Tips Mengelola Kartu Kredit Dan Tabungan

Mengelola Kartu Kredit Dan Tabungan – Uang memang bukan hal yang utama dalam hidup, tapi untuk hidup di jaman ini kita memerlukan uang. Begitu kurang lebih pepatah yang sering kita dengar mengenai uang. Semenjak dalam kandungan, lahir bahkan sesudah mati pun kita masih harus berurusan dengan benda tersebut. Maka dari itu keterampilan dalam mengelola uang, baik kartu kredit atau tabungan sangat mutlak diperlukan agar kita tidak bermasalah dengan uang.

Bicara tentang dari mana sumber uang, secara garis besar bisa digolongkan kedalam 2 sumber, yaitu dari pribadi dan dari orang lain. Sumber uang dari pribadi bermacam-macam, bisa berasal dari gaji, penghasilan sewa, royalti, profit usaha, bagi hasil atau keuntungan investasi, dan lain-lain. Sumber uang dari orang lain bisa berasal dari hibah, warisan, dan hutang.

Tips Mengelola Kartu Kredit Dan Tabungan

Mengutip pernyataan Robert Kiyosaki, ketika berhubungan dengan uang kita mempunyai 2 masalah, yaitu kekurangan uang dan kelebihan uang. Dua masalah tersebut mempunyai 2 solusi sederhana. Jika kita kelebihan uang solusinya adalah disimpan dalam rekening tabungan, jika kita kekurangan uang solusi yang paling simpel adalah meminjam.

Jika Anda memiliki kelebihan uang dan memilih untuk menabung dalam rekening tabungan, berikut adalah tips memilih tabungan sebagai instrumen dalam mengelola keuangan:
– Bukalah sekurang-kurangnya dua rekening pada bank yang berbeda. Satu rekening untuk kebutuhan sehari-sehari, satu lagi untuk simpanan dan dana cadangan. Jadi, alokasi dana Anda sudah pasti.
– Jika Anda mendapat penghasilan lebih, jangan gunakan semuanya untuk berfoya-foya. Segera alokasikan dana untuk membayar utang atau kartu kredit.
– Sangat dianjurkan untuk memiliki tabungan yang berkombinasi dengan instrumen investasi lain, seperti tabungan pendidikan, tabungan hari tua, ataupun reksadana.

Berikut ini adalah tips mengelola kartu kredit yang disesuaikan dengan gaya hidup Anda:

KARTU KREDIT
– Miliki satu-dua kartu saja. Dengan mengurangi jumlah kartu kredit, Anda juga menghindari keterlambatan pembayaran dan annual fee yang membengkak.
– Pilihlah sarana debit langsung karena mau tak mau Anda harus disiplin.

KREDIT PERORANGAN
– Hindari pembayaran yang melampaui dua kali harga nominal.
– Cicilan maksimal 1/3 dari penghasilan, dan yang paling penting amati dulu kredibilitas perusahaan tempat Anda mengambil kredit.

KREDIT RUMAH
– Beli rumah sesuai kemampuan. Batasi pembayaran awal sebesar 20%.
– Siasati tingkat suku bunga. Pilih yang fixed rate (bunga tetap) apabila rumah hendak ditempati, dan floating rate (bunga yang berubah tergantung situasi perekonomian negara) apabila rumah yang dibeli digunakan untuk investasi.
– Menyertai pembelian dengan asuransi jiwa. Karena, jika terjadi sesuatu dengan Anda, maka ahli waris tidak terbebani.

KREDIT KENDARAAN BERMOTOR
– Lakukan simulasi kebutuhan sesuai dengan kemampuan.
– Menyertai pembelian dengan asuransi jiwa dan asuransi kendaraan.

loading...