Peralatan Elektronik: DISIMPAN, DIPERBAIKI ATAU DIBUANG?

detikLife.com – Terkadang ketika sedang meluangkan waktu bersih-bersih rumah, kita mendapati setumpuk peralatan elektronik rusak teronggok dipojokan gudang. Bingung, tak tahu apa yang harus dilakukan. Apakah harus dibuang, apakah layak untuk diperbaiki, atau simpan saja siapa tau suatu saat butuh karena barang masih berfungsi normal.

Barang elektronik apa saja yang bisa dibuang dari rumah? Atau diselamatkan? Anda harus pintar memilah-milah agar tidak salah buang atau salah simpan barang elektronik. Uang Anda pun jadi tak terbuang percuma. Yang penting rumah tercinta jangan dijadikan sebagai gudang barang yang sudah tidak dipakai atau barang rusak.

Peralatan Elektronik: DISIMPAN, DIPERBAIKI ATAU DIBUANG
 Stereo
Buang! Apalagi kalau sampai head CD-nya rusak. Ongkos reparasi jauh lebih mahal daripada membeli yang baru. Kalau stereo Anda mulai mengeluarkan suara yang mengganggu, cepat tetapkan anggaran untuk membeli yang baru.

 Mesin cuci
Simpan! Jika umur mesin kurang dari 10 tahun, semua jenis reparasi boleh dilakukan. Tapi tetap perkirakan dulu biaya reparasinya. Pikirkan dulu, apa dengan mengganti transmisi dan drumnya bisa membuat mesin cuci berfungsi kembali. Terapkan peraturan 60% persen (lihat dibawah).

 Lemari es
Simpan! Yang satu ini bisa bertahan lama. Bisa sampai 10-12 tahun lamanya. Bahkan lebih lama jika Anda rajin membersihkan endapan es beku di kulkas. Jika ada kerusakan dalam jangka waktu ini, jangan ragu untuk memperbaikinya.

 Jam tangan atau jam dinding
Buang! Apalagi bila sudah mulai berkarat. Tetapi bila jam rusak ini ternyata termasuk benda antik warisan nenek, usahakan untuk memperbaikinya. Hanya saja perlu Anda hitung berapa besar ongkos perbaikan. Kalau melebihi nilai jam tadi, ya lupakan saja! Tapi jika ternyata body-nya masih bagus, mungkin Anda bisa mencari mesin jam pengganti.

 Hair dryer atau alat pengeriting
Buang! Alat-alat jenis ini banyak tersedia di pasaran dalam model terbaru, lebih modis dan lebih hemat listrik. Juga harganya kian murah saja jadi kalau hair drier rusak, langsung saja ganti dengan yang baru.

 Oven
Simpan! Alat ini dirancang tahan lama. Oven bisa dipakai sampai 12 tahun lebih, selama dijaga dengan baik dan tetap bersih. Sesekali boleh diservis dalam kurun waktu tersebut. Bagian termahal yang perlu diperbaiki adalah timer otomatis. Kalau malas menggantinya, cukup pasang jam alarm, egg timer, atau pengatur waktu yang biasa dijual digerai peralatan elektronik di supermarket besar.

 Video, VCD player dan DVD player
Buang! Uang akan banyak terbuang untuk mengganti head yang kotor dan rusak. Selain itu, bila alat ini sudah berumur 3 tahun, jangan perbaiki kerusakannya. Lebih baik ganti dengan yang baru. Alat yang berkualitas baik tahan 3-5 tahun.

 TV
Simpan! TV yang bermutu, tentu tidak murah. Daya tahanya bisa sampai 5 tahun bahkan lebih. Kalaupun reparasi dibutuhkan dalam kurun waktu ini, hal tersebut masih aman untuk kantong Anda. Jika Anda menggunakan TV tabung dan tabungnya rusak, itu saatnya Anda menyiapkan dana untuk beli yang baru. Karena biaya reparasinya mahal sekali. Bandingkan harga baru dan biaya reparasinya.

 Microwave
Simpan! Microwave kualitas baik pasti bisa bertahan antara 7-12 tahun. Dengan catatan: Anda rajin merawatnya. Saat ada yang rusak, tidak rugi memperbaikinya. Lupakan produk yang murah, karena biaya untuk memperbaikinya pun terkadang besar sekali.

ATURAN 60 PERSEN
Masih sayang membuang barang? Terapkan aturan 60 persen ini. Jika ongkos perbaikan melebihi dari 60 persen harga pembelian atau harga asli barang, jangan ragu lagi, segera beli yang baru.

loading...