Manfaat Tempuyung Untuk Kesehatan: Mengobati Kencing Batu, Bisul, Hingga Memar

Manfaat Tempuyung Untuk Kesehatan: Mengobati Kencing Batu, Bisul, Hingga Memar – Tempuyung tumbuh liar di tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung, seperti di tebing-tebing, tepi saluran air, atau tanah terlantar, kadang ditanam sebagai tumbuhan obat. Tumbuhan yang berasal dari Eurasia ini bisa ditemukan pada daerah yang banyak turun hujan pada ketinggian 50 – 1.650 m dpl.

Manfaat Tempuyung Untuk Kesehatan: Mengobati Kencing Batu, Bisul, Hingga MemarTumbuhannya tegak, tingginya dapat mencapai 2 meter, mengandung getah putih, dengan akartunggang yang kuat. Daunnya tunggal dan bagian bawah tumbuh berkumpul pada pangkal membentuk roset akar. Helai daun berbentuk lonjong, ujungnya runcing. pangkal bentuk jantung, dan tepi berbagi menyirip tidak teratur. Panjang daun kira-kira 7 sampai dengan 45 cm dan lebar 4 sampai dengan 12 cm, dengan warna hijau muda.

Daun yang keluar dari tangkai bunga bentuknya lebih kecil dengan pangkal memeluk batang, letak berjauhan, berseling. Buah berbentuk kotak, bentuknya memanjang pipih, berambut, cokelat kekuningan. Batang muda dan daun walaupun rasanya pahit bisa dimakan sebagai lalap. Perbanyakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan bijinya.
Nama daerah dari tempuyung adalah Jombang, J. Ialakina, Galibug, Lampung, Rayana (Sunda), Tempuyung (Jawa), Niu she tou (China), Laitron des champs (Perancis), dan Sow thistle (Inggris).

Penyakit yang dapat diobati dengan tempuyung diantaranya adalah batu saluran kencing, batu empedu, disentri, wasir, rematik goat, radang usus buntu (apendisitis), radang payudara (mastitis), bisul, beser mani (spermatorea), darah tinggi (hipertensi), luka bakar, Pendengaran kurang (tuli), memar.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman Tempuyung?

Tempuyung rasanya pahit dan dingin, mengandung senyawa kimia diantaranya adalah oc-Iak tuserol, P-Iaktuserol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid, dan taraksasterol.

Tahukah kamu?

Penelitian yang dilakukan menggunakan tempuyung ini telah banyak dilakukan. Salah satunya adalah penelitian pengaruh ekstrak air dan ekstrak alkohol daun tempuyung terhadap volume urine tikus in vivo dan pelarutan batu ginjal in vitro, yang menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Daun tempuyung tidak secara jelas mempunyai efek diuretik, namun mempunyai daya melarutkan batu ginjal dan daya melarutkan batu ginjal oleh ekstrak air lebih baik daripada ekstrak alkohol (Giri Hardiyatmo, Fak. Farmasi UGM, 1988).

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Seledri Untuk Kesehatan: Mengobati Hipertensi, Sakit mata, dan Rematik. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Tempuyung Untuk Kesehatan: Mengobati Kencing Batu, Bisul, Hingga Memar ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

Advertisements