Kandungan Gizi Rambutan

Kandungan Gizi Rambutan – Rambutan merupakan pohon yang dapat tumbuh tinggi dan sering sekali ditanaman sebagai pohon buah, kadang-kadang ditemukan tumbuh liar. Rambutan tumbuh didaerah tropis. Untuktumbuhnya diperlukan iklim yang lembab. Rambutan merupakan-tanaman dataran rendah, hingga ketinggian 300-600 m dpl. Pohon rambutan dapat mencapai tinggi 25 m dengan mempunyai banyak cabang.

Kandungan Gizi RambutanDaunnya berbentuk bulat lonjong dengan ujung dan pangkalnya runcing. Bunga terletak di ujung ranting dengan bau harum dan bentuknya kecil-kecil serta warnanya hijau muda. Bunga Jantan dan bunga betina tumbuh terpisah dalam satu pohon.

Buah bentuknya bulat lonjong, dengan duri tempel yang bengkok, lemas sampai kaku. Kulit buah juga sering terlihat berambut sehingga dinamakan rambutan. Jika kita lihat bijinya, berbentuk lonjong, terbungkus daging buah benwama putih transparan yang dapat dimakan dan banyak mengandung air, rasanya bervariasi masam sampai manis. Kulit biji tipis berkayu. Rambutan berbunga pada akhir musim kemarau dan musim hujan.

Ada banyak jenis rambutan, seperti ropiah, simacan, sinyonya, Iebakbulus, dan binjei. Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan biji, tempelan tunas, atau dicangkok. Rambutan memiliki banyak sebutan di daerah Sumatera dikenal dengan Rambutan, Rambot, Rambut, Rambuteun, Rambuta. Jailan, Folui, Baifabit, Puru biancak, P. biawak, Hahujam, Likis, Takujung alu. Di Jawa Dikenal Dengan Nama Rambutan, Corogol, Tundun, Bunglon, Bawa buluwan. Nusa Tenggara; Buluan, Rambuta. Kalimantan: Rambutan, Siban, Banamon, Beriti, Sanggalaong, Sagalong, Beliti, Mam, Kayokan, Puson. Sulawasi: Barangkasa, Bolangat, Balatu, Balatung, wayatu, VValatu, Wulangas, Lelamu, Lelamun, Toleang.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman rambutan?

Buah rambutan mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, dan vitamin C. Kulit buah mengandung senyawa tanin dan saponin. Bijinya mengandung senyawa lemak dan polifenol. Daun mengandung senyawa tanin dan saponin. Kulit batang mengandung senyawa tanin, saponin. flavonoida, pectic substanoes, dan zat besi.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Putri Malu Untuk Kesehatan: Mengatasi Insomnnia, Rematik, Hingga Cacingan. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Kandungan Gizi Rambutan ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.