Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi – Mengelola keuangan pribadi adalah hal yang wajib dilakukan terutama jika Anda merasa memiliki penghasilan pas-pasan. Membuat pembukuan dari apa yang Anda hasilkan dan apa yang belanjakan adalah prinsip sederhana dari mengatur keuangan pribadi. Anda tidak ingin gaji bulanan atau penghasilan Anda sudah habis sebelum gajian atau sebelum order yang berikutnya masuk bukan?

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Dibutuhkan pengaturan keuangan pribadi dan kedisiplinan agar pengeluaran tak lebih besar daripada pemasukan. Jangan sampai meminjam uang untuk menutupi kebutuhan dan akhirnya terlilit utang. Berikut ini cara mengelola keuangan pribadi yang mudah dengan segera Anda praktekan.

– Jika Anda memutuskan untuk mengambil kredit atau pinjaman jangka panjang untuk rumah, lakukan dengan strategi yang pintar. Ambil term pembayaran yang paling menguntungkan untuk Anda. Pertimbangkan juga untuk mengambil kredit dengan bunga pinjaman yang lebih rendah, meskipun Anda harus membayar cicilan lebih tinggi. Bunga yang menumpuk akan menyusahkan Anda di kemudian hari. Cari infomasi selengkap mungkin sebelum melakukan pinjaman.

– Menarik uang lewat ATM memang sangat praktis. Tapi hati-hati, jangan sampai membuat pengeluaran Anda tak terkontrol. Sama halnya dengan kartu kredit, pengeluaran lewat ATM juga harus dikendalikan dengan baik. Agar tak selalu tergoda untuk bolak-balik pergi ke Anjungan Tunai Mandiri (ATM), tentukan seberapa besar pengeluaran yang Anda butuhkan dalam seminggu. Jangan pergi ke ATM kalau uang tunai di dompet belum habis. Jika ada sisa di akhir minggu, jangan buru-buru langsung pergi ke mal untuk “menghabiskan dana”. Lebih baik langsung masukkan kembali ke tabungan.

– Segala sesuatu tak perlu baru. Barang-barang usang pun masih bisa dimanfaatkan jika tahu caranya. Be creative! Lihat barang-barang di sekeliling rumah yang mungkin bisa disulap. Hints, Tips, & Smart Advice dari Seri Family Circle memberi banyak ide. Misalnya, gunakan amplop bekas untuk alokasi anggaran bulanan. Slip belanjaan dari supermarket bisa dimanfaatkan untuk menulis daftar belanjaan. Praktis dan sangat handy, terutama buat Anda yang termasuk kaum pelupa. Tinggal buang jika sudah tidak dipakai. Anda berhenti merokok? Bravo! Asbak yang sudah tak dipakai tak perlu buru-buru dibuang. Bersihkan asbak dan manfaatkan sebagai tempat sabun mandi.

– Meski kedengaran sepele, siapkan buku notes/catatan kecil untuk mencatat pengeluaran kecil yang sering kali terlupa. Dijamin tak ada lagi kesalahan kalkulasi pengeluaran mingguan dan bulanan Anda!

– Jangan lupa untuk bersenang-senang. Hargai usaha keras dan disiplin Anda. Nikmati hidup. Jangan segan sekali-sekali memberikan ‘bonus’ untuk diri sendiri.

Paparan diatas adalah hal-hal kecil dan sederhana dari sekelumit cara mengatur keuangan pribadi. Secara cerdas dan kreatif, Anda bisa mengembangkan cara-cara diatas agar sesuai dengan karakter atau gaya hidup masing-masing. Semoga membantu.

loading...