Prinsip Cara Menjadi Orang Kaya

Cara Menjadi Orang Kaya – Prinsip untuk menjadi orang kaya terkadang sering tidak dihiraukan. Banyak orang lebih terfokus pada cara-cara cepat, cara praktis untuk jadi kaya raya. Andaikata Anda mencari lewat internet mengenai tips menjadi orang kaya, atau cara biar jadi kaya mendadak, atau bagaimana agar bisa kaya raya, semuanya pasti mengajarkan Anda untuk berpikir, berkata, bersikap dan berbuat seperti yang sudah dilakukan orang-orang yang sudah sukses dan berhasil dan menjadi kaya karenanya. Karena menjadi orang kaya adalah dampak dari keberhasilan kita. Baik itu keberhasilan didunia bisnis, investasi ataupun dalam mengelola keuangan pribadi. Maka kesimpulannya adalah kekayaan tidak bisa dicapai tanpa usaha dan proses.

Prinsip Cara Menjadi Orang Kaya

Berikut ini sedikit akan saya bahas mengenai hal-hal sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari agar semakin hari Anda semakin dekat pada impian menjadi orang kaya.

BE A GOOD MANAGER FOR YOURSELF
Meski Anda punya pekerjaan dengan gaji lumayan tinggi, bukan berarti-harus dihabiskan semua. Sedang bagi yang punya gaji sedang-sedang saja, perlu cari satu siasat agar tak tekor melulu. Banyak ahli keuangan yang menyarankan untuk membuat rencana keuangan yang teratur. Rencana keuangan jangka panjang dibuat tiap sebulan sekali. Agar pengeluaran Anda dapat dikendalikan secara terperinci, jangan lupa juga untuk membuat daftar pengeluaran jangka pendek setiap seminggu sekali.

Caranya tak terlalu rumit. Yang penting harus ada ketelitian dan ketelatenan. Catat baik-baik semua pemasukan dan pengeluaran tetap tiap bulan. Jangan lupa mencatat barang-barang berstatus kredit atau yang dibeli dengan kartu kredit. Catat baik-baik semua pengeluaran dengan kartu kredit. Menuliskan seluruh pemasukan dan pengeluaran seperti ini efektif untuk mengendalikan cash-flow pribadi. Dari daftar, Anda bisa langsung melihat jika ada pengencangan anggaran yang harus dilakukan. Dan saat Anda berencana sekali-sekali memanjakan diri atau membeli hadiah pada diri sendiri, semuanya bisa diatur.

JANGAN LUPA MENABUNG
Membuat tabungan jadi gemuk jauh lebih baik daripada badan yang jadi montok. Menurut Iona Minton dari Financial Fitness College di Johannesburg, “Idealnya, Anda harus bisa menyisihkan sekitar 15% dari gaji untuk ditabung. Memang target ini sukar untuk selalu dipenuhi. Karena itu, lakukan prioritas. Kalau sudah terbiasa, menabung tak akan membuat Anda tersiksa”. Jika Anda disiplin menabung dengan teratur, coba bayangkan berapa banyak uang yang akan diperoleh dalam 30 tahun. Jadi, mulailah menabung dengan teratur. Apalagi saat usia kian bertambah, kebutuhan makin kompleks. Anda tak bisa seenaknya menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan.

Pilih jenis tabungan secara selektif. Bandingkan beberapa tabungan dari bank ternama pilih satu yang punya keuntungan paling besar untuk Anda. Jangan segan-segan menanyakan informasi atau brosur kepada bagian pelayanan nasabah. Jika merasa repot bolak-balik pergi ke bank untuk menabung, ada kemungkinan transfer otomatis. Konfirmasikan ke bagian payroll di kantor Anda, apakah mereka punya fasilitas transfer langsung 5-10% gaji ke rekening pribadi tiap bulan.

TUNAI ATAU KREDIT?
Perlakukan uang tunai sebagai raja. Artinya, utamakan uang tunai daripada kartu kredit. Saat Anda ingin membeli barang yang lumayan mahal tapi uang tunai tak ada di tangan, lebih baik lupakan saja dulu. Jika barang itu memang harus dimiliki, seperti misalnya komputer, lakukan pembelian secara bertahap. Buat tabungan khusus untuk keperluan itu, dan segera beli setelah uangnya cukup. Saat hasrat berbelanja waktu sale sedang memuncak, tahan diri. Usahakan untuk tidak selalu membeli dengan kartu kredit. Meski demikian, bukan berarti kartu kredit itu buruk dan mengganggu kondisi keuangan.

