Belajar Investasi Untuk Pemula

Belajar Investasi Untuk Pemula – Zaman dulu, definisi orang kaya adalah orang yang memiliki berguci-guci emas yang disimpan di ruang harta karun tersembunyi. Kini, definisi itu menjadi lebih rumit. Ya, karena definisi kaya pun tergantung pada pikiran dan gaya hidup seseorang.

TAHUKAH Anda, siapa miliarder di hari esok? Mereka adalah para investor yang paham dengan situasi perekonomian Indonesia. Dengan situasi perekonomian yang tak menentu ini, dimana suku bunga bank bisa turun drastis, harga saham pun bisa lebih murah daripada sebatang cokelat. Ini kesempatan emas untuk ‘menabung’ saham. Jelas Anda tak akan merasakan faedahnya dalam jangka waktu tiga-lima tahun. Tapi, 15 tahun mendatang, siapa tahu Anda bisa menjadi miliarder?

Belajar Investasi Untuk Pemula

Dua macam investasi :
– Aktifa perhiasan, barang-barang seni, dan properti.
– Aktiva Finansial: surat berharga (reksadana).

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya Anda belajar dan mempertimbangkan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan dalam berinvestasi.

TUJUAN INVESTASI
Apakah tujuan Anda untuk mencapai kehidupan yang lebih sejahtera atau hanya mengurangi dampak inflasi? Karena, tiap aksi pasti mengandung risiko.

JANGKA WAKTU INVESTASI
Jika Anda mengutamakan keuntungan jangka pendek, Anda bisa menggunakan alternatif deposito atau SBI. Nah, jika Anda termasuk tipe agresif, saham atau obligasi adalah instrumen yang cocok untuk meraih keuntungan berlipat ganda di masa depan.

RISIKO
Biasanya, investasi kecil juga menghasilkan untung yang tidak terlalu besar. Sementara, investasi yang besar, risikonya juga tinggi.

LIKUIDITAS
Ingat, investasi ada yang bisa langsung diuangkan, tapi ada juga yang membutuhkan proses berbelit-belit.

PAJAK
Selidiki dulu ketentuan-ketentuan yang berlaku. Jangan sampai Anda tidak tahu kewajiban Anda.

loading...