Manfaat dan Khasiat Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan: Mengobati Ambeien Mencret Hingga Bisul Tanaman Herbal

Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan: Mengobati Ambeien, Mencret, Hingga Bisul

Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan: Mengobati Ambeien, Mencret, Hingga Bisul – Sirsak (Annona muricata) berupa tumbuhan yang berbatang utama berukuran kecil dan rendah. Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua sedangkan pada bagian bawahnya mempunyai warna lebih muda.

Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan: Mengobati Ambeien, Mencret, Hingga BisulTumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat. Tetapi, paling baik ditanam di daerah yang tanahnya cukup mengandung air. Di Indonesia, sirsak tumbuh dengan baik pada daerah yang mempuyai ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut. Nama Sirsak itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang kurang lebih berarti kantung yang asam. Buag sirsak yang sudah masak lebih berasa asam daripada manis. Pengembangbiakan sirsak yang paling baik adalah melalui pencangkokan karena akan cepat berbuah.

Nama daerah dari sirsak diantaranya adalah nangka Gamang, Nangka landa (Jawa), Nangka Walanda, Sirsak (Sunda), Nangka buris (Madura), Srikaya jawa (Bali), Deureuyan be’anda (Aceh), Durio ulondro (Nias), Durian batawi (Minangkabau), Jambu landa (Lampung), Langelo walanda (Gorontalo), Sirikaya balanda (Bugis dan Ujungpandang), Wakano (Nusa Laut), Naka walanda (Ternate), Naka (Flores), Ai ata malai (Timor).

Contoh penggunaan di masyarakat Indonesia

Bagaimana pemakaian tanaman ini?

Sirsak dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ambeien sakit kandung air seni, bayi mencret, anyang-anyangen (sering kecing tetapi sedikit dan terasa sakit). sakit pinggang, dan bisul. Contoh penggunaan untuk sakit kandung air seni adalah buah sirsak setengah masak. dengan gula dan garam secukupnya dimasak. setelah matang dimakan selama 1 minggu berturut-turut.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman sirsak?

Sirsak (Annona muricata) mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan paling banyak mengandung air. Di samping itu, pada bagian daun dan batangnya mengandung unsur senyawa tanin, fitosterol, ca-oksalat dan alakaloid murisine.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Sirih Untuk Kesehatan: Mengatasi Bau Mulut, Sakit Jantung, Hingga Sakit Gigi. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan: Mengobati Ambeien, Mencret, Hingga Bisul ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top