Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja – Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang utk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor atau instansi tertentu. Secara garis besar surat lamaran kerja terbagi menjadi dua macam yaitu surat lamaran kerja berdasarkan iklan & surat lamaran kerja berdasarkan inisiatif sendiri. Surat lamaran kerja termasuk kedalam golongan surat resmi atau dinas sehingga dalam penulisannya terdapat aspek-aspek tertentu yang harus di perhatikan.

Berikut ini beberapa contoh cara membuat surat lamaran kerja.

Yang perlu diperhatikan isi surat lamaran yang baik harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
o Mengandung kualifikasi penulisnya.
o Memiliki sumber lamaran, yakni dari mana seorang penulis mendapat informasi adanya kesempatan lamaran tersebut.
o Mengandung keinginan pelamaran secara jelas.
Kualifikasi penulis lamaran meliputi :
o Nama (harus lengkap)
o Tempat tanggal lahir
o Jenis kelamin
o Status diri (sudah/belum kawin)
o Agama
o Alamat tempat tinggal (terakhir)
o Pendidikan
o Pengalaman kerja (kalau ada)
o Sumber lamaran bisa diperoleh dari
o Teman sejawat (perorangan)
o Iklan surat kabar
o Berita radio dan televisi
o Departemen Tenaga Kerja l
o Dan sebagainya.

Contoh Paragraf-paragraf Surat Lamaran Kerja:
o Berdasarkan informasi dari salah seorang kenalan saya yang bekerja di perusahaan Bapak, menurut sumber tersebut bahwa di perusahaan Bapak masih membutuhkan karyawan untuk ditempatkan di bagian pemasaran.
o Saya berminat sekali bekerja pada PT. Nusa Indah Plywood. Berkenaan dengan hal tersebut,lsaya menyampaikan Surat lamaran kerja agar saya dapat menjadi salah seorang karyawan di lingkup perusahaan Bapak.
o Saya adalah lulusan Akademi Perhotelan Surabaya tahun 1994. Selain saya memiliki ketrampilan manajemen, saya juga menguasai ketrampilan komputer dan mahir berbahasa Inggris dan jepang.
o Sebagai pertimbangan, bersama surat lamaran ini kami lampirkan pula : Surat keterangan adat istiadat, Daftar riwayat-hidup, Copy Ijazah terakhir, kartu identitas dan 2 (dua) lembar pas foto ukuran 4×6 cm.
o Sambil menunggu panggilan dari Bapak, sebelum dan sesudahnya saya sampaikan banyak terima kasih.
o Atas pertimbangan dan kesempatan yang diberikan kepada saya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
o Bila dikehendaki saya bersedia memenuhi panggilan Bapak untuk dites dan wawancara.
o Sebenarnya saya belum punya pengalaman kerja. Tapi apabila Bapak memberi kesempatan, saya akan berusaha menyesuaikan diri dengan bidang pekerjaan apa saja yang saat ini sedang dibutuhkan di perusahaan Bapak.
o Saya sangat berminat dengan lowongan kerja yang saat ini sedang dibutuhkan di perusahaan Bapak, karena bidang tersebut sesuai dengan pengalaman kerja saya di tempat lain
o Jika Bapak berkenan menerima tenaga kami, kami bersedia ditempatkan di mana saja sesuai dengan instruksi Bapak.

Demikianlah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja. Untuk mendapatkan contoh lain bentuk surat resmi dan juga pembahasan yang lebih mendalam, silahkan kunjungi kumpulan artikel surat resmi kami yang lain dalam kategori Surat Resmi. Untuk membaca artikel contoh surat resmi kami sebelumnya, silahkan klik Pengertian Surat Prive atau Surat Pribadi.

Advertisements