Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Liver

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Liver – Liver mempunyai peran yang sangat penting dalam tubuh manusia. Paling tidak ada 500 fungsi utama yang diemban oleh liver. Salah satunya fungsi yang sangat penting adalah liver mampu untuk menghilangkan racun dalam tubuh manusia dengan cara mengolahnya atau mengeluarkannya. Jika secara terus menerus liver bekerja keras, suatu saat ia akan mengalami gangguan dan bisa berakibat fatal bagi sistem metabolisme tubuh.

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Liver

Beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan kerja liver meningkat di antaranya adalah pengkonsumsian alkohol secara berlebihan. Alkohol akan mengganggu fungsi liver karena alkohol menciptakan racun dalam tubuh. Selain mengkonsumsi alkohol, merokok juga bisa menyebabkan gangguan pada fungsi liver.

Yang sangat mengganggu adalah asap yang dihasilkan dari pembungkus rokok yang sekarang ini banyak menggunakan bahan sintetis. yang telah dicampur dengan zat-zat kimia. Walaupun dikatakan aman namun asap yang dihasilkan dari pembungkus tersebut sangat berbahaya bagi tubuh. Tapi tidak berarti mereka yang menghisap rokok yang tidak berbungkus sintetik (seperti cerutu) bebas dari bahaya, tetap saja asap yang dihasilkan akan mengganggu fungsi metabolisme tubuh. Bahkan mereka yang ada di sekitar perokok, secara tidak langsung juga menghirup asapnya dan akan menerima akibat kurang lebih sama dengan perokok sendiri.

Ada beberapa hal lain yang menyebabkan fungsi liver mengalami gangguan, di antaranya adalah adanya racun yang berlebih di dalam tubuh. Racun ini bisa berasal dari sembarang makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh orang yang bersangkutan, Misalkan saja bahan-bahan penenang yang terbuat dari sintetis (pil koplo, extacy, ganja dan beberapa jenis zat adiktif lainnya) yang jelas-jelas mengganggu fungsi liver.

Hal lain yang menyebabkan gangguan pada liver adalah adanya timbunan lemak yang berlebih di dalam tubuh. Timbunan lemak ini kalau tidak diproses dalam jangka waktu yang lama akan mengganggu pendistribusian zat-zat makanan ke seluruh tubuh. Untuk menghilangkan atau memecahkan timbunan lemak merupakan tugas dari liver. Jika sampai liver mengalami kelelahan, tentu akan berakibat fatal bagi tubuh kita. Jadi sangat disarankan untuk melakukan aktivitas olahraga secara teratur untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Mungkin efek dari rusaknya liver, baru terasa dalam jangka 5-10 tahun dan mungkin akan disertai dengan komplikasi gangguan pada bagian lain.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Nyeri Ulu Hati

Inggu (Ruta Angustifolia [L. Pers.)
Cara membuat : 15 Gr herba inggu segar dicuci dan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring, lalu diminum sekaligus.

Catatan :
– Perempuan hamil dilarang menggunakan tumbuhan obat ini.
– Dosis berlebihan menimbulkan tanda-tanda acronarcotic poison dan menyebabkan keguguran pada perempuan hamil.
– Beberapa zat aktif pada herbal ini dapat menimbulkan hipersensitif terhadap cahaya bagi pemakainya (fototosik). Setelah menggunakan herba ini, hindari terkena cahaya matahari langsung, untuk mencegah timbulnya kemerahan pada kulit, pembengka-kan sampai luka bakar. Timbulnya dermatitis dapat terjadipada beberapa pengguna yang sangat sensitif.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Maag

Jambu Biji (Psidium Guajava, Linn)
Cara membuat : 8 lembar daun jambu biji yang masih segar direbus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih. Saring, ambil airnya Minum 3 kali sehari (pagi, siang, dan sore).

Keji Beling (Stachytarpheta Mutabilis Vahl.)
Cara membuat : 3 Lembar daun keji beling mentah dan segar dimakan sebagai lalapan. Lakukan setiap hari secara teratur. Pantangan : Makanan pedas atau asam.

Salam (Syzygium Polyanthum (Wight.) Walp.)
Cara membuat: 15-20 Lembar daun dicuci bersih. Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum setiap hari, sampai rasa perih di lambung hilang.

Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza, Roxb.)
Cara membuat : 1 Rimpang temulawak diiris tipis-tipis. Angin-anginkan sebentar, kemudian rebus dengan 5-7 gelas air sampai mendidih. saring, minum 1 kali sehari 1 gelas.

Jika Anda ingin membaca artikel kesehatan sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Lambung. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Liver ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel kesehatan tentang Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

Advertisements