Hati-Hati Menukar Uang Di Luar Negeri

Menukar Uang Di Luar Negeri – Tak bisa dihindari, pasti suatu saat jika Anda berlibur ke luar negeri, Anda akan menukar uang Anda dengan mata uang setempat. Sebelum pergi ke tempat penukaran uang, jangan lupa perhatikan beberapa hal penting ini.

Hati-hati menukar uang di sembarang tempat. Perhatikan nilai tukar dan fee yang dibebankan. Biasanya, tempat yang punya nilai tukar bagus akan punya fee yang tinggi. Sebaliknya, tempat penukaran yang memasang tanda “nofee” punya nilai tukar tak karuan alias tak bisa dipercaya! Saat menukar dalam jumlah sedikit, Anda tak perlu terlalu memusingkan nilai tukar, selama tak perlu bayar fee yang besar. Jika menukar dalam banyak, tak usah perdulikan fee, yang penting Anda mendapat nilai tukar yang menguntungkan.

Hati-Hati Menukar Uang Di Luar Negeri
Selain itu, pilih tempat yang memasang nilai tukar selling dan buying. Tempat penukaran uang yang hanya menuliskan salah satu nilai tukar saja perlu dicurigai! Misalnya di perbatasan antar negara. Demi menghemat waktu, jangan terlalu sering pergi ke money changer. Tak dirasa, waktu dan uang akan banyak terbuang. Sebaliknya, pilih tempat yang betul-betul bisa dipercaya. Hitung jumlah yang diperlukan, dan tukarkan uang Anda di satu tempat saja.
(Tips : Anda bisa memantau nilai tukar mata uang asing lewat majalah Newsweek yang terpercaya dan ada dimana-mana atau lewat internet.)

TlPS HEMAT UANG DI LUAR NEGERI
Praktekkan saran ini, pasti liburan jadi tambah menyenangkan!
– Kerahkan kemampuan Anda bernegosiasi. Usahakan untuk selalu mencoba bernegosiasi. Siapa tahu Anda dapat harga yang membuat girang!
– Usahakan sedapat mungkin tak pakai fasilitas telepon di hotel. Bayangkan saja berapa uang harus dikeluarkan untuk ongkos layanan ini!
– Tahu kapan musim sale di negara yang dikunjungi. Di banyak negara, musim panas adalah saat berburu barang yang tepat!
– Hindari jebakan turis. Di tempat wisata terkenal, harga barang-barang sering tak terkendali. Bandingkan harga sebelum membeli.
– Perkirakan juga pajak yang dibebankan. Jangan kalap belanja dulu, hitung harganya dengan pajak! Di Amerika Serikat, pajak bervariasi tergantung negara bagian. Sementara di negara Eropa kebanyakan tak dikenai pajak.

loading...