Manfaat Teh Untuk Kesehatan: Mengatasi Sakit Kepala, Kolesterol, Hingga Kencing Manis

Manfaat Teh Untuk Kesehatan: Mengatasi Sakit Kepala, Kolesterol, Hingga Kencing Manis – Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang tak asing lagi bagi bangsa indonesia karena tanaman ini sering di minum hampir setiap hari. Apalagi didaerah Jawa Barat banyak sekali perkebunan teh. Tanaman teh umumnya ditanam di perkebunan, dipanen secara manual, dan dapat tumbuh pada ketinggian 200 sampai dengan 2.300 m dpl. Teh berasal dari kawasan india bagian Utara dan Cina Selatan.

Manfaat Teh Untuk Kesehatan: Mengatasi Sakit Kepala, Kolesterol, Hingga Kencing ManisAda dua kelompok varietas teh yang terkenal, yaitu var. assamica yang berasal dari Assam dan var. sinensis yang berasal dari Cina. Varietas assamica daunnya agak besar dengan ujung yang runcing, sedangkan varietas sinensis daunnya lebih kecil dan ujungnya agak tumpul. Pohon teh terlihat kecil karena sering dilakukan pemangkasan maka tampak seperti perdu.

Bila tidak dipangkas, akan tumbuh kecil ramping mencapai tinggi kurang lebih 10 meter, dengan bentuk tajuk seperti kerucut. Batangnya tegak, bercabang-cabang, ujung ranting dan daun muda berambut halus. di ketiak daun, warnanya putih cerah dengan kepala sari berwarna kuning, harum. Buahnya buah kotak memiliki dinding tebal, jika masih muda hijau setelah tua cokelat kehitaman. Apabila biji kita pegang akan terasa keras, dan berjumlah 1 atau 3 biji. Pucuk dan daun mudanya saja yang digunakan untuk pembuatan minuman teh. Perbanyakan dapat dilakukan dengan biji, setek, sambungan atau cangkokan.

Nama daerah dari teh ini diantaranya adalah enteh (Sunda). pu erh cha (Cina), theler (Perancis), teestrauch (Jerman), te (itali), cha da India (Portugis), tea (inggris).

Penyakit yang dapat diobati diantaranya adalah sakit kepala, diare, penyubur dan menghitamkan rambut, Kolesterol, darah tinggi, infeksi saluran cerna, Kencing manis (diabetes melitus), mengurangi karang gigi.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman teh?

Daunnya berbau aromatik dan sedikit pahit. Daun teh mengandung senyawa kafein (2 – 3%), theobromin, theofiIin, tanin, xan-thine, adenine minyak asiri, kuersetin, naringenin, dan natural fluoride. Tanin mengandung zat epigailocatechin galat, yang mampu mencegah kanker lambung dan kerongkongan. Biji mengandung saponin yang beracun dan mengandung minyak. Kafein mempercepat pernapasan, perangsang kuat pada susunan saraf pusat dan aktivitas jantung. Theofilin efek diuretik kuat, menstimulir kerja jantung dan melebarkan pembuluh darah koroner Theobromin terutama mempengaruhi otot.

Tahukah Kamu?

Dari hasil penelitian, flavonoidyang merupakan antioksidan polifenolpada teh mampu memperkuat dinding sel darah merah dan mengatur permeabilitasnya, mengurangi kecenderungan trombosis, dan menghambat oksidasi LDL sehingga mengurangi proses atherosklerosis di pembuluh darah yang selanjutnya akan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner.

Tink?

Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan tanaman teh diantaranya adalah pemberian sari seduhan daun teh hijau dosis 10 x dosis manusia (0,54 gram 1200 gbb) pada tikus putih jantan yang diberi kuning telur (1,25 g/200 g bb/hari) dan sukrosa (1,25gram / 200 gram bb / hari), memperlihatkan efek penurunan kadar kolesterol total, kolesterol LDL. trigliserida dan berat badan yang bermakna dibandingkan dengan kontrol perlauan (p<0,05), namun tidak menunjukkan perbedaan kadar kolesterol HDL yang bermakna (Edwin Dirghantara, Jurusan Farmasi FMIPA Ul, 1994).

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Tempuyung Untuk Kesehatan: Mengobati Kencing Batu, Bisul, Hingga Memar. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Teh Untuk Kesehatan: Mengatasi Sakit Kepala, Kolesterol, Hingga Kencing Manis ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

loading...