Tips Hemat Cerdas Bagi Perempuan

Spirit berhemat harus dilakukan secara bertahap. Apalagi pola hidup masing-masing orang berbeda. Hal terpenting, jangan melakukan perubahan secara drastis. Bagaimanapun, lebih baik menata ulang pengeluaran rumah tangga dan menjalankannya selangkah demi selangkah.

DULU, wanita selalu jadi konsumen terbesar dalam satu keluarga. Membeli makanan, merencanakan liburan, dan membayar tagihan. Sekarang, selain konsumtif, wanita juga dituntut untuk bisa berhemat. Supaya semua seimbang, simak tips-tips sukses berhemat bagi perempuan berikut. Berhemat tidaklah sulit, jika Anda tahu caranya.

Tips Hemat Cerdas
 Jangan memiliki kartu kredit lebih dari satu. Lebih baik membayar keperluan bulanan dengan uang tunai. Gunakan kartu kredit keperluan darurat saja.
 Bergantian membawa bekal makan siang, dengan beberapa teman. Cara ini bisa membantu Anda berhemat cukup banyak dan tidak bosan.
 Punya uang receh? Masukkan ke dalam celengan. Kalau rajin menabung, Anda bisa makan malam di restoran mewah, nonton, bahkan sisanya bisa untuk membeli sepatu.
 Manfaat fasilitas bank. Gunakan jasa pembayaran otomatis dari bank untuk tagihan-tagihan setiap bulannya. Kalau Anda lupa atau tak memegang uang tunai, tagihan tetap terbayar lunas.
 Bila ke pasar swalayan, bawalah daftar belanja. Cara ini mencegah Anda ‘lapar’ mata. Lalu, letakkan benda-benda yang tak terdapat dalam daftar, di bagian atas troli. Hingga Anda selalu ingat kalau ini bukan prioritas.
 Buka rekening tabungan tanpa ATM. Sisihkan uang Iebih, atau minimal 10% dari gaji setiap bulan, ke dalam rekening tanpa kartu ATM. Lihat saja akhir tahun nanti!
 Jangan punya lebih dari satu kartu ATM. Semakin banyak mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang bisa didatangi, semakin mudah Anda menguras uang tabungan.
 Jika sudah menemukan barang yang Anda incar, jangan membeli barang lain yang terlihat di depan mata. Jika besok Anda sudah melupakan barang tersebut, berarti Anda tak terlalu menyukainya.
 Punya rekening yang berbeda. Lebih baik Anda dan suami punya rekening masing-masing. Hingga Anda tak akan pernah sampai kehabisan uang.
 Kurangi acara jalan-jalan ke mal. Anda akan terkejut saat mendapat begitu banyak uang yang biasa dikeluarkan saat menghabiskan weekend di mal.
 Jangan berbelanja di tempat yang terlalu nyaman. Cobalah korbankan sedikit waktu dan tenaga untuk mencari yang terbaik dan termurah. Lokasi yang kurang bagus belum tentu menjual barang berkualitas rendah.
 Jadi, anggota perpustakaan. Daripada membeli buku bagus yang harganya kelewat mahal, lebih baik mendaftarkan diri jadi anggota perpustakaan. Contohnya, Anda bisa jadi anggota di British Council Library.
 Kurangi pemakaian telepon. Anda tak akan menyangka, kalau mengurangi ngobrol di telepon akan menghemat uang Anda. Mengobrol dengan teman di telepon memang asyik. Tapi hati-hati kantong bisa jebol.

loading...