Manfaat Menabung Untuk Selamatkan Masa Depan

Manfaat Menabung – Menabung adalah salah satu aktivitas yang banyak dilakukan orang di zaman krisis moneter seperti sekarang. Memang sudah saatnya Anda berpikir untuk mulai menabung demi manfaat ketenangan di masa depan karena mau tidak mau, semakin hari kita akan bertambah tua. Kalau masa muda Anda sudah lewat, pilih yang mana: Anda akan ke Perancis dan duduk-duduk di kafenya, atau Anda masih bekerja dan makan seadanya?

Pilihannya terletak di tangan Anda, karena walaupun sulit dimengerti, cara Anda menghitung belanja bulan ini atau gaya Anda menghabiskan gaji setiap bulannya untuk pakaian, make up dan jajan saat ini, secara dramatis akan mempengaruhi masa depan Anda dimana akhinya Anda bisa menikmati kesenangan melakukan apa saja yang diinginkan jika Anda mempunyai sejumlah uang.

Manfaat Menabung Untuk Selamatkan Masa Depan

Banyak orang yang tidak pernah merencanakan masa pensiun. Siapa sih yang akan memikirkan umur 60-an, kalau masih berusia 25 tahun? Di usia muda banyak orang yang selalu hidup mewah. Tapi, di tahun-tahun terakhirnya, kehidupannya menyedihkan. Dulu, Anda punya segalanya. Melakukan apa saja yang Anda mau. Berlibur ke luar negeri setiap Anda mau, pokoknya hidup luar biasa indahnya.

Namun pada akhimya Anda harus mengatur hidup Anda sendiri, tinggal di rumah sederhana dengan satu kamar, dan mengharapkan sisa anggota keluarga untuk menolong Anda. Coba kalau dulu Anda rajin menabung, Anda bisa tinggal di kondominium mewah, dan bisa menyimpan semua barang-barang berharga Anda. Kehidupan Anda juga bisa berakhir dalam keadaan keuangan yang sangat pas-pasan.

Bersyukurlah bila perusahaan tempat Anda bekerja telah mendaftarkan Anda dalam sebuah program pensiun. Bila belum, saat ini Anda tidak terlalu susah kalau ingin merencanakan dana pensiun karena banyak lembaga keuangan yang menawarkan program pensiun bagi karyawan dengan jumlah setoran dana yang fleksibel. Tapi, kita perlu memikirkannya matang-matang dan perlu sedikit kedisiplinan diri.

Jika Anda ingin menikmati masa pensiun nantinya, Anda harus menabung secepatnya dan terus rajin menabung. Mungkin, Anda tidak bisa menabung untuk dana pensiun, kalau gaji Anda memang pas-pasan untuk hidup sebulan. Tapi, bila karier Anda semakin meningkat, jangan menunda untuk menabung.

Usia 20an tidak terlalu muda untuk mulai menabung. Alasannya Anda akan mengumpulkan uang jauh lebih banyak, apabila mulai menyimpan uang untuk dideposito di usia muda, walaupun jumlahnya tidak terlalu besar. Lebih baik lagi, apabila Anda menabung dalam bentuk deposito. Bayangkan, berapa bunga yang bisa dikumpulkan kalau Anda mulai menabung dari sekarang?

Advertisements