Veronica Stevens, seorang pengajar program master Perdagangan di Australia membeberkan tipsnya untuk Anda. Menurutnya, tak perlu punya terlalu banyak kartu kredit. Lebih baik pilih satu yang paling sering Anda gunakan. Dengan begitu, pengeluaran lewatkan kartu kredit ini lebih mudah dikontrol. Yang perlu diingat, jika Anda tak gunakan kartu kreditnya, berarti utang tak jadi bertambah. Bagaimana dengan kartu kredit yang dikeluarkan oleh departemen store? Pikir masak-masak sebelum Anda menandatangani formulir permohonannya. Meski Anda bisa mendapat diskon 10% berbelanja di toko, tapi kartu kredit komersial ini biasanya punya bunga yang jauh lebih tinggi. Jika Anda terlanjur punya beberapa kartu kredit, dan punya yang tak terbayar, segera lunasi tagihan yang bunganya paling tinggi lebih dulu.

SPEND LESS, GET MORE
Meski tak harus sampai pelit pada diri sendiri, hemat tetap perlu dilakukan. Mulai dengan kebiasaan sehari-hari. Jika Anda senang makan di restoran mahal, coba sesekali belanja dengan memasak sendiri di rumah . Hemat juga listrik dan telepon. Saat perlu menelepon kerabat atau teman yang tinggal di seberang pulau, lakukan saat pada jam-jam diskon seperti malam hari atau pagi hari.

Belanja juga harus punya taktik tersendiri. Jadilah tukang belanja yang pintar, dan bukan impulsif. Pilih baju berkualitas tinggi. Meski harganya mahal, tapi lebih tahan lama dari pada yang berkualitas rendah. Spend less now, you will get more im the future.

INVESTASI
Selain menabung dan deposito, investasi adalah cara yang dilakukan untuk mendapat keuntungan lumayan. Ada beberapa macam investasi. Reksadana termasuk investasi yang direkomendasikan para ahli keuangan. Reksadana adalah himpunan dana dari berbagai pihak. Dana yang terkumpul ini diinvestasikan dan dikelola oleh manajer investasi. Biasanya keuntungan dari reksadana dapat dilihat dalam waktu 2 tahun. Selain itu, tingkat risikonya relatif lebih rendah dibanding investasi lain. Meski Anda tak punya pengetahuan investasi, Anda tak perlu khawatir terjun ke reksadana. Ada manajer investasi yang akan selalu memberikan infomasi yang Anda butuhkan.

Bagaimana cara mulai terjun ke reksadana? Kemal Imam Santoso, Division Head Sales Marketing & Card Product Development Bank Mandiri membeberkan kiatnya, “Pertama, kontak manajer investasi untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan komprehensif. Kedua, siapkan dana yang telah dialokasikan untuk investasi”. Menurut Kemal, agar sukses dalam invetasi, “Anda perlu menghubungi manajer investasi untuk memantau performance kinerja reksadana Anda secara teratur.” Di beberapa bank, informasi lengkap mengenai reksadana telah disusun dalam sebuah prospektus. Tinggal baca langkah-langkah, dan Anda sudah siap terjun ke reksadana.

EDUCATE YOURSELF
Tak banyak orang yang sadar pentingnya pengetahuan tentang keuangan. Alasannya, terlalu rumit dan serius. Padahal memperkaya diri dengan pengetahuan keuangan penting untuk semua orang. Mulai dari masalah kredit pinjaman, asuransi hingga investasi. Sebetulnya, tak perlu langsung mendalami masalah yang berat-berat dulu, layaknya ahli keuangan profesional. Di kala senggang, manfaatkan waktu dengan membaca infomasi ringan seputar uang. Jika tertarik untuk mempelajari lebih dalam, Anda bisa membaca koran, majalah keuangan atau internet. Semakin banyak ilmu yang didapat, akan membuat Anda tambah kaya. Paling tidak, dari segi ilmu pengetahuan.

loading...