Obat Herbal Tradisional Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Flu Penyakit

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Flu

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Flu – Influenza atau Flu adalah penyakit menular yang menyerang saluran napas dan sering menjadi wabah yang diperoleh dari menghirup virus influenza. Penyebab penyakit ini adalah Virus influenza tipe A, B dan C.

 

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Flu

Siapa pun bisa tertular penyakit ini, apalagi dalam sebuah komunitas yang seruangan. Sebabnya penyebaran virus melalui cairan yang keluar sewaktu penderita bersin, berbicara, dll. Apalagi jika kita berada dengan penderita dalam ruangan yang ber-AC (tertutup) dan tidak mendapat sinar matahari.

Namun demikian ada kelompok orang yang disebut beresiko tinggi, yaitu mereka yang menderita penyakit paru menahun (asma, emfisema, bronkitis kronik, bronkiektasi, tbc, atau fibrosis kistik). penyakit jantung, penyakit ginjal kronik, penyakit kencing manis maupun gangguan metabolik menahun lainnya, anemia berat. mempunyai penyakit atau sedang menjalani terapi untuk menekan kekebalan tubuh berusia lebih dari 50 tahun.

Virus flu menyerang sel-sel permukaan saluran napas. Jaringan menjadi bengkak dan meradang. Namun meskipun rusak jaringan ini akan sembuh dalam beberapa minggu.

Gejala Flu

Meskipun influenza sering disebut penyakit pernapasan, penyakit ini bisa memberi pengaruh ke seluruh tubuh. Penderita secara tiba-tiba menjadi demam, letih, lesu kehilangan selera makan, dan sakit kepala. belakang tangan dan kaki. Juga menderita sakit tenggorokan dan batuk kering, mual dan mata-seperti terbakar. Panas bisa meningkat hingga 104 derajat Fahrenheit, tapi akan menurun setelah 2 hingga 3 hari. Gejala saluran napas, lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pueat/anemi. Kelainan urin: Protein, Eritrosit, leukosit. Kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin: protein selalu positiffasnya sendiri bisa berupa pilek dan batuk.

Untuk anak-anak dan orang dewasa, influenza adalah penyakit yang bisa sembuh sendiri dalam satu minggu. Namun untuk orang yang tidak sehat atau daya tahannya menurun, influenza bisa berakibat fatal.

Tanda-tanda yang disebutkan di atas bisa menjadi sangat parah, dan mungkin terjadi komplikasi seperti pneumonia, sinusitis, dan radang dalam telinga. Kebanyakan komplikasinya adalah infeksi kuman karena daya tahan tubuh menjadi menurun untuk melawan kuman-kuman yang masuk.

Pengobatan Flu

lnfluenza bisa dicegah dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan menjauhi penderita tlu. Selain itu, bisa menggunakan vaksin flu. Vaksin flu sendiri harus digunakan setiap tahun sehubungan dengan seringnya virus flu bereplikasi.

Untuk influenza yang belum berkomplikasi, istirahat merupakan pencegahan agar flu tidak bertambah parah. Mungkin dibutuhkan waktu sekitar 2 hari setelah demam berlalu. Bisa menggunakan obat flu yang dibeli bebas. Kalau flu sudah terkomplikasi dengan infeksi bakteri dokter akan memberikan antibiotik.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Flu

Gendola (Basella Rubra Linn.)
Cara membuat : 5 Gr daun segar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan sedikit garam, aduk sampai larut. Minum.

Kelapa (Cocos Nucifera, Linn.)
Cara membuat : 1/4 butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari. Buah kelapa dan kencur diparut. Campur/aduk kedua bahan tersebut sampai merata. Tambahkan 1 gelas air masak. Peras untuk diambil airnya. Diminum 1 kali sehari.

Pengobatan Tradisional Herbal Flu pada Bayi

Kencur (Kaempféria Galanga, Linn.)
Cara membuat : Rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus (lada berekor/cubeb). Kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Tambahkan beberapa sendok air hangat. Oleskan/bobokkan di seputar hidung anak bayi yang sakit.

Jika Anda ingin membaca artikel kesehatan sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Epilepsi. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Flu ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel kesehatan tentang Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

To top