunia. Nah berkaitan dengan fakta diatas, para pedagang ini kerap mengolah kembali nasi putih sisa dengan cara menggorengnya agar tetap lezat untuk dikonsumsi.

Nasi Goreng Adalah Makanan Multikultural

Berkat para pedagang Tiongkok di masa lalu, dan juga berbagai cara penyebaran lainnya di era modern, nasi goreng sekarang bisa kita temuin dimana-mana. Berbagai kultur dan negara punya versi nasi goreng mereka sendiri! Berbagai kultur dan negara punya versi nasi goreng mereka sendiri, sebut saja omu rice dari Jepang, pilaf dari Perancis, Kimchi Bokkeumbap dari Korea, paella dari Spanyol, dan masih banyak lagi!

Fakta Nasi Goreng Terhadap Kesehatan

Jika Anda yang ingin berdiet, mungkin nasi goreng bukanlah menu yang tepat. Karena kalori satu porsi nasi goreng itu lumayan banyak. Kita bisa lihat dari segi memasaknya, nasi goreng dimasak menggunakan mentega atau minyak, ditambah menu ekstra daging-dagingan untuk memperlengkap nasi goreng, dan nasi putih juga memang memiliki kalori yang banyak. Satu porsi nasi goreng dapat mencapai 637 kalori, sedangkan cheeseburger hanya memiliki 310 kalori, sungguh perbandingan yang berbeda jauh.

Hindari memakan nasi goreng dengan mentimun karena berbahaya! Selama ini Anda mungkin sering mengkonsumsi nasi goreng dengan timun, karena kandungan minyak yang ada di nasi goreng dapat di segarkan dengan timun. Namun ternyata hal ini sangat berbahaya sekali bagi kesehatan Anda, kandungan minyak yang sudah terpakai untuk memasak akan mengandung racun jika tercampur dengan getah atau air pada mentimun. Karena hal tersebut maka dapat menyebabkan radang pada tenggorokan dan mengakibatkan kanker tiroid. Namun beda lagi halnya jika Anda memasak nasi goreng sendiri, karena pastikan minyak yang digunakan tidak bekas memasak. Sebaiknya gunakan minyak baru agar terhindar dari bahaya ini.

Pernahkah Anda makan nasi goreng namun karena perut sudah kenyang jadi lebih baik disimpan dan memakannya kembali nanti? Sebaiknya hindari hal tersebut karena hal itu sangat membahayakan kesehatan Anda. Hampir semua makanan yang prosesnya digoreng mengandung Akrimalid, dimana akan berbahaya jika dibiarkan dan bereaksi pada kandungan nasi goreng. Jika sering menyimpan nasi goreng dan membiarkannya berjam-jam kemudian mengkonsumsi kembali dan dilakukan terus-menerus, maka akan menyebabkan penyakit kanker terutama kanker hati.

Advertisements