Pengertian Surat Prive atau Surat Pribadi

Pengertian Surat Prive atau Surat Pribadi – Artikel ini berisi pengertian dan contoh surat prive atau surat pribadi. Surat prive disebut pula surat pribadi yang dibuat oleh seseorang atas namanya sendiri yang ditujukan kepada instansi atau badan resmi yang ditujukan kepada perusahaan.

Ada beberapa contoh surat prive resmi antara lain:
a. Surat lamaran kerja
b. Surat ijin
c. Surat permohonan lainnya seperti: permohonan cuti, mendapatkan kredit rumah dan sebagainya.
d. Surat pemberitahuan
e. Dan masih banyak lagi jenisnya.

Surat demikian biasanya tidak lagi mempergunakan nomor surat, lampiran atau hal. Walaupun demikian tidak sedikit orang yang masih menggunakannya untuk pembuatan surat-surat tertentu.
Bentuk surat yang sering dipergunakan dalam menulis surat prive resmi ini yakni bentuk balok atau disebut juga bentuk lurus. Karena bentuk ini memang termasuk bentuk yang dianjurkan.

Aturan yang harus dipenuhi dalam menulis surat prive resmi ini secara umum sama dengan menulis surat resmi. Namun penekanannya hanya pada isi surat yang benar-benar harus memperhatikan pola cara penyampaian pokok-pokok pikiran yang dituangkan dalam bentuk paragraf atau alinea. Untuk tujuan ini seorang penulis surat dituntut pandai-pandai membuat alinea yang benar.

Paragraf yang benar antara lain mengandung satu pokok pikiran dalam satu paragraf. Di samping itu ada kalimat penjelasnya antara paragraf yang satu dengan paragraf yang lainnya harus sinkron.

Demikianlah Pengertian Surat Prive atau Surat Pribadi. Untuk mendapatkan contoh lain bentuk surat resmi dan juga pembahasan yang lebih mendalam, silahkan kunjungi kumpulan artikel surat resmi kami yang lain dalam kategori Surat Resmi. Untuk membaca artikel contoh surat resmi kami sebelumnya, silahkan klik Contoh Surat Keputusan.

Advertisements