Tips Membeli Mobil Kendaraan Idaman

detikLife.com – Jika menurut Anda saat ini adalah saat yang tepat untuk membeli mobil,  tunggu dulu, jangan langsung mengunjungi showroom mobil dengan bangga. Ada beberapa ‘tips’ yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil kendaraan idaman Anda.

Tips Membeli Mobil Kendaraan
1. Pastikan yang tepat.
Jangan sampai menyesal dengan pilihan Anda. Jika butuh waktu lebih dari 45 menit untuk ke kantor, atau sering ke luar kota, cari mobil yang irit bahan bakar. Jika Anda lebih sering bepergian dengan anak-anak, minibus, minivan, atau jeep lebih cocok.
2. Ketahui harga.
Baik akan menjual atau membeli mobil sebaiknya Anda ketahui berapa harga pasaranya dan harga pabriknya. Untuk harga pasaran, iklan baris di koran atau internet akan membantu. Sedangkan harga pabrik, Anda tak boleh ragu keluar masuk showroom. Sebab jika bukan dealer resmi, harga mobil sangat bervariasi. Bisa-bisa Anda justru membeli dengan tawaran harga termahal.
3. Baru atau bekas?
Mobil baru memang lebih baik. Namun, bisa saja yang sanggup Anda beli hanyalah yang model terakhir. Kalau keuangan anda hanya cukup untuk yang second hand, kenapa tidak? Tapi, ajak orang yang mengerti mobil saat Anda melihatnya.
4. Tunai, kredit atau leasing?
Kalau keuangan memungkinkan, lebih baik bayar tunai. Namun jika tak memungkinkan untuk uang muka sekalipun, leasing akan lebih cocok untuk Anda.
5. Tentukan target harga.
Sesuaikan pencarian dengan jenis mobil yang sudah Anda pilih. Jangan terpaku hanya pada satu dealer. Bandingkan harganya. Dealer resmi biasanya menjual lebih murah.
6. Cek keuangan.
Sebelum membeli, periksa keuangan Anda di bank. Kredit atau leasing? Cari badan peminjam kredit yang bereputasi baik dengan bunga yang rendah.
7. Kalkulasikan.
Hitung dulu dengan teliti, apakah keuangan Anda mengijinkan. Jangan sampai uang Anda sudah terkuras habis sebelum mobil lunas. Termasuk saat-saat masih dalam garansi. Karena ada beberapa hal yang tak dapat ditutup oleh garansi.
8. Jika memilih leasing.
Kalau Anda berencana untuk leasing, lebih baik Anda ketahui dulu seluk beluk memanfaatkan jasa ini. Jika sama sekali buta, bisa-bisa kerugian yang akan menimpa.
9. Berani bernegosiasi.
Jika sudah menetapkan pilihan, jangan takut untuk bernegosiasi. Tunjukkan hasil penelitian Anda terhadap harga pasaran mobil incaran. Tak usah tergoda dengan tawaran penambahan aksesori yang sepertinya berguna. Karena belum tentu Anda membutuhkannya.

loading...