Perbedaan Dan Contoh Surat Balok

Perbedaan Dan Contoh Surat Balok – Artikel ini berisi tentang perbedaan dan contoh dari bentuk surat balok dan bentuk surat lainnya. Surat balok sendiri memiliki bentuk yang agak berbeda jika dibandingkan dengan bentuk surat resmi dan bentuk surat lekuk.

Perbedaannya seperti berikut ini :
 Bentuk surat balok:
Letak alamat yang dikirim pada sebelah kiri. Penulisan alinea (paragraf) selalu dimulai dari sisi tepi kiri. Bentuk demikian ini biasa dipergunakan oleh perusahaan.
 Bentuk surat resmi:
Letak alamat yang dikirim terdapat pada sebelah kanan. Penulisan alinea (paragrat) dimulai dari 5 spasi (5 ketuk) ke kanan dari sisi tepi kiri.
 Bentuk surat lekuk:
Bentuk surat ini sesuai dengan nama bentuknya memang berlekuk lekuk. Penulisan alamatnya dimulai dari sisi tepi kiri untuk baris pertama. Baris berikutnya/baris di bawahnya dimulai tidak dari sisi tepi kiri tetapi dimulai dari 5 spasi (5 ketuk) ke kanan dari sisi tepi kiri. Kemudian baris berikutnya dimulai 5 spasi dari sisi tepi baris kedua (di atasnya). Untuk baris berikutnya juga dimulai 5 spasi ke kanan.
 Bentuk surat setengah balok:
Penulisan alamat yang dikirim sama dengan bentuk balok. Bedanya dengan bentuk baluk hanya terletak pada penulisan alinea (paragraf) yang tidak dimulai daan sisi tepi kiri tetapi dimulai dengan memberi spasi 5 ketikan dari sisi kiri seperti yang terdapat pada bentuk resmi.

Contoh Bentuk Surat Balok
PT. PATRIA ABADI
Jl. Sultan Hasanudin 8, Telp. 376854
SEMARANG

No. : 5 Oktober 1995
Lamp ;
Hal : Penerimaan kiriman.
Kepada Toko Indo Mobil
Jl. Mayapada 54
JAKARTA PUSAT
Dengan hormat,
Dengan rasa gembira kami telah menerima kiriman saudara berupa 8 (delapan) unit mobil sedan merk Honda Civic pada tanggal 2 Oktober 2005 sesuai dengan pembicaraan kita pada bulan September lalu.
Mengenai pembayarannya akan kami lakukan pada tanggal 10 Oktober 1995 via Bank terdekat di kota Saudara.
Untuk itu, kami mohon Saudara dapat mengirimkan nomor rekening Bank agar pembayaran ini bisa segera dilaksanakan.
Atas perhatiannya kami sampaikan banyak terima kasih.
Hormat kami,
PT. PATRIA PRATAMA

Anjar putra
Direktur
Catatan : Penulisan “Hal” selain ditulis di bawah lampiran, bisa ditulis juga di bawah alamat yang dikirimi.

Demikianlah Perbedaan Dan Contoh Surat Balok. Untuk mendapatkan contoh lain bentuk surat resmi dan juga pembahasan yang lebih mendalam, silahkan kunjungi kumpulan artikel surat resmi kami yang lain dalam kategori Surat Resmi. Untuk membaca artikel contoh surat resmi kami sebelumnya, silahkan klik Surat Bisnis : Pengertian Dan Jenis-jenisnya.

loading...

Satu pendapat pada “Perbedaan Dan Contoh Surat Balok

*****