Obat Herbal Tradisional Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Diare Penyakit

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Diare

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Diare – Diare (atau dalam bahasa kasar disebut mencret) (BM = diarea: lnggris = diarrhea) adalah sebuah penyakit di mana penderita mengalami rangsangan buang air besar yang terus-menerus dan tinja atau feses yang masih memiliki kandungan air berlebihan. Di Dunia ke-3, diare penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 1,5 juta orang per tahun.

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Diare
Penyebab Penyakit Diare

Kondisi ini dapat merupakan gejala dari luka, penyakit, alergi (fruclose, luclose), memakan makanan yang asam, pedas atau bersantan secara berlebihan, dan kelebihan vitamin C dan biasanya disertai sakit perut, dan seringkali mual danmuntah. Ada beberapa kondisi lain yang melibatkan tapi tidak semua gejala diare, dan definisi resmi medis dari diare adalah defekasi yang melebihi 200 gram per hari.

Hal ini terjadi ketika cairan yang tidak mencukupi diserap oleh usus besar. Sebagai bagian dari proses digestasi atau karena masukan cairan, makanan tercampur dengan sejumlah besar air. Oleh karena itu makanan yang dicerna terdiri dari cairan sebelum mencapai usus besar. Usus besar menyerap air, meninggalkan material yang lain sebagai kotoran yang setengah padat. Bila usus besar rusak / radang, penyerapan tidak terjadi dan hasilnya adalah kotoran yang berair.

Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Dalam kondisi hidup) yang bersih dan dengan makanan mencukupi dan air tersedia, pasien yang sehat biasanya sembuh dari infeksi virus umum dalam beberapa hari dan paling lama satu minggu. Namun untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan dapat mengancam jiwa bila tanpa perawatan.

Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius, seperti disentri, kolera atau bolulisme, dan juga dapat menjadi indikasi sindrom kronis seperti penyakit Crohn. Meskipun penderita apendisitis umumnya tidak mengalami diare, diare menjadi gejala umum radang Usus buntu.

Gejala Penyakit Diare

Gejala yang biasanya ditemukan adalah buang air besar terus menerus disertai mual dan muntah. Tetapi gejala lainnya yang dapat timbul antara lain pegal pada punggung dan perut berbunyi.

Perawatan Penyakit Diare

Perawatan untuk diare melibatkan pasien mengkonsumsi sejumlah air yang mencukupi untuk menggantikan yang hilang, lebih baik bila dicampur dengan elektrolit untuk menyediakan garam yang dibutuhkan dan sejumlah nutrisi. Untuk banyak orang, perawatan lebih lanjut dam medikasi resmi tidak dibutuhkan.

Penyakit Diare di bawah ini biasanya diperlukan pengawasan medis:

– Diare pada balita
– Diare menengah atau berat pada anak-anak
– Diare yang bercampur dengan darah.
– Diare yang terus terjadi lebih dari 2 minggu.
– Diare yang disertai dengan penyakit umum lainnya seperti sakit perut, demam, kehilangan berat badan, dan lain-lain.
– Diare pada orang bepergian (kemungkinan terjadi infeksi yang eksotis seperti parasit)
– Diare dalam institusi seperti rumah sakit, perawatan anak, institut kesehatan mental.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Diare

Anting-Anting (Acalypta Australis, Linn.)
Cara membuat : 9-15 Gr seluruh tanaman kering atau 30-60 gram seluruh tanaman segar, direbus, lalu diminum airnya.

Mondokaki (Ervatamia Divaricam (L.), Burk.)
Cara membuat : 10-15 Gr akar dicuci lalu dipotong tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum sedikit-sedikit.

Kencur (Kaempferia Galanga. Linn.)
Cara membuat : 2 Rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Kencur diparut. Tambahkan 1 cangkir air hangat. Peras dan disaring. Oleskan pada perut sebagai bedak.

Padi (Oryza Sativa L.)
Cara membuat : Segenggam beras merah disangrai sampai kuning, lalu digiling halus. Seduh dengan air panas. Aduk merata. sampai menjadi kuah kental, tambahkan sedikit garam pada ramuan yang seperti air tajin ini, setelah dingin siap untuk diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.

Pepaya (Carica Papaya. Linn)
Cara membuat : 7-10 Biji buah pepaya dicuci bersih dan dikunyah. Atau 1 lembar daun pepaya direbus dengan air. Berikan 1 sendok minyak kelapa. Selanjutnya daun pepaya yang sudah layu dan lemas ini, dalam keadaan masih hangat ditempelkan pada perut penderita.

Ubi Kayu (Manihat Esculenta, Crautz) Hh
Cara membuat : 7 Lembar daun ubi kayu direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Saring. Ambil airnya. Minum 2 kali sehari pagi dan sore (pada anak yang masih menyusu, ibunya yang minum).

Sirih (Paper Betle, Linn)
Cara membuat : 4-6 Lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Semua bahan ditumbuk bersama-sama sampai halus, gosokkan pada bagian perut.

Jika Anda ingin membaca artikel kesehatan sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Diabetes Mellitus. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Diare ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel kesehatan tentang Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

To top