Manfaat Pacar Air Untuk Kesehatan: Mengobati Kanker, Bisul, Hingga Tulang Patah

Manfaat Pacar Air Untuk Kesehatan: Mengobati Kanker, Bisul, Hingga Tulang Patah – Tanaman pacar air adalah tanaman berbatang basah bercabang, dengan daun tunggal, bentuknya Ianset memanjang dengan pinggir bergerigi dan warna hijau muda. Bunganya berwama cerah, ada beberapa macam warna. seperti merah, orange, ungu, dan putih. Apabila buahnya telah masak akan membuka menjadi 5 bagian yang terpilih. Biasanya ditanam sebagai tanaman hias dengan tinggi 30-80 cm.

Manfaat Pacar Air Untuk Kesehatan: Mengobati Kanker, Bisul, Hingga Tulang PatahDi daerah Sumatera pacar air dikenal dengan sebutan lahine, paruinai. Sedangkan di Jawa Pacar cai (Sunda). Pacar banyu (Jawa Kimmng (Jakarta), di Nusatenggara Pacar foyaa Pacar aik. Di Sulawesi sering disebut dengan Tilang-gele duluku, Kolendingi unggaagu, Bunga jabelu, Giabebe, Gofu, Laka gofu, Bunga taho, Inai anyer (Maluku).

Pacar air dapat berperan dalam mengobati penyakit kanker pencernaan, bengkak, rematik, bisul, gigitan ular, kulit yang radang, keputihan, tulang patah/retak, rasa nyeri, anti-inflamasi, tertusuk benda asing di kerongkongan. Tanaman pacar air apabila kita makan akan terasa pahit, hangat. dan sedikit beracun (toxic). Tetapi, walaupun sedikit beracun pacar air berkhasiat melancarkan peredaran darah dan melunakkan masa/benjolan yang keras.

Contoh penggunaan di masyarakat Indonesia

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini?

Bagian yang digunakan adalah akar, daun, bunga dan biji. Biji bertungsi sebagai pelumh haid (emenagog). mempermudah persalinan (penuntasien), kanker saluran pencernaan bagian atas. Pemakaian 3 10 gr untuk kanker: 15 – 60 gr direbus. Bunga berfungsi sebagai peluruh haid, mengakiri kehamilan (abortivum) dipakai bunga warna putih, pembengkakan akibat terpukul (haematom), rematik sendi, bisul (Iurunculolsis), gigitan ular, radang kulit (dematitis). Pemakaian: 3-6 gr. direbus. Daun dapat berfungsi untuk keputihan (leucorrhoea), tulang patah/retak (fracture). mengurangi rasa nyeri (anatgetik). Akar berfungsi sebagai peluruh haid, anti-inliamasi (antitlogistik = anti radang), rematik, tertusuk tulang/benda asing di kerongkongan.

Untuk pemakaian luar dapat digunakan bagian bunga, yaitu untuk penyakit pembengkakan, bisul, rematik, radang kulit: Lumatkan bunga segar, tempelkan di tempat yang sakit. Daun juga dapat digunakan untuk mengobati frakture, anti-inflamasi daun segar kemudian ditempelkan di tempat yang sakit atau daun direbus untuk mencuci luka dan daunnya ditempelkan ke tempat yang sakit.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman Pacar air?

Pemakaian tanaman ini mempunyai efek samping bagi wanita hamil dengan pemakaian yang lama dapat menyebabkan mulut terasa kering (aerostomia), mual (nausea). nafsu makan menurun (anorexia) yang menghilang setelah menurunkan dosis atau penghentian pengobatan selama 2 – 3 hari.
Senyawa yang terkandung pada tanaman ini adalah anrnocyanrns, cyanldm, delphinidin, pelargonidin, malvidin, kaempherol, quercetin, dan cyanidin monoglycoside.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan: Mengobati Batu Ginjal, Malaria, Hingga Jerawat. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Pacar Air Untuk Kesehatan: Mengobati Kanker, Bisul, Hingga Tulang Patah ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.