Sesuaikan Gaya Belanja Dgn Kartu Kredit Anda

detikLife – Cerdas dan bijak menggunakan kartu kredit diawali dengan mengerti terlebih dahulu syarat yang ditentukan penerbitnya. Sebelum Anda salah memilih kartu kredit, coba deh perhatikan karakter gaya berbelanja Anda. Tentukan profil Anda dan jenis kartu kredit yang sesuai. Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui bahkan sebelum memiliki kartu kredit yang berkaitan dengan gaya belanja Anda.

Gaya Belanja Kartu Kredit
• Bila Anda selalu membayar penuh tagihan setiap bulannya, pilihlah jenis kartu kredit yang menawarkan iuran tahunan gratis, karena Anda tidak terpengaruh oleh tingkat bunga yang tinggi.
• Sebaliknya, jika Anda jarang membayar penuh setiap bulannya, Anda butuh kartu kredit dengan tingkat bunga paling rendah.
• Kalau Anda selalu membayar penuh tagihan setiap bulannya, dan Anda memiliki rating kredit yang baik, pilihlah kartu gold atau platinum. Banyak jasa lain yang bisa Anda dapatkan dari kartu itu. Misalnya, asuransi kecelakaan saat melakukan traveling atau garansi lebih lama dari produk yang Anda beli.
• Jika Anda sering menggunakan kartu kredit untuk keperluan bisnis, dan perusahaanlah yang mengganti pengeluaran Anda, carilah yang menawarkan banyak ekstra. Seperti diskon untuk produk atau bonus frequent-flyer.

Berapa jumlah kartu kredit yang Anda miliki sampai sekarang? Bila Anda sedang berusaha keras mengurangi kebiasaan ‘menggesek’ kartu kredit, siapkan hanya satu kartu kredit di dompet Anda untuk sekedar berjaga-jaga bilamana terjadi kebutuhan yang urgent dan mendesak.

Advertisements