Manfaat dan Khasiat Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan: Mengobati Darah Tinggi Batuk Dan Sakit Perut Tanaman Herbal

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan: Mengobati Darah Tinggi, Batuk, Dan Sakit Perut

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan: Mengobati Darah Tinggi, Batuk, Dan Sakit Perut – Pada saat ini, tanaman ini dapat dikatakan sudah dikenal oleh banyak orang karena khasiatnya yang bermanfaat. Tanaman mengkudu merupakan tanaman yang dapat tumbuh baik di negara kita. karena mengkudu merupakan tanaman asli Indonesia. Mengkudu termasuk jenis kopi-kopian.

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan: Mengobati Darah Tinggi, Batuk, Dan Sakit PerutTumbuhan ini mempunyai batang tidak terlalu besar dengan tinggi pohon 3-8 m. Daunnya tersusun berhadapan. dan relatif besar dengan panjang daun 20-35 cm dan lebar &16 cm, Bunganya berbentuk bunga bongkol yang kecil-kecil dan berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan berbentuk lonjong dengan variasi trotol-trotol. Bijinya banyak dan kecil-kecil terdapat dalam daging buah.

Pada umumnya, tumbuhan mengkudu berkembang biak secara liar di hutan-hutan atau dipelihara orang pinggiran-pinggiran kebun rumah. Orang Indonesia mengenal tumbuhan ini dengan nama mengkudu, orang jawa menamakan pace. Sedangkan orang sunda menamakannya cangkudu.

Penyakit yang dapat dibantu diobati diantaranya adalah hipertensi, sakit kuning, demam, influenza, batuk, sakit perut, menghilangkan sisik pada kaki. Buah mengkudu yang telah masak mempunyai aroma tidak sedap, namun mengandung
sejumlah zat yang berkhasiat unluk pengobatan.

Contoh penggunaan di masyarakat Indonesia

 

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini

Apabila ada orang di sekitar kita menderita tekanan darah tinggi maka dapat dibantu dengan mengkudu. Sediakan 2 buah yang telah masak dipohon, kemudian diperas. Air yang terkumpul dicampur dengan madu secukupnya dan diminum 2 kali sehari.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman mengkudu?

Adapun kandungan zat tersebut antara lain morinda diol, morindone, moridin, damnacanthal, metil asetil, asam kapri, dan sorandiyol.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan: Mengatasi Gatal Dan Kanker. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan: Mengobati Darah Tinggi, Batuk, Dan Sakit Perut ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top