6 Tips Belanja Fashion Agar Kantong Tidak Bolong

detikLife – Sudah menjadi kebiasaan bahwa keinginan berbelanja saat awal bulan atau menjelang liburan akan meningkat. Hal ini bukan terjadi pada diri Anda saja, studi yang dilakukan oleh Forrester technology and market research company juga mengindikasikan hal yang sama bagi mayoritas orang pada umumnya. Hal ini didorong oleh banyaknya pusat perbelanjaan baru, promosi penjualan yang gencar dan kemudahan belanja salah satunya via internet.

Melihat banyaknya godaan lewat diskon, promo, dan iklan, Anda perlu membuat suatu strategi belanja yang efektif. Anda harus bisa menentukan prioritas, membuat alokasi pengeluaran, dan mendisiplinkan diri agar tidak boros dan impulsif saat belanja bulanan. Semuanya bertujuan untuk menghindari terjadinya kekurangan uang yang dapat mengawali jeratan lilitan hutang. Agar kegiatan berbelanja fashion Anda tepat sasaran, berikut ini adalah 6 tips belanja yang bisa menyelamatkan kesehatan keuangan Anda.

6 Tips Belanja Fashion Agar Kantong Tidak Bolong
1. Jangan malas mencoba
Jangan malas mencoba karena semata-mata sudah yakin pada ukuran yang tertera pada label. Tidak jarang sebuah label busana atau sepatu membuat standar ukuran yang berbeda dengan standar ukur yang biasa Anda pakai. Saat mencoba busana dengan ukuran yang sesuai perhatikan dengan seksama penampilan Anda di depan kaca (akan jauh lebih baik lagi jika di depan kaca 3 sisi). Lakukan gerakan-gerakan dasar, misalnya berjalan, mengangkat kaki, mengangkat tangan, duduk dengan menyilangkan kaki, dan sebagainya. Gunanya untuk mengetahui apakah busana tersebut nyaman dikenakan untuk aktivitas yang biasa Anda lakukan.

Untuk sepatu, kenakan dan berjalanlah seperti biasa untuk mengetes kenyamanannya. Untuk aksesori, cobalah pakai dan perhatikan ketika bercermin apakah sesuai dengan bentuk wajah, dan tidak menyakitkan ketika dipakai.

2. Jangan terikat model dan merek tertentu
Jika Anda menginginkan busana atau aksesori dari merek tertentu, dan ternyata ukuran atau warna yang diinginkan tidak tersedia, jangan langsung kecewa! Coba perhatikan rak lain, siapa tahu ada label lain yang mempunyai koleksi serupa dengan yang Anda inginkan.

Dengan membiasakan diri untuk tidak ‘terikat’ atau fanatik pada satu merek tertentu, Anda dapat lebih leluasa memilih koleksi baru. Juga jangan malas mencoba busana atau aksesori yang modelnya sedikit berbeda dengan yang Anda incar. Siapa tahu serasi juga untuk Anda.

3. Bersikap rasional!
Hal penting yang harus ditanamkan dalam benak Anda adalah membeli busana atau aksesori yang sesuai dengan bentuk tubuh yang diinginkan! Walaupun Anda berencana menurunkan atau menaikkan berat badan, jangan berpikir membeli sesuatu yang -mungkin- baru dapat dikenakan 3 bulan lagi. Yang harus dipikirkan adalah tampil semenarik mungkin sesuai bentuk tubuh yang dimiliki. Jika ternyata Anda sukses menurunkan atau menaikkan berat badan, bukankah Anda justru memperoleh kesempatan baru lagi untuk berbelanja.

4. Nyaman dan wearable
Jangan pernah membeli busana atau aksesori hanya karena teman Anda memilikinya, model terbaru yang sedang in, atau karena Anda menyukai warnanya. Belilah berdasarkan kenyamanan dan daya pakainya.

Percayakan naluri Anda. Jadi, walau sepasang sepatu bertumit stiletto sedang in, Anda tidak akan membelinya jika tahu kaki Anda tidak mampu bertahan berdiri lebih dari 30 menit dengan sepatu seperti itu. Buat apa membeli sesuatu yang kelak hanya akan ‘menyakitkan’, bukan?

Jika busana atau aksesori yang Anda pilih terasa nyaman apalagi jika yakin bahwa barang tersebut dapat dikenakan untuk berbagai kesempatan dan mudah dipadupadankan berarti Anda berada di jalur yang benar. Kunci penampilan prima adalah rasa nyaman, karena dari situlah rasa percaya diri tumbuh. Dengan memilih busana atau aksesori yang berdaya pakai tinggi, berarti Anda seorang smart shopper sejati yang enggan menghabiskan uang untuk sesuatu yang umurnya pendek dan hanya dapat dipakai pada kesempatan tertentu saja.

5. Be adventurous!
Beranikan diri untuk mencoba sesuatu yang beda, namun tak perlu ekstrem jika Anda tergolong orang yang berpenampilan klasik. Misalnya bagi Anda para wanita, Anda biasa memakai rok berpotongan A polos warna netral, sekarang cobalah untuk membeli rok berpotongan serong pastel bermotif bunga dengan aksen pita di pinggang. Pilihan ini bisa membuat penampilan Anda terlihat baru, namun tidak melenceng jauh dari gaya berbusana Anda yang sesungguhnya. Yang terpenting, pilihlah busana atau aksesori sesuai tren namun masih sesuai dengan pribadi dan gaya berbusana Anda.

6. Jika belanja sale
Siapa yang tak tergiur potongan harga? Apalagi jika yang di-sale adalah barang-barang dari merek favorit Anda. Harga sale memang bisa membuat Anda lebih hemat, tapi Anda berbelanja dengan impulsif biasanya malah menjadi boros. Karena, Anda akhirnya membeli bermacam-macam barang yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.
Manfaatkan sale merek terkenal berkualitas bagus untuk memperoleh barang yang tahan lama. Gunakan trik ini, terutama untuk membeli sepatu dan tas.

loading...