Cara Menyenangkan Menghemat Uang / Gaji Bulanan

detikLife – TETAP SENANG BIARPUN KURANG UANG! Itu kira-kira motto yang semakin banyak dianut oleh sebagian besar orang yang semakin tahun semakin terbebani oleh pengeluaran. Walaupun secara nominal pendapatan meningkat, tetapi tetap saja tidak bisa mengimbangi tingginya peningkatan pengeluaran setiap tahunnya. Keinginan besar, tapi uang di dompet menipis. Daripada frustasi memikirkan uang bulanan atau gaji bulanan, coba cara berhemat ini:

Cara Menyenangkan Menghemat Uang Bulanan Gaji Bulanan
1. Go vintage!
Saat uang di dompet kurang untuk membeli baju baru, jangan bersedih hati. Kenapa tidak coba cari koleksi lama punya ibu Anda dulu. Siapa tahu masih ada yang bisa dikenakan. Baik untuk ke pesta, maupun untuk sehari-hari. Bukankah mode sering berulang? Manfaatkan kesempatan ini. Tetaplah memiliki penampilan yang ‘okey’, tetapi dengan cara yang lebih cerdik!

2. Kurangi naik taksi
Apalagi kalau jarak antara rumah dan tempat yang dituju sebenarnya tidak begitu jauh. Terus terang, taksi bisa menggerus kantong Anda dengan sukses. Coba Anda pikirkan lagi, perlu benarkah naik taksi. Kalau untuk tugas dan dibayari kantor, boleh saja. Tetapi kalau karena kesiangan bangun, sebaiknya lupakan kebiasaan naik taksi. Bangun lebih pagi dan naik kendaraan umum saja. Kalau mau irit, jangan terlalu memanjakan diri.

3. Tetap bisa jalan-jalan
Tidak punya uang bukan berani lantas harus tinggal di rumah saja. Acara jalan-jalam masih tetap bisa terlaksana. Caranya: ajak para sahabat untuk berlibur bersama di luar kota. Pergi dengan mobil salah satu teman. Lalu menginap di rumah sahabat lainnya. Kalau tidak, pinjam villa salah seorang kerabat. Soal akomodasi sudah tak perlu hamburkan uang untuk menginap di hotel. Selanjutnya, Anda hanya perlu patungan masalah makanan selama berlibur dan bensin mobil yang digunakan untuk pulang-pergi. Irit bukan?

4. Cari barang antik
Ide ini bisa jadi penolong, saat Anda ingin mempercantik rumah. Tak perlu berkeluh-kesah saat mendengar harga perabot baru di toko. Ayo, hunting barang di pasar antik. Pasti lebih seru waktu menemukan barang antik yang masih bagus. Sedikit tips: jangan asal membeli, karena tergiur harga yang murah. Tentukan dulu nuansa ruangan yang diinginkan. Rumah anda pun jadi mempunyai ciri khas sendiri! Rasanya bangga juga ‘kan?

5. Jogging saja
Kalau mau badan sehat, tak perlu berencana yang muluk-muluk. Seperti misalnya menjadi anggota klub fitness. Apalagi kalau uang sedang pas-pasan. Asal tahu saja, olahraga itu tak selalu perlu biaya khusus. Lari-lari sore saja. Kalau malu berlari di sekitar rumah, lari di tempat umum seperti lapangan olah raga boleh saja. Tapi ingat, kalau olahraga ya olahraga saja. Jangan ditambah-tambah dengan acara belanja segala macam di pedagang sekitar. Kalau begini, sama saja. Buang uang!

6. Kenapa tidak “zzzzz”….?
Terutama saat keuangan Anda memang sudah pas-pasan sampai saat gajian yang akan datang. Dengan tidur, Anda tak dibebani berbagai pikiran ataupun keinginan ini dan itu. Keuntungan tambahan: badan Anda dapat istirahat lebih lama. Jarang-jarang ‘kan punya kesempatan seperti ini? Mari, ambil bantal dan segera terbang ke alam mimpi!

7. Menabung dari sekarang
Enam cara diatas memang membantu Anda untuk berhemat. Tapi bukan berarti Anda tidak perlu mulai menabung. Menabung tetap penting dan harus dipaksakan, karena suatu ketika Anda akan membutuhkannya untuk hal-hal yang lebih besar dan urgent. Seperti sakit atau menikah misalnya. Jadi, ayo, mulai sisihkan sebagian gaji Anda secara rutin untuk di simpan di bank!

loading...