Cara Menghemat Listrik

Cara Menghemat Listrik Dengan Cerdas – Menghemat penggunaan energi listrik adalah salah satu cara mengirit tagihan bulanan Anda. Bagaimana cara pintar untuk menghemat listrik? Ubah cara pakai peralatan elektronik di rumah Anda untuk menghemat dan mulailah dengan mengubah kebiasaan saat memakai peralatan elektronik di rumah Anda untuk menghemat tagihan listrik rumah. Beberapa cara yang dapat dengan mudah dilakukan adalah sbb:

Cara Menghemat Listrik

1. LAMPU
– Beli bohlam lampu sesuai kebutuhan Anda, karena kadang kita menggunakan bohlam yang terlalu terang. Misalnya, bohlam berkekuatan 75 watt hanya memerlukan 75% energi dibanding bohlam 100 Watt.
– Bersihkan lampu secara teratur, agar cahaya lampu lebih terang karena tak terhalang debu hitam yang menempel. Coba bersihkan dengan lap basah atau koran bekas yang basah.
– Ganti bohlam lampu biasa berkekuatan 75 watt dengan bohlam fluoresens berkekuatan 15 watt. Terangnya sama dan lebih tahan lama. Atau Anda bisa juga menggunakan lampu LED. Memang harga lampu LED lebih mahal, tetapi untuk setiap Watt listrik, kekuatan cahaya dari lampu LED sekitar 50 sampai 80 persen lebih terang daripada lampu fluorescent. Sebagai perbandingan lampu LED 25 watt setara dengan 40 watt lampu fluorescent.

2. PENDINGIN RUANGAN (AC)
– Lokasi AC ternyata berpengaruh pada efisiensi energi listrik. Posisi pendingin ruangan yang menghadap langsung ke matahari akan mengakibatkan energi listrik lebih banyak terpakai untuk mendinginkan ruangan. Jaga kebersihan AC Anda dari kotoran dan debu secara teratur karena akan mengurangi dinginnya temperatur.
– Jangan biarkan AC menyala di kamar yang kosong. Jika sepulang bepergian Anda menginginkan kamar yang dingin, pasang timer otomatis sebelum berangkat.
– Lakukan aktivitas harian seperti memasak, mencuci dan mandi di pagi hari, saat udara tidak terlalu panas. Aktivitas ini akan menaikkan tingkat kelembaban di rumah Anda, sehingga bila dilakukan di siang hari, Anda harus menyalakan AC lebih lama. Penggunaan alat elektronik seperti oven, setrika, dan hair dryer dapat meningkatkan suhu di dalam rumah. Gunakan peralatan ini di pagi hari supaya suhu rumah tak terlalu panas hingga Anda tak perlu segera memasang pendingin ruangan

3. SEPUTAR DAPUR
– Cairkan bahan makanan beku seperti daging, ikan, atau sosis sebelum memasak, dengan mendiamkannya atau merendamnya dalam air. Jangan mencairkan saat memasak karena selain membuang waktu, gas yang terpakai akan lebih banyak.
– Jangan terlalu sering membuka pintu lemari es. Semakin sering dan lama Anda membukanya, energi listrik yang terpakai akan lebih banyak. Isi lemari es pun akan berpengaruh. Kalau separuh isi kulkas Anda kosong, listrik pun terbuang dengan percuma. Belilah lemari es dengan ukuran yang sesuai kebutuhan Anda.
– Jika pintu kulkas tidak tertutup rapat, cek karet di sekeliling pintu lemari es Anda. Siapa tahu sudah ada yang robek, perlu diperbaiki atau hanya perlu dibersihkan. Celah di kulkas menyebabkan suhu keluar. Akibatnya, kulkas akan mengeluarkan energi listrik yang berlebih untuk mendinginkan bahan makanan.
– Cek temperatur untuk efisiensi kerja kulkas Anda. Temperatur yang dianjurkan untuk kulkas adalah 36-38 derajat dan 0-5 derajat untuk frezzer.

4. MENCUCI
– Mungkin membosankan tapi menyetrika semua baju sekaligus akan menghemat waktu dan uang.
– Jangan masukkan baju yang masih basah kuyup atau menjejalkan baju terlalu banyak ke pengering mesin cuci. Karena waktu pengeringan akan lebih lama.
– Jika udara sedang cerah, tak perlu menggunakan pengering mesin cuci. Manfaatkan saja terik matahari. Tidak perlu bayar, gratis!
– Cermatlah mengatur timer untuk mengurangi waktu mengeringkan baju dan penggunaan energi listrik. Jangan sampai terlalu lama mengeringkan pakaian. Selain membuang energi listrik, juga membuat bahan pakaian Anda lebih cepat rusak dan lebih parahnya, baju bisa menciut.
– Coba keringkan baju dengan memisahkan baju berbahan ringan seperti blus katun dengan jenis baju yang berat seperti jeans. Hasilnya, waktu untuk mengeringkan lebih sebentar. Listrik jadi lebih irit. Mencampur berbagai jenis bahan membuat mesin pengering bekerja lebih lama.

5. PEMANAS AIR
– Memilih tipe yang tepat untuk pemanas air, artinya menghemat uang. Cari tahu berapa daya yang diperlukan, dan berapa banyak hasilnya. Tak perlu beli yang berkapasitas besar bila kebutuhan hanya sedikit.
– Dekatkan letak pemanas air dengan kamar mandi Anda. Karena semakin dekat jaraknya, akan semakin sedikit energi yang terbuang dalam prosesnya.

Hal-hal diatas adalah cara menghemat listrik yang dapat kita lakukan dengan mudah. Kita tidak perlu menggunakan alat penghemat listrik. Yang hanya Anda perlukan adalah mengubah kebiasaan sehari-hari tentang bagaimana cara menggunakan energi listrik. Dengan demikian selain kita bisa mengontrol biaya tagihan listrik, kita juga turut menyelamatkan lingkungan karena listrik yang kita gunakan sebagian masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai tenaga pembangkitnya.

Advertisements