Manfaat dan Khasiat Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes Usus Buntu Dan Amandel Tanaman Herbal

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes, Usus Buntu, Dan Amandel

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes, Usus Buntu, Dan Amandel – Pasti kita tidak asing lagi dengan tanaman ini karena kunyit sering sekali digunakan dalam berbagai bumbu masakan dan berbagai keperluan. Kunyit juga biasa digunakan untuk pewarna alami. Kunyit termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayah Asia khususnya Asia Tenggara.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes, Usus Buntu, Dan AmandelTanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerah indo-Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.Di daerah Inggris kunyit dikenal dengan nama satfron, orang Belanda menyebutnya dengan nama kurkuma, didaerah jawa dikenal dengan nama kunir, koneng di Sunda, dan konyet di daerah Madura.

Penyakit yang dapat dibantu diobati oleh kunyit ini diantaranya adalah gula darah (diabetes melitus), tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar ASl, amandel, berak lendir, morbili.

Contoh penggunaan di masyarakat Indonesia

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini?

Apabila ada yang terserang penyakit usus buntu maka kita bisa mengambil 1 rimpang kunyit dengan 1 butir jeruk nipis dan 1 lembar daun sambiloto. Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis. Kemudian tambah 1 gelas air masak yang masih hangat dan disaring. Air hasil saringan tersebut di minum selama seminggu berturut-turut.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman kunyit?

Kunyit memiliki beberapa senyawa dan berkhasiat obat yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, dan bisdesmetoksikurkumin dan zat-zat manfaat lainnya diantaranya adalah demetoksikurkumin, bisdeme- toksikurkumin, minyak asiri/volatil oil (keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, serta garam-garam mineral (zat besi, fosfor dan kalsium).

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan: Mengobati Malaria, Batuk, Dan Bau Badan. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes, Usus Buntu, Dan Amandel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top